Home Investasi Pengertian dan Keunggulan Investasi Syariah

Pengertian dan Keunggulan Investasi Syariah

by Mas Abadi

Investasi sesuai ajaran Islam yaitu investasi tanpa riba yang menjadi jenis investasi paling banyak dilirik sekarang oleh masyarakat. Jenis investasi yang satu ini diyakini lebih amanah dan terpercaya untuk sejumlah orang. Investasi syariah banyak dipilih sebab bebas riba. Khususnya di Indonesia dengan mayoritas penduduk umat muslim, maka investasi ini sangat mudah ditemui. 

Tidak hanya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saja, tetapi investasi syariah juga dipantau langsung oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Lalu, apa itu investasi syariah? Dan apa saja keunggulan dari investasi ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini bersama-sama. 

Apa Itu Investasi Syariah? 

Investasi syariah ini sama seperti investasi lainnya, investasi syariah merupakan sebuah mekanisme pengelolaan uang menggunakan cara yang efektif sehingga mendapatkan keuntungan. Tetapi, bedanya pada investasi syariah ini yaitu konsep yang diimplementasikan pada instrumen keuangan menurut syariat Islam. 

Apa Tujuan Investasi Syariah? 

Seluruh tujuan investasi pada umumnya sama, yaitu untuk memperoleh keuntungan keuangan berbentuk return atau imbal hasil dengan nilai cukup banyak. Hal tersebut pun berlaku pada tujuan dari investasi syariah ini. Tetapi, di investasi syariah, imbal hasil bukan menjadi satu-satunya tujuan utama. 

Karena terdapat value lainnya pada investasi syariah ini, yakni menjunjung SRI (Socially Responsible Investment. SRI adalah keseimbangan dari nilai kebajikan sosial dan keuntungan yang banyak. Investasi syariah ini bertujuan untuk bisa membantu dan membangun perekonomian masyarakat menjadi sebuah amal ibadah di samping untuk memperoleh keuntungan atau return yang tinggi. 

Keunggulan Investasi Syariah 

Sekarang telah banyak produk dari investasi yang disediakan untuk Anda yang ingin berinvestasi properti, obligasi, reksadana, saham dan emas. Tidak hanya investasi konvensional saja, saat ini juga terdapat investasi syariah yang dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh banyak keuntungan yang halal. 

Lalu, apa saja keunggulan yang dimiliki dari jenis investasi syariah ini? Yuk, simak beberapa keunggulannya di bawah ini. 

  • Investasi yang halal 

Keunggulan pertama dari investasi syariah ini yaitu tentu saja halal. Apabila Anda berinvestasi pada bank syariah, maka investasi yang Anda jalani sudah terjamin halal. Hal tersebut bisa terjadi sebab seluruh aktivitas dan hal-hal riba tidak ada di dalam investasi syariah. 

Selain itu, bisa menjadi keuntungan untuk umat Islam sebab Anda bisa berinvestasi, tanpa khawatir memikirkan halal atau tidak. Berikutnya, investasi syariah juga menjalani prinsip syariah yang bukan hanya bisa bermanfaat di dunia sajan tetapi dapat dipertanggung jawabkan nanti di akhirat. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda waspada saat ingin berinvestasi, jangan hanya memikirkan keuntungan duniawi saja. 

  • Bebas dan aman dari penipuan 

Keunggulan yang dimiliki oleh investasi syariah selanjutnya yaitu bebas dan aman dari segala macam penipuan. Investasi yang dijalani menurut prinsip Islam sudah terjamin bebas akan penipuan sebab pengimplementasiannya sangat transparan untuk seluruh prosedurnya. 

Hasilnya, semua orang dapat mengetahui prosedur dan keuntungan investasi tanpa harus takut akan ditipu. Nah, Anda bisa berinvestasi pada jenis investasi syariah agar tidak perlu was-was lagi, lho. 

  • Bebas riba 

Tidak hanya 2 keunggulan tersebut saja, ternyata keunggulan dari berinvestasi syariah selanjutnya yaitu bebas riba. Seperti yang sudah dibahas pada poin di atas, investasi syariah ini menerapkan prinsip syariah islam sehingga tidak ada unsur riba di dalamnya. 

Hasilnya, jenis investasi ini aman dan menjadikan hati Anda tenang sebab tidak ada unsur riba apapun di dalamnya. Di agama Islam telah dijelaskan dan disebutkan jikan bunga dan riba itu merupakan hal yang sangat diharamkan pada muamalah. 

  • Mempunyai tingkat resiko yang rendah 

Keunggulan berinvestasi syariah selanjutnya yaitu sebab mempunyai risiko yang terbilang sangat rendah daripada investasi konvensional. Hal tersebut bisa terjadi sebab melakukan perhitungannya mengacu ke unsur kekeluargaan. 

Dari unsur tersebutlah yang bisa mengurangi resiko sehingga terhindar dari seluruh kegiatan yang mengandung riba. Tentu saja semua orang tidak ingin memiliki resiko yang tinggi saat berinvestasi. 

  • Fokus pada aktivitas sosial 

Selain bisa menguntungkan untuk investor, jenis investasi inipun berfokus pada aktivitas sosial bagi semua orang dan investornya. Investor syariah dapat menjadi salah satu penggerak guna meningkatkan perekonomian dengan mengurangi angka pengangguran di Indonesia, 

Hal tersebut bisa terjadi sebab investasi syariah dapat memberikan modal untuk pengusaha guna memperbesar jenis bisnisnya. Akhirnya, banyak orang yang direkrut untuk menjadi pegawai. 

Nah, itu tadi pengertian dan keunggulan dari investasi syariah yang perlu Anda ketahui. Sekarang sudah banyak jenis investasi syariah seperti pasar modal syariah, deposito syariah, obligasi syariah, reksadana syariah, dan saham syariah. Pastikan Anda mempelajari seluruh produk tersebut sebelum Anda melakukan investasi. Hal tersebut bertujuan supaya Anda memperoleh keuntungan yang banyak dan tidak mengalami kerugian. 

You may also like