Home Investasi Pengertian dan Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia

Pengertian dan Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia

by Mas Abadi
contoh perusahaan jasa

Pernahkah Anda mendengar tentang perusahaan jasa? Perusahaan jasa sendiri sebenarnya banyak sekali, di mana memang jenis perusahaan yang satu ini sendiri sangatlah dibutuhkan. Perusahaan jasa sendiri seperti namanya, produk di yang dipasarkan adalah berupa jasa dan bukan barang. Di bawah ini sendiri akan disebutkan contoh perusahaan jasa, maka ada baiknya Anda mengetahui apa pengertian dari perusahaan jasa. 

Pengertian Perusahaan Jasa 

Secara pengertian sendiri perusahaan jasa adalah perusahaan yang hanya menjual jasa. Di mana tentu saja konsumen menggunakan keahlian dari perusahaan tersebut sesuai dengan jenisnya. Dalam transaksinya pun ada uang, di mana konsumen akan membayarkan harga yang sudah ditetapkan perusahaan dan nantinya perusahaan akan menjalankan jasa yang dikelola. 

Bisa diambil kesimpulan bahwa perusahaan jasa sendiri adalah salah satu jenis perusahaan yang memiliki manfaat bagi konsumen yang sekiranya memang membutuhkan jasa yang ditawarkan. Di mana tentu saja ada pembayaran yang dilakukan dan konsumen sudah pasti akan mendapatkan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan tersebut.

Adapun beberapa pengertian dari perusahaan jasa yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut ini adalah pengertiannya dari ahli: 

  • Adrian Payne 

Menurut Adrian Payne, perusahaan jasa adalah jenis perusahaan yang didalamnya terdapat kegiatan ekonomi keseluruhan dan konsumen merasakan manfaatnya sendiri. Di mana dalam perusahaan ini tidak terjadi pemindahan kepemilikan akan sesuatu atau benda. 

  • Norman 

Perusahaan yang bergerak pada bidang jasa ini sendiri adalah perusahaan yang melakukan kontak social antara si penyedia jasa kepada konsumen. 

  • Djaslim Saladin 

Sedangkan menurut Djaslim Saladin, perusahaan jasa adalah sebuah perusahaan yang melakukn suatu hal yang tidak berwujud. Di mana selama prakteknya tidak ada perpindahan kepemilikan dari perusahaan kepada konsumen. 

  • Christian Gronross

Bagi ahli yang satu ini, perusahaan jasa sendiri adalah perusahaan yang melakukan kegiatan berisi aktivitas antara pemakai jasa dan juga pegawai jasa. Di mana dalam aktivitasnya sendiri akan membantu menyelesaikan masalah si pemakai jasa akan produk jasa yang ditawarkan oleh pegawai jasa. 

  • Philip Kotler 

Sedangkan bagi Philip Kotler sendiri, perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjual sebuah layanan dalam bentuk yang abstrak. Di mana yang dijual tidak terlihat atau tidak berwujud dalam bentuk suatu benda. Perusahaan ini juga tidak menyebabkan suatu perpindahaan akan kepimilikan dari penjual ke pembeli. 

Dari pengertian yang sudah dijabarkan baik secara umum ataupun ahli, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa perusahaan jasa adalah jenis perusahaan yang menyediakan layanan, di mana tidak akan terjadi perpindahan apapun karena yang dijual tidak berwujud dalam suatu benda. 

Contoh Perusahaan Jasa Di Indonesia 

contoh perusahaan jasa

Setelah mengenal pengertian yang ada, maka selanjutnya Anda sudah pasti ingin mengetahui perusahaan jasa apa saja yang ada di Indonesia. Di mana kebanyakan dari perusahaan ini sudah pasti Anda ketahui. Berikut ini adalah contohnya: 

  • Jasa pengiriman

Contoh dari perusahaan jasa yang pertama adalah jasa pengiriman. Jenis jasa yang satu ini sendiri ada banyak di Indonesia, sebut saja Pos Indonesia, JNE Express, SiCepat dan lain sebagainya. Perusahaan jasa pengiriman ini sendiri memberikan pelayanan untuk masyarakat yang sekiranya ingin mengirimkan dokumen atau barang ke daerah lain. 

Tentu saja ada biaya pengiriman yang diterapkan oleh setiap perusahaan dengan jumlah yang berbeda-beda. Biasanya perusahaan jasa ini memberikan layanan pengiriman cepat atau biasa. Perhitungan biayanya sendiri juga berdasarkan berat dan daerah tempat tujuan barang dikirim. Di mana nantina konsumen pun dapat melakukan pelacakan melalui nomor resi pengiriman yang diberikan. 

  • Jasa Komunikasi 

Contoh untuk perusahaan jasa komunikasi ini seperti PT. Telkom, Indosat Oredoo, dan lain sebagainya. Seperti namanya, perusahaan yang bergerak pada jasa komunikasi sendiri menyediakan layanan yang memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi. Di mana nantinya masyarakat dapat berkomunikasi dengan lebih mudah. 

Perusahaan ini biasanya menyediakan jaringan telekomunikasi yang nantinya konsumen akan membayar dalam bentuk pulsa ataupun tagihan. Pembayarannya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan serta biayanya setiap perusahaan berbeda-beda tergantung dari kebijakan yang disepakati. 

  • Transportasi online 

Untuk jenis perusahaan jasa yang satu ini sendiri terbilang baru, di mana transportasi online sendiri memang baru masuk di sekitar tahun 2010-an. Perusahaan yang masuk dalam bidang ini adalah seperti Gojek ataupun Grab. Kedua perusahaan tersebut memberikan pelayanan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan transportasi lebih cepat dengan harga yang lebih murah. 

Tidak hanya itu saja, jasa yang satu ini sendiri juga bergerak jasa pengiriman antar kota yang tentu saja lebih cepat daripada jasa pengiriman yang biasa. Selain itu juga Anda bisa melakukan food delivery dari restoran yang sudah bekerja sama dengan perusahaan transportasi yang satu ini. Anda juga sudah dapat melakukan segala jenis pembayaran listrik, BPJS dan lain sebagainya dari aplikasi transportasi online tersebut. 

Itulah beberapa contoh perusahaan jasa, di mana masih ada perusahaan jasa yang bergerak dibidang lain seperti konstruksi ataupun perbankan. Seluruh perusahaan dalam bidang jasa ini sendiri memang sangatlah membantu masyarakat mendapatkan layanan yang dibutuhkan.

You may also like