Home Perencanaan Pengertian Manajemen Keuangan

Pengertian Manajemen Keuangan

by Mas Abadi

Setiap badan usaha atau perusahaan pasti memiliki visi dan misi untuk mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Dan untuk mendukung target perusahaan tersebut dapat tercapai, dibutuhkan banyak departemen untuk menjalankan fungsinya masing-masing. 

Dari sekian banyak departemen yang ada di perusahaan, yang paling riskan dan penting dalam mendukung tercapainya tujuan perusahaan yaitu departemen keuangan. Keuangan sendiri bisa diibaratkan sebagai pondasi untuk menjalankan segala aktivitas perusahaan. Oleh karena itu dibutuhkan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat agar operasional perusahaan tidak stuck di tengah jalan atau malah terhenti begitu saja. Dengan adanya manajemen keuangan, target serta tujuan perusahaan pun akan mudah tercapai sesuai dengan visi dan misi yang sudah dibuat.

Dan yang bertanggung jawab mengelola keuangan perusahaan yaitu manajer keuangan. Tugas manajer keuangan salah satunya adalah berkoordinasi dengan semua departemen perusahaan, itulah sebabnya mengapa manajemen keuangan dalam perusahaan sangat penting. 

Lalu, apa definisi dari manajemen keuangan itu ? 

Definisi Manajemen Keuangan menurut beberapa ahli

Manajemen keuangan yaitu kegiatan operasional bisnis yang memiliki tanggung jawab penuh untuk mendapatkan sekaligus memanfaatkan uang yang dibutuhkan operasional perusahaan secara efektif dan efisien.

  • Brigham 

Manajemen keuangan adalah sebuah seni dan ilmu untuk mengatur uang yang terdapat proses, lembaga, pasar, serta berbagai instrumen yang ikut terlibat dalam transfer uang antar individu, sesama bisnis, maupun pemerintah. 

  • Weston & Copeland

Manajemen keuangan merupakan fungsi dan juga tanggung jawab yang dimiliki oleh manajer keuangan. Fungsi tersebut berkaitan dengan keputusan investasi, pendanaan perusahaan dan pembagian saham.

  • Bambang Riyanto

Pengertian manajemen keuangan menurut ahli dari Indonesia ini adalah segala aktivitas yang ada di perusahaan, kaitannya untuk memperoleh pendanaan yang dibutuhkan dengan modal minim dengan penggunaan yang efisien untuk mendapatkan keuntungan.

  • Agus Sartono

Pengertian manajemen keuangan menurut Agus Sartono ialah semua yang berkaitan dengan mengalokasikan dana secara efektif ke dalam berbagai bentuk investasi maupun mengumpulkan dana yang digunakan untuk biaya investasi atau pun pembelanjaan yang dilakukan secara efisien.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa manajemen keuangan adalah segala aktivitas yang berlangsung di perusahaan terkait pengelolaan, perencanaan serta pengendalian keuangan. Berikut adalah tujuan yang mesti di capai dengan adanya manajemen di perusahaan.

  • Menjaga arus kas

Dengan adanya manajemen keuangan diharapkan, arus pendapatan maupun pengeluaran dapat terjaga sehingga pengeluaran-pengeluaran mudah dikendalikan.

  • Memaksimalkan keuntungan perusahaan

Manajemen keuangan yang dikelola dengan baik dan tepat akan menghasilkan untung yang maksimal untuk perusahaan secara jangka panjang.

  • Meminimalisir kerugian

Dengan adanya pengelolaan keuangan, maka alokasi untuk operasional perusahaan dapat dilakukan dengan tepat dan sesuai sehingga terhindar dari kemungkinan rugi.

  • Memastikan keberlangsungan hidup perusahaan

Dibutuhkan strategi yang tepat pada manajemen keuangan suatu perusahaan. Perusahaan akan tetap bertahan dan terus bersaing dengan yang lainnya jika manajemen keuangan dikelola secara tepat. 

  • Meningkatkan efisiensi

Pendistribusian keuangan yang tepat dapat membuat efisiensi terus meningkat di semua departemen yang ada di dalam perusahaan.

 

Adapun ruang lingkup yang terdapat pada manajemen keuangan yaitu :

  • Keputusan investasi

Pengalokasian dana perusahaan ke dalam berbagai jenis investasi dengan harapan dapat mendatangkan untung di masa depan dengan kurun waktu tertentu.

Hasil dari keputusan investasi  masuk dalam neraca aset yaitu aset tetap dan aset lancar. Aset tetap disebut juga dengan penganggaran modal sedangkan aset lancar dinamakan keputusan modal kerja.

  • Keputusan Keuangan

Keputusan ini berkaitan dengan meningkatkan keuangan dari beberapa sumber daya yang mana  jenis, jangka waktu pembiayaan, dan pengembaliannya menunggu hasil keputusan.

  • Keputusan pembagian dividen 

Manajer keuangan akan memutuskan pendistribusian atau pembagian laba bersih kepada pihak-pihak yang memiliki hak. Umumnya pembagian itu dibagi menjadi dua:

Dibagikan untuk para pemegang saham disertai keputusan persentasenya

– Laba bersih dijadikan saldo perusahaan namun tetap menyesuaikan rencana ke depan seperti ekspansi dan juga diversifikasi perusahaan.

Setelah mengetahui definisi, ruang lingkup serta tujuan manajemen keuangan dapat kita simpulkan bahwa adanya manajemen keuangan sangat berperan penting bagi perusahaan apapun, baik itu perusahaan yang baru dirintis maupun perusahaan besar. Selain itu, manajemen keuangan juga berguna untuk jalannya sebuah organisasi bahkan aktivitas sehari-hari. 

Tetapi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengelolaan keuangan ini juga membutuhkan berbagai proses mulai dari perencanaan, pengawasan dan juga pengendalian. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan dan cita-cita perusahaan sesuai dengan yang sudah ditetapkan dengan kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, manajer keuangan dari suatu perusahaan harus bijak dalam menentukan strategi. Karena operasioanl setiap departemen akan bergantung pada ada tidaknya dana yang dialokasikan. 

You may also like