Home Bisnis Pengertian Manajemen dan Fungsinya Dalam Perusahaan

Pengertian Manajemen dan Fungsinya Dalam Perusahaan

by Mas Abadi
pengertian manajemen

Sekarang ini fungsi dari manajemen memang bisa memberikan perbedaan yang terlihat signifikan terhadap bisnis perusahaan maupun organisasi. Ada sebuah studi dari banyak ahli memperlihatkan bila sebuah perusahaan dengan strategi yang baik akan memiliki daya produksi tinggi. Jadi, menurut Anda seberapa pentingkah fungsi dari strategi manajemen bagi perusahaan dan sebenarnya apa pengertian manajemen? Simak ulasan berikut.

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah prinsip terkait akan fungsi dari perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, pengendalian serta penerapan prinsip untuk memanfaatkan manusia, informasi, keuangan juga sumber daya secara efektif dan efisien agar dapat mencapai tujuan.

Suatu hal yang memiliki kaitan dengan perusahaan atau sebuah organisasi, manajemen dapat diartikan sebagai proses tanggung jawab akan regulasi dan perencanaan operasional perusahaan secara ekonomis juga efektif untuk mencari target. Berikut dibawah ini adalah beberapa pengertian mengenai manajemen menurut ahli :

  1. Henri Fayol menjelaskan apabila manajemen adalah sebuah kegiatan mengatur, memerintah, mengkoordinasi, meramal serta mengendalikan yand yang dilakukan oleh orang lain.
  2. Wihrich dan Koontz mengatakan jika manajemen merupakan sebuah proses untuk memelihara lingkungan dan merancang agar setiap individu dapat saling bekerja sama di dalam satu kelompok agar dapat mencapai tujuan.
  3. Lalu Pietri, Mosley dan Megginson mendefinisikan bila manajemen sebagai sebuah kegiatan kerja dengan berbagai sumber agar dapat mencapai target, sesuai fungsi dari kontrol, pengarahan, perencanaan dan pengorganisasian.

Dari semua pengertian yang dijabarkan oleh para ahli di atas dapat disimpulkan jika sebenarnya manajemen memiliki tiga karakteristik, yaitu :

  1. Fokuskan pada tujuan. Jalankan visi serta misi sesuai dengan apa yang ingin dicapai.
  2. Memiliki sebuah proses yang saling berkaitan dan berkelanjutan.
  3. Libatkan semua sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dan tempatkan pada posisi yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Fungsi Manajemen Bagi Perusahaan

Manajemen merupakan sebuah proses yang melibatkan elemen serta aktivitas, dimana fungsi dari manajemen itu sendiri sebenarnya terpisah dengan fungsi operasional dari sebuah organisasi. Berikut ini adalah fungsi-fungsi tersebut :

  • Perencanaan

Fungsi dari perencanaan merupakan peran utama dan paling penting dalam perusahaan. Tanpa adanya sebuah rencana, maka tidak akan ada pekerjaan lain yang dapat berjalan lancar. Selain itu fungsi lainnya adalah untuk menargetkan suatu tujuan demi kesuksesan.

Sebagai salah satu sistem manajemen, pasti akan banyak rangkaian agar dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan. Karena itu bila strategi yang dibuat dapat berjalan lancar, tentunya bisa memberikan hasil yang efektif dan efisien untuk perusahaan.

  • Pengorganisasian

Fungsi dari sebuah pengorganisasian adalah untuk membagikan tugas-tugas kepada divisi-divisi yang lebih kecil. Kemudian melalui penggolongan itulah Anda dapat mengontrol serta mengawasi semua sumber daya agar dapat melaksanakan tugas mereka secara cepat juga tepat.

Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas para pekerja, baik yang senior maupun junior sesuai dengan porsinya masing-masing dan tentunya mereka juga memiliki tanggung jawab atas tugas yang diserahkan.

  • Pengarahan

Fungsi selanjutnya adalah pengarahan. Tujuannya untuk mengarahkan setiap anggota agar dapat bekerja sesuai dengan target yang sudah dibuat oleh perusahaan, selain itu maksud dari fungsi pengarahan supaya terciptanya sebuah lingkungan kerja yang dinamis dan sehat.

Meningkatan efisiensi dan efektivitas ketika bekerja. Salah satu contohnya adalah memberikan motivasi atau dorongan kepada seluruh tim juga menjelaskan tugas mereka secara rutin setiap harinya. Karena terkadang akan ada satu anggota yang memang harus diberikan pengarahan lebih detail.

  • Penempatan

Fungsi penempatan memiliki tujuan untuk menempatkan setiap sumber daya manusia pada divisi yang tepat sesuai dengan kemampuan dan kecakapan masing-masing individu. Namun, sebenarnya mereka yang berada di fungsi penempatan mempunyai tanggung jawab yang besar.

Tanggung jawab itu berupa mengetahui karakteristik dari setiap orang yang ingin bekerja di perusahaan tersebut, memilih individu yang benar-benar dapat bertanggung jawab akan pekerjaannya. Agar nantinya tidak terjadi masalah pada masing-masing divisi.

  • Pengawasan

Fungsi terakhir adalah pengawasan (controlling), melakukan sebuah pengawasan adalah hal terpenting. Tujuannya agar setiap tugas yang dikerjakan bisa berjalan sesuai rencana serta visi dan misi perusahaan. Fungsi ini juga digunakan untuk memberikan sebuah penilaian pada para pekerja, apakah telah sesuai dengan standar yang dimiliki oleh perusahaan.

Selain itu fungsi dari manajemen pengawasan juga harus melakukan evaluasi secara berkala terhadap target yang telah di tentukan. Anda juga memiliki kewajiban melakukan pembenahan atau koreksi apabila ditemukan kesalahan dalam pelaksanaannya.

Bagaimana penjelasan mengenai pengertian manajemen serta fungsinya dalam perusahaan? Apabila Anda ingin mendapatkan sebuah kesuksesan untuk dapat meningkatkan daya guna operasional perusahaan, hal di atas memang wajib Anda ketahui dan diterapkan. Selain itu, apabila dalam pendirian sebuah usaha tidak memiliki manajemen yang sesuai. Kemungkinan terbesar perusahaan tersebut akan dengan mudah mengalami penurunan.

You may also like