Home Perencanaan Percuma Punya Uang, Berikut Kesalahan Finansial Yang Kerap Terjadi di Usia 20 Tahun

Percuma Punya Uang, Berikut Kesalahan Finansial Yang Kerap Terjadi di Usia 20 Tahun

by Mas Abadi

Semua orang setuju bahwa masa muda kita hanya dapat dirasakan satu kali di dalam hidup. Maka tidak sedikit orang terlena untuk menikmati masa tersebut hingga mereka pun tidak sadar bahwa aka nada masa depan yang harus diperjuangkan.

Meskipun sah-sah saja seseorang untuk menikmati masa muda mereka, namun kita pun tidak boleh berlebihan akan hal ini. Bakan, sampai mengabaikan untuk mempelajari pengelolaan keuangan yang pastinya sangat dibutuhkan di masa akan datang.

Nah, sebagai pengingat bagi kamu yang masih belum terlambat untuk memperbaiki finansial di usia 20 tahun, artikel kali ini akan membahas secara rinci soal berbagai macam kesalahan finansial yang paling sering dilakukan saat usia seseorang menginjak 20 tahun.

1.       Belum mempunyai tabungan

Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini para kaum muda telah terbiasa oleh gaya hidup glamour dan mewah. Hal ini tanpa mereka sadari bisa membuat mereka tidak perlu berpikir berkali-kali untuk menghabiskan uangnya. Tentu ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan finansial mereka di masa depan.

Sikap hedon umumnya menjadi penyebab utama kenapa orang-orang menjadi susah untuk memulai rutinitas menabung. Akan tetapi, jika kamu mempunyai komitmen untuk merubah kebiasaan buruk tersebut, tentu kamu dapat berhenti dari kebiasaan buruk tersebut.

2.       Tidak mempunyai budget plan

Meskipun terdengar sederhana, namun masih saja banyak orang yang tidak mempunya budget plan, yang mana budget plan ini begitu penting untuk dapat mengetahui arus keuangan kamu.

Jika memiliki budget plan, tentu kamu dapat melacak semua pengeluaran kamu serta mengetahui secara jelas kemana setiap uang kamu keluar dan akan dipakai kedepannya. Secara otomatis kamu sudah bisa terhindar dari kesalahan finansial yang fatal.

3.       Terlalu sering mengadakan party

Biasanya untuk mengurangi rasa bosan, kadang butuh untuk berpesta dan bergaul oleh para sahabat. Akan tetapi, jika hal tersebut dilakukan secara berlebih dan cukup sering, maka akan memberikan dampak buruk terhadap diri kamu sendiri.

Disarankan untuk kamu tidak menghabiskan masa mudamu dengan kegiatan yang hanya memberikan kesenangan sesaat dan tidak memikirkan kehidupan di masa depan. Maka, mulai saat ini, belajarlah dalam mengelola keuangan supaya uang yang kamu miliki tidak habis untuk memenuhi kebutuhan yang sebenarnya tidak begitu penting.

4.       Dating yang terlalu mahal

Budaya pacaran tentu bukan hal yang baru bagi masyarakat. Banyak anak muda yang telah berpasang-pasangan sekarang ini. Maka, wajar bila kamu ingin bertemu selalu oleh pasangan kamu kapan pun yang diinginkan.

Ketika kamu serta pasangan ingin berkenan, umumnya orang-raong terlalu memaksa dirinya untuk membawa pasangan ke tempat atau restoran mahal. Padahal dirimu sendiri menyadari kondisi finansial kamu saat itu bisa dikatakan masih tidak dapat terkendali. DImana yang tadinya kamu mempunyai niat untuk membuat pasangan semakin terkesan, justru hal tersebut malah menjadikan pengeluaran semakin membengkak.

5.       Terlalu sering membeli makanan online

Lewat kecanggihan teknologi yang semakin pesat, oang-orang sudah tidak perlu lagi repot jika ingin makan lewat pesanan online. Kamu dapat memesan makanan yang ingin dibeli dengan cepat, praktis dan mudah hanya dengan memesan lewat aplikasi smartphone.

Meski terlihat sangat praktis, kebiasaan memesan makan lewat online dapat membuat pengeluaran kamu membengkak setiap bulan. Kamu pun mungkin menganggap pengeluaran kamu  belum seberapa. Akan tetapi, ketika mengeceknya di rekening tabungan, ternyata uang yang kamu keluarkan lumayan besar yang dimana ini baru untuk memesan makanan melalui aplikasi smartphone saja. Untuk itu, kamu harus membatasi hal tersebut.

6.       Kebiasaan berbelanja fashion berlebihan

Darah mudah biasa selalu ingin terlihat trendi dan update, hal ini menjadi salah satu faktor banyak anak muda yang kebiasaan untuk menghabiskan uang mereka untuk berbelanja fashion dengan item atau barang yang sedang hype pada saat itu juga.

Menggunakan outfit paling update dengan nominal yang tidak murah memang dapat membuat kamu bisa terlihat menarik bagi orang lain. Akan tetapi, sayangnya kamu kemungkinan besar akan mengalami yang namanya krisis keuangan jika terlalu sering memenuhi hasrat berbelanja berbagai barang fashion tersebut. Dimana kamu akan kesulitan untuk mencukupi setiap kebutuhan yang jauh lebih penting di kemudian hari, karena uangnya sudah habis untuk pemenuhan hasrat yang bersifat konsumtif tersebut.

7.       Lebih suka menggunakan kendaraan mahal

Umumnya, gengsi merupakan salah satu alasan yang dapat mempengaruhi para anak muda untuk memilih menggunakan barang yang mahal, khususnya kendaraan yang dipakainya sehari-hari.

Kendaraan mewah pastinya mempunyai perawatan yang juga mahal. Jika kamu mempunyai pendapatan yang pas-pasan, sebaiknya jangan mencoba menggunakan atau membeli kendaraan mewah, sebab hal ini dapat menguras keuangan kamu.

 

 

You may also like