Home Bisnis Pengertian Etika Bisnis Adalah dan Contohnya

Pengertian Etika Bisnis Adalah dan Contohnya

by Mas Abadi
etika bisnis adalah

Ketika Anda ingin membangun sebuah usaha, maka etika bisnis adalah hal yang paling penting untuk Anda pahami. Menjalankan bisnis tanpa adanya etika sudah pasti tidak akan memberikan hasil yang baik pada usaha yang dijalankan. Lalu, apa sebenarnya pengertian dari ekonomi bisnis dan apa saja contohnya? Simak terus ulasannya dalam artikel ini, ya.

Pengertian Etika Bisnis Adalah

Secara garis besar etika bisnis merupakan cara dalam berbisnis, di mana didalamnya meliputi seluruh bagian yang memiliki hubungan dengan perusahaan, individu dan masyarakat. Peran etika bisnis dalam sebuah perusahaan ialah membentuk kepribadian dari karyawan dan pimpinan dengan tujuan agar hubungan karyawan, perusahaan dan berbagi pihak yang tergabung tetap dalam keadaan sehat.

Tidak hanya itu saja, etika bisnis merupakan sebuah pedoman standar untuk karyawan dan juga manajemin dalam mengerjakan tugas-tugasnya dengan dasar profesionalisme, bermoral baik dan transparansi penuh. Sehingga pada saat bekerja, seluruh elemen yang ada dalam sebuah perusahaan akan harmonis dan minim konflik.

Meski secara garis besar sudah dijelaskan akan pengertian dari etika bisnis, tapi Anda juga harus mengetahui beberapa ahli yang juga mengungkapkan pendapatnya akan pengertian etika bisnis. Berikut ini adalah pengertiannya dari ahli:

  • Velasques

Bagi ahli yang satu ini, etika bisnis merupakan sebuah studi yang memiliki fokus akan moral yang benar serta salah. Tidak hanya itu saja, studi ini berfokus juga pada standar moral yang diterapkan di dalam sebuah perilaku bisnis, institusi dan kebijakan.

  • Yosephus

Ahli yang satu ini mengungkapkan bahwa etika bisnis merupakan etika terapan dan dalam penerapannya menggunakan prinsip-prinsip moral umum yang berlaku dalam sebuah wilayah pada bidang ekonomi terutama bisnis. Ditegaskan oleh Yosephus, sasaran dari etika bisnis ni adalah moral para pebisnis yang menjalankan kegiatan ekonomi.

  • Hill and Jones

Sedangkan bagi Hill serta Jones, etika bisnis merupakan sebuah ajaran untuk bisa membedakan mana yang benar dan salah. Selain itu, etika bisnis juga akan memberikan sebuah pembekalan untuk setiap pemimpin perusahaan dalam mempertimbangkan pengambilan keputusan tepat dan berkaitan dengan masalah moral yang terbilang kompleks.

Dari ketiga ahli tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa etika bisnis merupakan hal penting yang harus dijalankan oleh setiap pelaku usaha. Di mana ini demi kebaikan perusahaan serta hubungan baik di antara sesama karyawan.

Contoh Dari Etika Bisnis

Pebisnis Online Wajib Tahu, Berikut Langkah Usaha Online Agar Penjualan Naik

Setelah melihat pengertian tersebut, maka tentu saja Anda akan bertanya-tanya apa saja contoh dari etika bisnis ini? Di bawah ini adalah beberapa contoh dari etika bisnis yang perlu Anda ketahui:

  • Selalu ingat nama

Nama adalah identitas dari seorang individu, ketika Anda bisa mengingat nama baik itu rekan bisnis, karyawan dan orang sekitar yang berhubungan dengan bisnis. Mengingat nama seseorang ini akan memberikan kedekatan interaksi yang tidak disadari kedua belah pihak, sehingga sikap saling menghormati pun juga akan timbul. Walaupun etika yang satu ini terbilang sangat sederhana, tapi akan membuat lingkungan perusahaan menjadi semakin sehat.

  • Selalu jujur

Etika selanjutnya yang harus ada dalam dunia bisnis adalah jujur. Hal yang satu ini sering kali diremehkan oleh banyak pebisnis pemula. Karena sering kali mereka terlena dengan perhitungan untung yang terlalu besar, sehingga memberikan banyak kebohongan. Sikap inilah yang harus bisa Anda hindari ketika menjalankan bisnis.

Kejujuran yang dimaksud dalam etika bisnis ini adalah seperti selalu jujur akan kualitas, kesanggupan serta lain sebagainya. Jika memang ada masalah yang menghambat jalannya bisnis, maka Anda bisa bersikap jujur dengan menjelaskan apa saja masalahnya. Sehingga partner bisnis dan siapapun yang bekerja dengan Anda bisa membantu memberikan masukan agar bisa menemukan solusi yang tepat.

  • Selalu mengucapkan terima kasih

Contoh selanjutnya dalam etika bisnis adalah selalu mengucapkan terima kasih. Banyak sekali orang yang juga tidak mementingkan ucapan terima kasih. Padahal dengan mengucapkan terima kasih akan muncul rasa saling menghargai satu sama lain. Anda sebisa mungkin harus bisa mengatakan terima kasih untuk hal sekecil apapun. Dengan menghargai satu sama lain inilah, maka akan tercipta lingkungan kerja yang harmonis.

  • Selalu mengenalkan diri

Etika bisnis yang selanjutnya adalah dengan selalu mengenalkan diri sendiri kepada setiap bertemu dengan orang baru. Dengan mengenalkan diri terlebih dahulu, menjadi bukti bahwa Anda selalu mengedepankan sopan santun ketika berhadapan dengan orang lain. Walaupun tindakan ini sangatlah sederhana, tapi dampak kedepannya sangatlah besar bagi Anda yang menjalankan bisnis.

Itulah pengertian dari etika bisnis beserta dengan contohnya. Dapat ditarik kesimpulan bahwa etika bisnis adalah hal paling dasar yang harus diterapkan oleh seluruh pebisnis di mana saja. Dengan selalu memegang teguh etika bisnis inilah, Anda akan menjadi seorang pemimpin, karyawan ataupun rekan bisnis yang terbaik.

You may also like