Home Perencanaan Pentingnya Atur Keuangan

Pentingnya Atur Keuangan

by admin
atur keuangan

Untuk mencapai kemapanan, kita mutlak harus melakukan pengaturan keuangan yang baik. Baik buruknya pengelolaan keuangan akan mempunyai dampaknya masing-masing di kedepannya. Tentu saja kita berharap masa depan kita akan jauh lebih baik dari kondisi sekarang. Tapi apabila kita tidak melakukan pengaturan keuangan dengan baik sejak dini, masa depan yang indah bisa jadi hanya akan menjadi sebuah angan-angan belaka.

Pasti semua orang berharap ketika tua nanti kita bisa hidup santai dan hanya menikmati hasil dari kerja keras di masa muda. Mandiri finansial, bisa pergi tamasya kemanapun yang diinginkan ataupun berbelanja membeli semua yang dimau termasuk aset kendaraan dan juga property pasti menjadi angan-angan yang sangat ingin diwujudkan. Hal itu sangat mungkin kita lakukan apabila kita sudah mempersiapkannya sedini mungkin. 

Mulai mengatur keuangan sejak dini memang terbukti menguntungkan terutama demi masa depan kita kelak. Berawal dari menabung hingga berlanjut pada investasi akan membuat kita bisa mempersiapkan hari tua kita dengan lebih baik. Sebagai motivasi untuk mengelola keuangan, mari kita simak pentingnya mengatur keuangan. 

Pentingnya mengatur keuangan

  • Hemat

Hal yang pertama dari pentingnya mengatur keuangan adalah supaya kita bisa berhemat. Dengan berhemat kita jadi bisa lebih bisa mengalokasikan dan untuk ditabung. Dengan merinci anggaran dan juga bisa memilah skala prioritas serta mana yang benar-benar menjadi kebutuhan atau hanya sebuah keinginan bisa membuat kita lebih berhemat dalam mengalokasikan dana yang pada akhirnya potensi tabungan bisa menjadi lebih besar. 

  • Membiasakan hidup disiplin dan teratur

Dengan adanya anggaran yang sudah kita tetapkan tiap bulan, kita bisa belajar untuk lebih disiplin dalam menggunakan dana yang ada. Kita bisa belajar untuk lebih menahan diri ketika budget sudah dibatasi. Dengan rajin mencatat keluar masuknya uang juga bisa membuat kita banyak belajar untuk bijak dalam mengatur keuangan yang kita miliki.

  • Modal di masa depan

Dengan disiplin mengatur keuangan, kita secara tidak langsung telah meyiapkan modal di masa depan dengan menabung. Hal ini juga akan semakin menguntungkan apabila kita juga bisa menyisihkan dana untuk berinvestasi yang keuntungannya nanti akan menambah jumlah tabungan yang kita miliki. Dengan memiliki tabungan, kita jadi lebih mudah dalam memproyeksikan masa depan kita kelak. 

  • Merealisasikan impian dan tujuan hidup

Selain sebagai modal di masa depan, keberadaan tabungan yang kita miliki bisa digunakan untuk merealisasikan mimpi-mimpi serta tujuan hidup kita kelak. Entah itu sebagai self reward seperti jalan-jalan ke manapun, membeli barang, kendaraan dan juga properti hingga untuk biaya menikah dan membangun keluarga bisa kita capai dengan disiplin menabung serta mengelola keuangan kita dengan baik. 

  • Mandiri finansial

Menjadi harapan hampir semua orang, mandiri finansial bisa kita capai apabila kita sudah mengatur keuangan kita dengan baik sedini mungkin. Besarnya jumlah tabungan dan juga investasi bisa sangat menyokong kehidupan kita di masa depan dan bukan tidak mungkin kelak kita bisa hidup nyaman dan tenang karena mandiri secara finansial 

  • Menghindari resiko finansial

Dengan pengelolaan keuangan yang baik, kita bisa terhindar dari resiko masalah finansial yang sering terjadi pada orang-oreang yang cenderung konsumtif dan tidak mampu mengatur keuangan dengan baik. Rayuan dari kredit pasti sangat menggiurkan dan bisa menjadi jebakan yang sangat mengerikan apabila kita tidak waspada. Sebisa mungkin hindarilah untuk berhutang ataupun mengambil kredit untuk meminimalisir kemungkinan masalah finansial yang sangat mungkin terjadi di kedepannya.  

  • Menggulirkan roda kehidupan kita menuju yang lebih baik

Dengan mengatur keuangan dengan baik, roda kehidupan kita akan bergerak menuju lebih baik. Hidup kita akan berkembang menuju taraf yang lebih baik dan tidak stagnan di kondisi yang melulu sama seiring dengan bertambahnya penghasilan, tabungan dan juga investasi. Disini kita dituntut untuk terus belajar dalam membuat rencana yang matang dalam mempersiapkan masa depan. 

  • Mempersiapkan hari tua

Dengan disiplin mengatur keuangan dan memprioritaskan untuk menabung dan berinvestasi, secara tidak langsung kita sudah mempersiapkan dana untuk hari tua kita kelak. Kita tidak mungkin bila harus terus bekerja hingga kita tua nanti. Oleh karena itu kita harus lebih giat menabung sehingga tabungan dan investasi yang kita miliki bisa menjadi uang pensiun yang bisa kita nikmati di hari tua kelak. Bahkan apabila hal buruk terjadi pada kita, tabungan dan investasi yang kita miliki bisa menjadi warisan untuk keluarga yang harus ditinggalkan. 

Itulah pentingnya mengatur keuangan yang bisa kita lakukan sejak sedini mungkin. Dengan mengatur keuangan secara bijak dan memprioritaskan dalam menabung dan juga berinvestasi, kitas sudah mempersiapkan hari tua kita menjadi lebih baik. 

 

You may also like