Home Investasi Pengertian Perusahaan Manufaktur Adalah dan Contoh-contohnya

Pengertian Perusahaan Manufaktur Adalah dan Contoh-contohnya

by Mas Abadi
perusahaan manufacture adalah

Bagi Anda yang pernah mendengar perusahaan manufaktur pasti sudah memahami bahwa perusahaan ini bergerak dalam permesinan. Tapi tidak begitu banyak yang mengetahui tentang pengertian dari perusahaan jenis ini. Secara garis besar sendiri perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang mengoperasikan mesin dan peralatan yang dikerajakan oleh tenaga kerja, di mana perusahaan ini mengolah bahan mentah menjadi produk yang bisa dijual. 

Pengertian Perusahaan Manufaktur 

Untuk bisa lebih memahami tentang perusahaan ini, maka Anda harus mengetahui pengertiannya. Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang menyediakan baik itu bahan mentah ataupun setengah jadi, di mana perusahaan ini nantinya akan mengolahnya menjadi barang yang sekiranya memiliki nilai jual di masyarakat. 

Dalam proses produksinya, perusahaan ini sendiri akan memberdayakan sumber daya manusia serta alam serta melibat alat-alat mesin yang berukuran besar. karena sifatnya yang akan menjual produk maka perusahaan ini juga masuk dalam bidang perdagangan. 

Dalam pengelolaan perusahaan ini biasa disebut dengan pabrik, di mana ada beberapa juga yang menyebutnya sebagai perusahaan industrial. Ada pun beberapa daerah di Indonesia yang masuk dalam kawasan pabrik seperti Cikarang, Cibitung, Karawang ataupun Pulogadung. 

Dari pengertian tersebut, maka Anda sudah bisa mengetahui beberapa contoh dari perusahaan manfuctaruing yang Anda di Indonesia, di mana tentu saja perusahaan-perusahaan ini terbagi dalam berbagai bidang. 

Faktor Penting Untuk Menjalankan Perusahaan Manufaktur 

Ketika Anda ingin bergelut dalam perusahaan ini, maka harus memahami faktor apa saja yang menjadi kunci agar perusahaan bisa berjalan secara berkelanjutan. Terlebih lagi perusahaan ini selalu memproduksi barang dalam jumlah yang besar. Sehingga mengetahui faktor kunci dalam perusahaan ini sangatlah penting. berikut ini adalah faktornya: 

  • Jumlah produksi 

Dalam perusahaan manufacture sendiri tidak bisa memproduksi dalam jumlah kecil. Di mana ini sudah disebutkan tadi. Mengapa demikian? Jelas dari biaya yang dikeluarkan akan sangat besar untuk mengatur produksi yang dijalankan. Tidak memaksimalkan produktifitas jelas akan membuat kerugian, karena setiap hari biaya yang dikeluarkan dari mulai tenaga kerja hingga mesin tidaklah sedikit. 

  • Kontrol Kualitas 

Hal paling penting ketika ingin berkecimpung dalam perusahaan manufacture adalah quality control. Di mana hal ini cukup menjadi PR yang sangat berat. Seperti yang Anda ketahui bahwa dalam demi terjualnya produk banyak yang menjual dengan harga murah tanpa melihat kualitas yang diberikan. Hal ini akan menjadi boomerang, terlebih lagi sekarang banyak produk manufacture yang berkualitas dengan harga yang terbilang miring. 

  • Desain bersaing 

Jika berbicara produk manufacturing sudah jelas desain adalah salah satu hal yang juga sangatlah penting. Anda mungkin bisa melihat dari contoh kasus Apple yang berhasil mengeluarkan handsfree yang berwarna putih. Padahal kabel berwarna putih tersebut mendapatkan penilaian jelek karena sangatlah mengganggu. 

Namun, Apple berhasil menarik perhatian konsumen sehingga sekarang handsfree berwarna putih laris dipasaran. Hal inilah yang dimaksud bahwa Anda harus bisa mengeluarkan desain yang bersaing. 

Contoh Perusahaan Manufaktur 

perusahaan manufacture adalah

Setelah mengetahui pengertian serta faktor penting dalam menjalan perusahaan manufacturing, maka selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah contoh-contoh dari perusahaan tersebut. Di bawah ini adalah jenis perusahaan besar yang bergerak dalam bidang manufacture: 

  • Tekstil dan Garmen 

Jenis perusahaan manufacture pertama adalah dari bidang tekstil dan garmen. Di mana di Indonesia sendiri terdapat beberapa perusahaan tekstil atau garman yang cukup ternama yaitu PT. Sritex. Pabrik yang satu ini sendiri memproduksi seperti kain atau pakaian. Perusahaan ini nantinya menggunakan benang sebagai bahan mentah dan membuat berbagai kain atau pakain dalam jumlah yang besar. 

  • Otomotif 

Bidang lainnya yang masuk contoh dalam perusahaan manufacture adalah otomotif. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa produksi seperti mobil dan motor mulai dari sparepart hingga kendaraannya dikerjakan dalam sebuah pabrik. Di mana nantinya seluruh hasil produksi akan didistribusikan ke berbagai negara yang bekerja sama. Untuk Indonesia sendiri perusahaan yang bergerak pada bidang ini sendiri adalah PT. Astra Group.

  • Elektronik 

Untuk bidang yang satu ini mungkin adalah salah satu perusahaan yang paling luas dan banyak di hampir seluruh negara. Biasanya untuk perusahaan manufacture yang bergerak dalam bidang elektronik akan memproduksi seperti kulkas, kipas angin, rice cooker dan lain sebagainya. Di mana untuk Indonesia sendiri ada Maspion Electronic yang termasuk perusahaan manufacture terbesar dan terletak di Surabaya. 

  • Makanan atau Minuman 

Jenis perusahaan manufacture ini sendiri juga sangat banyak di Indonesia, di mana perusahaan tersebut akan memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman yang didistribusikan ke seluruh Indonesia. Jika berbicara perusahaan makanan yang bergerak di manufacture atau pabrik maka Indofood adalah salah satu yang paling besar. 

Dari seluruh pembahasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan manufacture adalah sebuah perusahaan yang memiliki skala besar dan memproduksi barang yang paling dibutuhkan oleh masyarakat.

You may also like