Home keuangan Perbedaan Dana Darurat dan Tabungan

Perbedaan Dana Darurat dan Tabungan

by admin

Dana darurat dan dana tabungan adalah kedua dana yang harus dipersiapkan dalam finansial. Tetapi masih banyak orang yang mengira dana dana darurat dan dana tabungan ini sama. Padahal keduanya sangat berbeda karena memiliki fungsi yang sangat beda pula. Untuk itu kamu juga harus mengetahui terlebih dahulu sebenarnya apa perbedaan dari keduanya agar dapat memahaminya dengan baik dan dapat menggagalkannya kedalam dua pos yang berbeda.

Dibawah ini terdapat beberapa perbedaan dari dana darurat dan dana tabungan yang dapat kamu jadikan sebagai sumber literasi baru. Apa saja perbedaanya? mari simak penjelasan dibawah ini dengan seksama agar kamu dapat memahaminya dengan baik dan tidak lagi menyalahgunakan antara kedua dana tersebut.

3 Perbedaan Dana Darurat dan Tabungan

  • Memiliki Fungsi yang Berbeda

Dana darurat dan dana tabungan memiliki perbedaan yang sangat signifikan jika dilihat dari fungsinya. Dana darurat sendiri merupakan dana yang dikumpulkan dengan fungsi jika terjadi hal hal yang tak terduga nantinya. Jadi ketika mengumpulkan dana darurat ini kamu memang benar benar tidak mengetahui sebenarnya untuk ap dana ini digunakan nantinya. Kamu hanya mengantisipasi jika terjadi sesuatu yang menimpa finansial mu. 

 

Jadi ketika terjadi suatu masalah pada finansial kamu tidak lagi terlalu bingung untuk menanggulanginya. Kamu hanya tinggal memakai dana darurat yang telah kamu kumpulkan dan tidak mengganggu gugat dana dan lainnya. Karena tentu saja dana lainnya telah memiliki fungsinya masih masing, jika sedikit saja kamu salah gunakan akan mengakibatkan finansial mu menjadi bermasalah. Jadi dapat dikatakan dana darurat ini nantinya sebagai penolong pertama mu ketika terjadi suatu hal yang tak terduga terlebih dalam finansial.

 

Sedangkan dana tabungan sendiri berfungsi untuk segala sesuatu yang sudah jelas kegunaannya. Ketika kamu menabung tentu saja kamu sudah mengetahui apa tujuan mu untuk menabung tersebut. Misalnya kamu menabung dengan jangka panjang karena kamu menginginkan untuk membeli kendaraan. Jadi fungsi dan target untuk dana tabungan ini sudah kamu ketahui. Jadi suatu saat nanti ketika target mu sudah terpenuhi kamu dapat langsung menggunakannya untuk membeli sesuatu yang kamu inginkan sejak awal. 

Dengan menabung kamu juga lebih dapat menghargai sesuatu yang kamu miliki nanti nya. Karena kamu akan paham bagaimana sulitnya untuk mendapatkan hal tersebut. Jika semisal kamu membeli kendaraan dengan uang tabungan mu sendiri tentunya kamu akan menjaga kendaraan tersebut dengan sepenuh hati sambil mengingat berapa lama waktu yang telah kamu habiskan untuk membelinya dan juga seberapa keras kamu mengupayakan agar tabunganmu dapat mencapai target tersebut.

  • Berdasarkan Jumlah yang Harus Dikumpulkan

Perbedaan dana darurat dan dana tabungan selanjutnya dapat dilihat dari besaran jumlah yang harus dikumpulkan pada masing masingnya. Untuk dana darurat memiliki jumlah ideal sebesar tiga sampai enam bulan dari biaya hidup mu. Tetapi dapat kamu sesuaikan kembali dengan situasi dan kondisi finansial mu saat ini. Jika dirasa finansial mu dalam kondisi stabil dan baik baik saja mungkin kamu dapat mengumpulkannya lebih banyak. 

 

Tetapi jika memang kondisi finansial mu masih belum stabil kamu juga dapat mengurangi nya dan sesuaikan saja dengan kemampuanmu. Tetapi pastikan apapun kondisi finansial mu, dana darurat ini sangat wajib untuk kamu miliki. Karena kedepannya kamu tidak akan mengetahui bagaimana kondisi finansial mu, ditakutkan akan bertambah buruk dan kaku tidak dapat berbuat apa apa jika tidak memiliki dana darurat tersebut.

 

Kemudian untuk dana tabungan, jumlah atau besarnya ada ditanganmu. Tetapi akan lebih baik jika kamu tentukan terlebih dahulu untuk menabung jangka pendek atau jangka panjang. Dengan begitu nanti kamu dapat membuat target berapa jumlah yang harus kamu dialokasikan untuk dana tabungan setiap bulannya.

 

Dan usahakan untuk menabung kamu mengalokasikannya di awal bulan ketika baru menerima gaji. Karena jika kamu hanya menabung dengan uang sisa bulanan mu maka nantinya akan sangat sulit bagimu mencapai suatu target karena rasa malas untuk menabung tersebut.

  • Mana yang Lebih Penting?

Walau dana darurat dan tabungan memiliki banyak perbedaan yang mencolok, tetapi keduanya memiliki kepentingannya masing masing. Jadi tidak benar jika dikatakan dana darurat lebih penting dari dana tabungan atau sebaliknya. Kedua dana ini sama sama dipersiapkan untuk membuat kondisi finansial semakin baik. 

 

Tetapi tetap harus diingat jangan sampai mencampurkan antara keduanya. Kamu wajib membuat dana ini kedalam dua pos yang berbeda. Jika perlu kamu juga dapat membuat rekening khusus untuk dana darurat dan dana tabungan agar tidak tercampur aduk. Memang awalnya terlihat sedikit ribet tetapi akan sangat membantu finansial mu di kemudian hari.

You may also like