Home Investasi Pengertian Reksadana Pasar Uang, Keuntungan, dan Cara Membelinya

Pengertian Reksadana Pasar Uang, Keuntungan, dan Cara Membelinya

by Mas Abadi
reksadana pasar uang

Anda ingin berinvestasi tetapi modal yang dimiliki tidaklah banyak? Tenang, sekarang Anda tidak perlu lagi kuatir karena sudah ada reksadana, karena pada wahana investasi ini Anda dapat menanamkan modal dengan nilai yang tidak terlalu besar dan pastinya cocok bagi pemula. Sebelum membahas tentang apa saja keuntungan serta cara membelinya, mari kita ulas terlebih dahulu tentang pengertian reksadana pasar uang.

Pengertian Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang merupakan salah satu jenis dari investasi reksadana yang harus mengalokasikan seluruh dana kelolaanya (100%) di pasar uang dan biasanya dapat Anda cairkan dalam jangka waktu dibawah satu tahun.

Jenis reksadana ini adalah yang paling rendah resikonya, selain itu reksadana pasar uang memiliki keunggulan lebih dibandingkan deposito. Seperti, dapat berinvestasi hanya dengan modal sebesar Rp. 100.000 saja, bisa dicairkan kapanpun, dan masih ada beberapa lainnya.

Keuntungan Berinvestasi di Reksadana

  • Suku bunga lebih tinggi dari deposito

Untuk suku bunganya sendiri, reksadana pasar uang lebih tinggi dibanding milik deposito. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena keuntungan yang dimiliki oleh jenis reksadana ini berasal dari naiknya nilai asset.

Semakin tinggi nilainya, sebakin besar keuntungan yang bisa didapat. Berbeda dengan bunga deposito yang sejak awal memang nilai telah ditetapkan, sehingga tidak mungkin keuntungannya akan meningkat.

  • Modal yang dibutuhkan tidak besar

Untuk memulai berinvestasi di reksadana pasar uang, modal yang Anda butuhkan tidaklah besar. Karena minimal dana yang bisa diinvestasikan adalah sebesar Rp. 100.000 cukup rendah dan pastinya masih terjangkau, selain itu suku bunga yang diberikan bahkan lebih tinggi dibandingkan deposito bank.

  • Dapat dicairkan kapan pun saat dibutuhkan

Ketika Anda menyimpan uang pada deposito, akan ada ketentuan bila ingin mencairkannya Anda harus sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Karena jika mengambil sebelum waktunya, nasabah akan dikenakan pinalti.

Namun, pada reksadana pasar uang hal tersebut tidak berlaku. Karena Anda dapat mengambil atau menarik dana milik Anda kapan pun saat dibutuhkan tanpa dikenakan pinalti. Misalnya, diawalnya berencana akan menyimpan dana tersebut sampai dua tahun.

Tetapi nyatanya pada tahun pertama Anda memiliki sebuah masalah yang membutuhkan dana besar. Lalu, Anda menarik dari reksadana pasar uang hari ini juga. Tidak masalah dan pasti bisa serta tidak ada biaya apapun.

  • Resikonya rendah

Bila Anda memilih reksadana pasar uang, resikonya terbilang rendah bahkan bisa dikatakan tidak ada. Produk ini memang cocok bagi Anda yang masih pemula di dunia investasi dan memiliki kecenderungan takut akan resiko apabila gagal.

  • Keuntungan lebih stabil

Apabila Anda memiliki sebuah rencana untuk kebutuhan di masa depan, tentunya harus memiliki perkiraan seberapa besar dana yang dibutuhkan. Reksadana pasar uang merupakan pilihan yang tepat, karena keuntungan yang ditawarkan lebih stabil.

Sifat dari keuntungan reksadana pasar uang tidak fluktuatif serta tidak terpengaruh dengan kondisi pasar global. Karena itu bila Anda merupakan investor pemula dan hanya ingin melakukan investasi jangka pendek, jenis reksadana ini bisa menjadi pilihan.

Cara Membeli Reksadana

contoh investasi

Jika tadi Anda sudah mengetahui apa itu reksana pasar uang serta apa saja keuntungan yang bisa didapatkan. Kemudian Anda tertarik untuk membeli investasi tersebut. Anda dapat memilih untuk membelinya dibeberapa platform yang telah diberikan ijin oleh OJK untuk menjadi APERD (Agen Penjual Reksadana) secara resmi.

Anda dapat membeli reksadana pasar uang dengan dating langsung ke bank yang memang menyediakan layanan reksadana, seperti Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI dan masih ada beberapa bank lainnya.

Bisa juga untuk dating ke kantor Manajer Investasi untuk membuka RDN atau rekening dana nasabah. Disana nantinya Anda akan dimintai data diri, mengisi beberapa formulir dan dana yang akan disetorkan untuk investasi.

Cara terakhir adalah membeli reksadana pasar uang secara online melalui agen-agen resmi yang ditunjuk langsung dan telah mengantongi ijin dari OJK. Zaman sekarang kebanyakan orang lebih memilih menggunakan metode terakhir ini dibandingkan datang langsung ke bank atau kantor MI.

Beberapa agen resmi dimana Anda dapat melakukan transaksi untuk membeli investasti reksadana pasar uang yang paling direkomendasikan adalah Bareksa, Bibit, Ipotfund, Tokopedia Reksadana, Bukareksa dan MOST (Mandiri Sekuritas Online Trading).

Jangan Pernah Takut Untuk Beinvestasi

Tidak ada salahnya mencoba. Apalagi modal awal untuk reksadana terbilang rendah dan resikonya juga hapir tidak ada. Belajar berinvestasi memiliki banyak manfaat baik bagi Anda di masa depan, seperti menambah penghasilan, aset, selain itu Anda juga mengerti bagaimana mengatur keuangan yang baik, bisa membuat Anda merdeka secara finansial dan masih banyak lagi.

Setelah membaca semua informasi mulai dari pengertian reksadana pasar uang, keuntungan sampai dengan cara membelinya. Apakah Anda mulai tertarik untuk memulai berinvestasi atau masih ragu karena takut gagal? Sebenarnya hal tersebut adalah karena memang masih banyak sekali yang belum mengetahui cara berinvestasi pada reksadana.

You may also like