Home Tabungan Pengertian Rekening Koran, Fungsi dan Cara membuatnya

Pengertian Rekening Koran, Fungsi dan Cara membuatnya

by Mas Abadi
apa itu rekening koran

Sebagian dari anda pasti pernah mendengar istilah rekening koran yang selalu dikaitkan dalam bidang perbankan. Biasanya rekening ini berbentuk lembaran transaksi yang bisa perusahaan minta satu sebulan sekali sebagai laporan keluar masuknya transaksi yang terjadi di dalam suatu perusahaan tempat anda bekerja. Dokumen ini juga bisa anda manfaatkan sebagai syarat untuk mendapatkan visa ke luar negeri. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak beberapa pembahasan di bawah ini.

Pengertian rekening koran

Rekening yang satu ini  juga dikenal dalam istilah courant dalam bahasa Belanda merupakan ringkasan keseluruhan transaksi keuangan dari suatu rekening milik individu atau milik perusahaan. Data yang terdapat dalam rekening tersebut berupa alur transaksi berupa debit kredit serta jumlah saldo yang tersisa termasuk dari dana hasil keluar masuk transaksi tersebut. Mungkin anda bisa menyimpulkannya mirip seperti buku bank atau buku tabungan yang anda punyai. Hanya saja, rekening ini berbentuk lembaran seperti halnya laporan keuangan.

rekening koran adalah

Dulu, rekening yang satu ini digunakan oleh nasabah untuk mengecek keseluruhan rincian transaksi milik mereka masing-masing. Namun untuk sekarang, nasabah sudah bisa transaksi keuangan menggunakan sistem online. Nasabah dapat melihat bahkan mengatasi sendiri keseluruhan data mutasi transaksi baik masuk maupun keluar melalui sistem aplikasi yang sudah disediakan bank, website ataupun melalui ATM.

Biarpun permohonan mencetak rekening yang satu ini sudah mulai berkurang, masih ada beberapa perusahaan atau perorangan yang membutuhkan untuk beberapa kegunaan. Lalu apa saja fungsi dari rekening tersebut?

Fungsi rekening koran

  • Mengajukan visa

Kalau anda mempunyai keinginan berlibur ataupun ada perjalanan dinas ke luar negeri, ada beberapa negara yang mewajibkan anda untuk memiliki visa. Nah, tahukah anda kalau rekening ini juga termasuk salah satu syarat untuk mengajukan visa luar negeri? Kegunaan rekening yang satu ini adalah untuk mengetahui kalau anda memiliki cukup dana sehingga anda tidak kehabisan uang di negara yang akan menjadi tujuan anda.

Biasanya persyaratan yang diminta juga menyertakan dokumen yang bisa mendukung informasi mengenai finansial seperti SPT Pajak Penghasilan 21, slip gaji, Surat Pajak Bumi dan Bangunan serta riwayat transaksi selama tiga sampai enam bulan terakhir yang bisa dilihat dari cetakan rekening yang satu ini.

  • Mengetahui ringkasan transaksi

Sama seperti buku tabungan, courant juga juga dapat menampilkan transaksi yang terjadi selama kurun waktu tertentu yang umumnya tiga bulan. Informasi yang terdapat pada rekening ini biasanya berupa debit, kredit serta saldo berikut aliran dana masuk keluar sesuai tanggal transaksi.

  • Menjadi bukti hukum

Rekening courant bisa menjadi bukti hukum yang sah jika suatu saat anda terlibat perselisihan dangan pihak lain yang terkait dengan transaksi mutasi rekening seperti contoh anda telah mengirimkan sejumlah uang untuk pembayaran, namun pihak lawan merasa belum menerima pembayaran anda sehingga tidak dapat melakukan proses jual beli atau semacamnya. Dari sini, rekening yang satu ini bisa membantu untuk membuktikan transaksi yang sudah anda lakukan.

  • Audit keuangan perusahaan

Fungsi rekening yang satu ini bagi perusahaan adalah untuk melakukan rekap daftar keuangan baik transaksi masuk ataupun keluar. Jadi kalau ada transaksi yang mencurigakan dalam perusahaan maka bisa dapat langsung diproses.

Cara membuat rekening koran

  • Memiliki buku tabungan asli

Syarat pertama untuk membuat atau mengajukan courant ini adalah harus membawa buku rekening yang asli. Beritahukan pada customer service kalau anda ingin mencetak rekening ini beserta tujuannya dengan menyerahkan buku rekening tersebut.

  • KTP

Selanjutnya petugas bank pasti akan menanyakan kartu identitas untuk mencocokannya dengan identitas yang ada di buku tabungan anda. Tidak hanya KTP, anda juga bisa membawa identitas lain yang dimiliki semisalnya seperti paspor atau pun SIM jika belum dapat menunjukkan KTP

  • Kartu debit

Pastikan juga Anda  membawa kartu debit, sebagai bukti bahwa Anda adalah pemilik rekening resmi. Biasanya customer service akan memintanya sebagai validasi bahwa anda berhak mencetak rekening courant yang anda ajukan. Jangan lupa bawa kartu debit tersebut saat anda akan mencetak rekening ini, sebab petugas sudah pasti tidak akan memprosesnya kalau anda tidak memiliki kartu debit.

  • Biaya cetak rekening koran

Setiap bank memiliki biaya cetak yang berbeda ketika Anda ingin mencetak rekening ini, berikut contohnya:

Bank BCA : 2500 / lembar;

Bank Permata : 10.000 / lembar;

Bank Mandiri : 2.500 / lembar untuk transaksi 3 bulan terakhir dan 5.000 / lembar untuk transaksi 6 bulan;

Bank BNI : 2.500 / lembar sampai 3.000 / lembar;

Bank BRI : 25.000 / lembar yang merupakan transaksi lebih dari 12 bulan.

Nah, bagaimana? apakah anda juga tertarik untuk menggunakan rekening koran sebagai referensi untuk mengatur keuangan anda? Segera kunjungi bank tempat anda menyimpan uang bila anda tertarik menggunakan fasilitas ini.

You may also like