Home Bisnis Perhitungan Modal Bagi Kamu Yang Ingin Usaha Tanaman Hias

Perhitungan Modal Bagi Kamu Yang Ingin Usaha Tanaman Hias

by Mas Abadi

Tanaman hias sedang ramai menjadi hobi baru bagi masyarakat. Bukan hanya orang tua, bahkan zaman sekarang anak muda juga senang mengoleksi tanaman hias dirumahnya. Selain karena keunikannya, tanaman hias juga banyak jenis yang membuat banyak orang tertarik untuk mengoleksinya.

Dengan peminat tanaman hias yang makin banyak, peluang untuk dapat mengembangkan usaha tanaman hias ini juga bisa kamu coba loh. Pastikan kamu sudah cukup modal untuk berjualan tanaman hias. 

Faktor Pengaruh Modal Tanaman Hias

Nah, tapi sebelum pada perhitungan modal ada beberapa hal yang harus kamu pikirkan. Ini adalah beberapa Faktor yang akan berpengaruh juga pada perhitungan modal yang akan kamu keluarkan.

  • Mengerti Tentang Tanaman Hias

Sebagai calon pengusaha, tentunya kamu harus mengetahui tentang apa yang kamu jual. Dalam hal ini adalah tanaman hias. Kamu harus mengerti seluk beluk tanaman hias. Lebih bagus untuk kamu yang memang hobi mengoleksi tanaman hias, sehingga tinggal mengembangkannya.

Sebelum memperhitungkan modal, banyak konsekuensi dari berbisnis. Yaitu gagal produk atau tertipu. Nah, dengan kamu mengetahui dunia tanaman hias, kamu bisa terhindar dari kerugian seperti ini. Dengan kamu berpartisipasi, kamu tidak akan rugi setelah menentukan modal.

  • Jenis Tanaman Yang Akan Kamu Jual

Karena harga tanaman berbeda, maka bibit tanaman hias juga akan berbeda-beda. Kamu Judah harus menentukan pilihan tanaman apa yang akan kamu jual. Pastikan harga bibit, bahan dan alat yang akan kamu gunakan sesuai dengan modal yang kamu miliki.

Jadi, pikirkan dengan matang tentang jenis tanaman mana yang kamu jual.

  • Menentukan Tempat Berjualan

Selain tanaman hias sendiri yang  harus kamu perhatikan dalam modal usaha. kamu harus perhatikan juga dimana tempat kamu akan berjualan. Tanaman hias akan memakan banyak tempat untuk menyimpan tanaman-tanaman yang akan kamu jual. Bagus kalau kamu memiliki halaman yang luas, tetapi kalau tidak akan sedikit repot dan terlihat berantakan.

Maka solusinya adalah menyewa tempat untuk berjualan. Pasti akan menambahkan biaya untuk modal usaha kamu. Tetapi, kamu bisa memilih tempat yang tidak tinggi sewanya. Kamu juga bisa mengkalkulasikan kembali harga sewa dengan modal yang akan kamu keluarkan.

Perhitungan Modal Usaha Tanaman Hias

Modal Peralatan

Bisnis tanaman hias tentunya  membutuhkan banyak alat yang harus dipakai. Jadi Modal yang kamu perhitungkan adalah untuk ala-alat ini.

  • Tempat menyimpan bunga atau pot, dengan harga kurang lebih Rp. 300.000
  • Tempat menyusun pot bunga atau rak, dengan harga kurang lebih Rp. 1.500.000
  • Selang air dan pompa air, dengan harga kurang lebih Rp. 2.300.00
  • Sekop tanah atau cangkul kecil, dengan harga Rp. 200.000
  • Peralatan tambahan seperti; pisau, gunting dan yang lainnya, dengan harga kurang lebih Rp. 100.000

Nah, peralatan yang kamu butuhkan ini mengeluarkan modal sekitar Rp. 4.400.000. Perlu diingat ya bahwa ini adalah perkiraan modal untuk peralatannya saja, belum termasuk bahan-bahan tanaman hias. 

Modal Bahan Tanaman Hias

Segala jenis bisnis dalam usaha tanaman pasti akan membutuhkan bahan-bahan. Berikut adalah perkiraan modal yang dibutuhkan untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan membuat tanaman hias sebanyak 20 pot.

  • Tanah dan pupuk dikali 20 menjadi Rp. 1.800.000 dengan harga satuan Rp. 90.000 
  • Bibit untuk tanaman hias dikali 20 menjadi Rp. 2.400.000 dengan harga satuan Rp. 120.000
  • Obat dan vitamin dikali 20 menjadi Rp. 1.000.000 dengan harga satuan Rp. 50.000
  • Benih dikali 20 menjadi Rp. 4.000.000 dengan harga satuan Rp. 200.000
  • Pot dikali 20 menjadi Rp. 3.000.000 dengan harga satuan Rp. 150.000

Setelah dijumlahkan dari harga bahan-bahan tersebut perkiraan biaya untuk 20 pot tanaman hias kurang lebih Rp. 12.200.000

Keuntungan Yang Didapat

Tanaman hias memiliki harga jual yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya ada yang mulai dari Rp. 25.000 sampai Rp. 200.000 per potnya. Berikut sebagai perkiraan keuntungan pendapat yang akan kamu dapat dalam jualan per harinya dengan 10 pot yang terjual dengan tiga jenis tanaman hias yang harganya Rp. 25.000, Rp. 100.000, dan Rp. 200.000 .

  • Tanaman hias harga Rp. 25.000 dikali tiga menjadi Rp. 75.000
  • Tanaman hias harga RP. 100.000 dikali tiga menjadi Rp. 300.000
  • Tanaman hias harga Rp. 200.000 dikali tiga menjadi Rp. 600.000

Nah, pendapatan kamu perhari dalam menjual 9 buah pot dengan 3 jenis tanaman hias bisa mencapai Rp. 975.000. Wah apalagi kalau kamu bisa menjual lebih banyak lagi, pasti akan semakin besar keuntungannya.

Jadi, dari keseluruhan harga perkiraan untuk peralatan dan bahan-bahan diatas, kamu memerlukan modal kurang lebih Rp. 16.600.000 untuk penjualan 20 buah pot tanaman hias. Harga yang dicantumkan disini hanya contoh perkiraan nya saja, kamu bisa cek harga sesuai dengan dimana dan bagaimana kualitas bahan yang kamu beli. Keuntungan yang bisa kamu dapat juga lumayan besar dari penjualan perhari.

jadi, apakah kamu siap memulai bisnis usaha ini? Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang ingin menjalankan bisnis usaha tanaman hias. Ingat untuk menjalankan suatu usaha bukan hanya modal niat, tetapi modal material juga ya.

You may also like