Home Perencanaan Pentingnya Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Pentingnya Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

by Mas Abadi

Pernahkah Anda berpikir bagaimana kehidupan ketika sudah tua nanti? Ketika sudah tidak dapat bekerja lagi, sudah pasti semua orang ingin pensiun dengan nyaman tanpa harus memikirkan masalah finansial. Dimana dana pensiun sudah pasti menjadi hal penting yang harus Anda persiapkan. 

Banyak sekali orang yang menunda memiliki dana pensiun. Padahal semakin dini memulai merencanakan dana pensiun, maka sudah pasti akan ada banyak manfaat yang diterima. Hal ini sendiri sebenarnya wajar, mengingat banyak anak muda yang masih tidak mengerti betapa pentingnya dana pensiun. Untuk mengetahui pentingnya dana pensiun, maka bisa melihat penjelasannya di bawah ini. 

Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sedari Muda 

Generasi sekarang ini sepertinya masih tidak menyadari betapa pentingnya dana pensiun. Kebanyakan pun mereka lebih sering menghabiskan uang untuk kebutuhan konsumtif. Sebenarnya seberapa pentingnya menyiapkan dana pensiun dari usia dini? Simak berikut ini adalah ulasannya:

Biaya hidup yang semakin lama semakin tinggi 

Alasan pertama kenapa Anda harus segera menyiapkan dana pensiun adalah dari biaya hidup yang semakin hari semakin tinggi. Bayangkan ketika Anda pensiun sekitar tahun 2042, dimana tentu pada saat itu biaya tidak seperti di tahun 2022. Tahun ini saja, bisa dikatakan biaya hidup semakin mencekik, bagaimana di 20 tahun kedepan lagi? 

Dengan menyiapkan dana pensiun dari sekarang, maka Anda pun tidak akan mendapatkan banyak kesulitan di masa depan. Sehingga ketika sudah pensiun, Anda pun bisa tetap menjalani hidup dengan nyaman walau sudah tidak bekerja. Dengan adanya dana pensiun dapat memberikan jaminan kehidupan yang setidaknya jauh lebih baik di masa mendatang. 

Mampu mengurangi beban

Ada baiknya memang menyiapkan dana pensiun dari umur yang masih sangat muda. Hal ini sendiri tidak lepas dari tanggungan yang Anda miliki ketika masih muda tidak sebesar setelah menikah. Sehingga, waktu tersebut harus dimanfaatkan dengan sangat baik, yaitu menyisihkan uang untuk merencanakan dana pensiun. 

Sehingga ketika sudah memiliki tanggungan, Anda sudah menyimpan cukup dana. Kemudian bisa dilanjutkan dengan menyisihkan uang dengan jumlah yang mungkin lebih sedikit. Jadinya Anda pun tidak akan punya beban yang terlalu besar ketika sudah memiliki keluarga sendiri. Karena dana pensiun sudah disiapkan sejak masih muda. 

Dana yang terkumpul lebih dari cukup 

Ketika Anda memutuskan menyiapkan dana pensiun semenjak umur 30 tahun misalnya. Kemudian berencana akan pensiun di usia sekitar 60 tahun. Maka sudah jelas Anda akan terus menyisihkan uang selama 30 tahun sisanya. Sehingga ketika Anda sudah pensiun, Anda sudah dapat menikmati tabungan yang disimpan selama waktu tersebut. 

Bayangkan jika Anda sudah memulai dari usia yang lebih muda lagi. Maka dapat dipastikan Anda pun akan mendapatkan dana pensiun yang lebih besar lagi nantinya. Sehingga sudah terlihat bahwa semakin cepat Anda merencanakan dana pensiun, maka semakin baik pula yang akan didapatkan ketika sudah pensiun nanti. 

Membangun motivasi rajin menabung 

Ketika Anda sudah tahu betapa pentingnya dana pensiun untuk masa tua nanti, maka secara tidak langsung akan membangun motivasi agar Anda terus menabung. Perlu Anda ketahui bahwa sikap menabung adalah hal yang sangat sulit dilakukan pada saat ini. Terlebih lagi untuk generasi milenial yang sering menghabiskan uang untuk tujuan yang kurang jelas. 

Tapi, dengan Anda bergabung dengan program dana pensiun, maka Anda pun sadar harus menabung. Hal ini tentu saja akan memberikan manfaat sendiri kepada Anda agar bisa menjalankan kehidupan yang sederhana dan hemat. Sehingga ketika sudah pensiun, Anda dapat hidup dengan tenang dan nyaman. 

Agar tidak terjebak dalam generasi sandwich 

Generasi sandwich sekarang ini menjadi salah satu yang paling diperhatikan. Generasi sandwich sendiri adalah seseorang yang pada lingkungan tempat tinggalnya tidak hanya menanggung ekonomi atau kebutuhan hidup dirinya sendiri saja, tapi juga orang tua dan anak. Posisinya seperti sandwich yang berada di tengah dan harus menopang generasi atas dan bawahnya. 

Ketika Anda sudah memiliki tabungan pensiun, maka Anda pun bisa terhindar dari generasi sandwich ini. Bahkan kemungkinan untuk mencegah generasi ini pun juga bisa terjadi. Karena ketika tua, Anda sudah tidak memerlukan lagi bantuan dari anak. Sudah ada dana yang akan menanggung hidup Anda. Sehingga anak pun dapat menjalani hidup tanpa mengalami beban yang besar. 

Demikianlah penjelasan akan pentingnya menyiapkan dana pensiun selagi masih berusia muda. Banyak sekali yang tidak menyadarinya, padahal seharusnya anak muda mulai paham bahwa masa depan penuh dengan ketidakpastian. Merencanakan dengan baik adalah salah satu antisipasi agar tidak mengalami kesulitan finansial yang tentu sangat membahayakan. Jadi, mulailah untuk merencanakan dana pensiun secepat mungkin.

You may also like