Home Perencanaan Pengertian dari Pendapatan Per Kapita atau Income Per Capita (ipc)

Pengertian dari Pendapatan Per Kapita atau Income Per Capita (ipc)

by Mas Abadi

Setiap negara memakai instrumen ekonomi berbeda-beda untuk mengetahui tingkat kesejahteraan dan produktivitasnya, pendapatan perkapita merupakan satu diantaranya.  Di dalam bidang ekonomi ini, pendapatan perkapita merupakan sejumlah uang riil yang didapat oleh individu dalam sebuah negara serta mencerminkan seputar aktivitas ekonomi suatu negara di skala mikro.

Dalam skala internasional, untuk pendapatan perkapita merupakan sebuah indikator yang berperan sebagai penentuan kelas sebuah negara, apakah negara tersebut merupakan negara menengah ke atas, negara maju, negara menengah ke bawah, dan negara yang tertinggal. Sementara di skala nasional, pihak pemerintah dapat memanfaatkan data terkait pendapatan perkapitanya dalam berbagai situasi kondisi.

Pengertian Mengenai Pendapatan Per Kapita

Pendapatan per kapita merupakan ukuran jumlah dana yang didapat per orang di sebuah negara. Pendapatan per kapita ini bisa digunakan guna menentukan  besaran pendapatan rata-rata dari setiap individu di sebuah daerah tertentu serta agar bisa mengevaluasi kualitas hidup masyarakat dan standar hidup mereka. Pendapatan per kapita di sebuah negara akan dihitung dengan membagi penghasilan nasional negara dengan para penduduknya.

Pengukuran pendapatan per kapita ini mencakup laki-laki, perempuan, anak hingga bayi yang baru saja lahir, yang termasuk anggota populasi manusia. Hal ini berbeda oleh pengukuran lainnya dari kesejahteraan sebuah daerah, misalnya pendapatan rumah tangga, dimana akan dihitung seluruh anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah, serta pendapatan keluarga.

Menurut beberapa buku, pendapatan per kapita ini merupakan pendapatan rata-rata seseorang dalam jangka waktu satu tahun, sedangkan, menurut KBBI, pendapatan per kapita merupakan pendapatan nasional lalu dibagi total jumlah penduduk di suatu negara.

Di dalam buka karya dari Muhammad Amsal Sahban, pendapatan per kapita di suatu negara bisa dipakai untuk mengetahui ada atau tidaknya pembangunan perekonomian sebuah negara. Selain itu juga bisa menjadi gambaran dari:

  •         Memprediksi nilai pendapatan per kapita masyarakat di sebuah negara di kemudian hari
  •         Perubahan corak dari perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat suatu negara
  •         Perkembangan kualitas hidup masyarakat sebuah negara

Rumus Pendapatan Per Kapita

Terdapat dua komponen sebagai penghitung pendapatan per kapita, yakni Pendapatan negara dalam jangka waktu satu tahun atau Gross National Product serta jumlah penduduk atau populasi. Adapun pembahasan di buku IPS Terpadu dimana cara untuk menghitung jumlah pendapatan per kapita yakni Gross National Product dibagi oleh jumlah penduduk di suatu negara.

Fungsi Pendapatan Per Kapita

Berbicara terkait fungsi pendapatan per kapita yaitu agar bisa mengetahui apakah sebuah daerah tertentu dapat dikatakan sejahtera atau sebaliknya. Namun, bukan hanya itu, mengukur pendapatan per kapita pun sangat berguna untuk menilai jangkauan sebuah daerah. Hal ini bisa dipakai bersamaan oleh data mengenai harga real estat.

Data pendapatan per kapita bisa membantu untuk menentukan apakah harga perumahan bisa dijangkau oleh rata-rata kemampuan keluarga. Kawasan yang dikenal mahal, misalnya kota-kota besar, mempertahankan rasio nilai jual rumah yang begitu besar terhadap data pendapatan per kapita.

Selain itu, bisnis pun bisa memakai pendapatan per kapita saat mereka mulai membuka toko sebuah kawasan atau kota. Bila populasi kota mempunyai pendapatan per kapita tergolong tinggi, itu berarti perusahaan akan mempunyai peluang lebih besar agar dapat memperoleh pendapatan dari bisnis yang dijalankan sebab masyarakat mempunyai lebih banyak uang yang diperlukan untuk berbelanja berbagai kebutuhan dibandingkan kota yang pendapatan perkapitanya rendah.

Ada beberapa fungsi dari pendapatan per kapita dalam sebuah negara. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

  1.       Mengetahui Tingkat Kesejahteraan Negara dan Penduduknya

Seperti yang telah dijelaskan dimana pendapatan per kapita akan memperlihatkan pendapatan rata-rata penduduk di suatu wilayah. Itu berarti, fungsi dari pendapatan per kapita yakni untuk mengetahui tingkat kesejahteraan negara dan penduduknya. Sebab pendapatan per kapita ini melibatkan perhitungan dari total penghasilan masyarakat dalam satu negara.

  1.       Mengukur Kelancaran Aktivitas Perekonomian Negara

Selanjutnya, fungsi dari pendapatan per kapita yakni untuk mengukur kelancaran aktivitas perekonomian di suatu wilayah. Karena pendapatan sebuah negara tentunya tidak akan lepas dari yang namanya kegiatan ekonomi. Hadirnya pendapatan per kapita tersebut dapat membuat negara bisa dan mampu mengukur hasil aktivitas perekonomian yang sudah dilaksanakan.

  1.       Mencerminkan Kondisi Perekonomian Negara dan Penduduknya

Sebuah negara tentu membutuhkan informasi mengenai hasil kegiatan serta kondisi ekonominya. Itu berarti fungsi dari pendapatan per kapita sebagai cerminan kondisi perekonomian negara dan penduduknya . Sebab pendapatan per kapita ini mencangkup data perekonomian yang nantinya dilakukan upaya analisis guna keperluan evaluasi.

  1.       Dasar Pengambilan Keputusan di Masa Mendatang

Fungsi lain dari pendapatan per kapita yakni menjadi dasar pengambilan keputusan di kemudian hari. Karena pendapatan per kapita menjadi cerminan kesejahteraan masyarakat. Hasil ini dapat digunakan pemerintah pusat sebagai bahan pertimbangan ketika akan mengambil kebijakan. Supaya negara bisa menerapkan kebijakan dengan menyesuaikan kondisi negara itu sendiri.

You may also like