Home Investasi Pengertian Usaha, Tujuan, dan Jenis-jenisnya

Pengertian Usaha, Tujuan, dan Jenis-jenisnya

by Mas Abadi
Pengertian Usaha

Kita pasti tidak asing dengan kata usaha. Dan tidak perlu diragukan, pasti kita tahu apa itu usaha? Apa tujuan usaha itu? Dan apa saja jenis-jenis usaha itu. Namun, diartikel ini akan dibahas secara mendalam dari apa Pengertian Usaha itu sendiri, Tujuan usaha, serta jenis-jenisnya agar anda dapat memahami lebih luas kata dan maksud dari usaha ini.

Pengertian Usaha

Kata Usaha ini sendiri memiliki beberapa pengertian. Jika didalam aktivitas ekonomi, usaha dapat diartikan sebagai sebuah bisnis atau upaya yang dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan keuntungan.

Beda halnya pengertian didalam ilmu fisika. Didalam ilmu fisika, usaha dapat diartikan sebagai fungsi dari gaya dan perpindahan. Dimana dalam teori perpindahan itu berperan sebagai faktor pembanding antara usaha dengan gaya.

Berbeda lagi pengertian usaha didalam kehidupan sehari hari. Didalam kehidupan sehari-hari, usaha dapat diartikan secara umum dengan kegiatan atau suatu upaya yang dilakukan untuk mendapatkan suatu hasil yang diinginkan atau capai.

Tujuan Usaha

Tujuan utama usaha didalam aktivitas sehari-hari adalah upaya atau kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan suatu hasil yang diinginkan atau dicapai. Sedangkan tujuan usaha sebagai pelaku bisnis adalah upaya atau kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan.

Contoh Usaha:

  • Dalam kehidupan sehari-hari

Jika kita ingin mempunyai beberapa barang-barang yang diinginkan, bagaimana cara atau usaha kita untuk mendapatkan barang yang kita inginkan? Pasti dengan membeli dan membeli membutuhkan uang. Apa usaha yang harus kita lakukan kalau kita ingin mendapatkan uang. Pasti kita akan berusaha dengan cara mendapatkan pekerjaan (mendapatkan gaji) atau menjadi wirausaha (mendapatkan untung dari penjualan). Dari gaji atau untung yang kita dapatkan, akhirnya kita dapat membeli barang yang kita inginkan.

  • Dalam bisnis

Suatu pemilik usaha menginginkan keuntungan yang lebih besar dan ingin mensejahterahkan masyarakat. Apa usaha yang dilakukan? Bagaimana agar pesanan dapat selalu meningkat? Usaha yang dilakukan adalah dengan meningkatkan mutu dan kualitas barang supaya semakin banyaknya pesanan. Bisnis semakin besar dan tidak menutup kemungkinan dapat membuka lapangan kerja baru yang akhirnya dapat mensejahterahkan masyarakat dengan memperkerjakan mereka didalam bisnis pemilik usaha.

Pengertian Usaha

  • Jenis-jenis Usaha

Usaha memiliki beberapa jenis. Mari kita bahas apa saja jenis-jenis usaha dilingkungan kita sekarang ini. Jenis-jenis usaha yang ada di masyarkat Indonesia, diantaranya :

  • Usaha Pertanian

Indonesia sendiri merupakan negara Agraris dimana masyarakatnya banyak bermata pencaharian sebagai petani. Usaha disini dengan bercocok tanam mengolah tanah dan menanaminya. Hasil yang didapat dapat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  • Usaha Ekstratif

Yang dimaksud dengan usaha ekstraktif disini adalah dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang dimana dikelilingi banyak pulau dan dengan luasnya lautan yang dimilik, maka tidak dapat dipungkiri juga masyarakat indonesia banyak yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka dapat memanfaatkan sumber daya yang terdapat dilautan dengan menangkap ikan dan menjualnya.

  • Usaha Jasa

Untuk dimasa sekarang khususnya yang semuanya serba digital, banyak orang yang mempunyai usaha sampingan untuk menambah penghasilan atau sebagai sumber utama penghasilan mereka. Sebagai contoh adalah sebagai design grafis. Jasa design sekarang ini sangat dicari. 

Hanya dengan bermodalkan laptop dan keahlian dalam mendesign, kita akan mendapatkan keuntungan yang tidak bisa dibilang sedikit. Dan dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, banyak jasa pengantaran atau pengiriman yang sangat diminati oleh masyarakat. 

Tanpa harus keluar rumah, dengan memanfaatkan jasa pengantaran atau pengiriman tersebut, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa perlu keluar rumah. Dan itu tentunya mendapatkan keuntungan bagi pemilik usaha jasa.

  • Usaha Industri

Usaha industri disini adalah kegiatan mengolah bahan baku untuk menghasilkan suatu barang yang berguna di masyarakat. Sebagai contoh : usaha kerajinan gerabah, dimana pemilik usaha mengolah bahan baku gerabah menjadi sebuah pot yang dapat difungsikan untuk meletakkan bunga dan dapat mempercantik ruangan. Atau sebuah industri pengrajin kulit yang mana mereka mengolah kulit sapi/kambing menjadi sebuah dompet yang cantik.

  • Usaha Dagang

Usaha dagang disini dapat diartikan dengan kegiatan menjual barang baku atau kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap masyarkat guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dapat dicontohkan toko sembako atau toko kelontong, dimana mereka menjual barang kebutuhan sehari-hari misal telur, beras, teh, gula, dan barang-barang lain. Contoh yang lain adalah penjual lauk-pauk (menjual daging). Lauk pauk juga merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang pasti dicari setiap harinya.

Berikut diatas adalah artikel tentang Pengertian Usaha, Tujuan Usaha, dan Jenis-jenis Usaha itu sendiri. Sangat luas bukan arti dari satu kata “usaha” tersebut. Tentunya dengan artikel ini menambah ilmu dan pengetahuan kita. Semoga bermanfaat.

You may also like