Home Perencanaan Pengertian Asuransi Mobil dan Kenapa Kita Memerlukannya

Pengertian Asuransi Mobil dan Kenapa Kita Memerlukannya

by Mas Abadi

Sekarang masih banyak orang yang belum tahu dan memprioritaskan untuk mempunyai asuransi kendaraan seperti mobil. Padahal, kendaraan bisa dikatakan hal yang sangat wajib Anda asuransikan sesudah Anda memilikinya. Bukan hanya melindungi kendaraan, asuransi ini juga bisa melindungi pengemudi dari kecelakaan yang terjadi ketika menggunakan kendaraan, lho! 

Lalu, apa sebenarnya asuransi mobil? Dan kenapa kita memerlukannya? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Apa Itu Asuransi Mobil? 

Asuransi mobil merupakan sebuah bentuk perlindungan atau produk proteksi yang bisa menjamin kerusakan, kerugian sampai kehilangan atas kendaraan bermotor karena terjadinya resiko yang terjadi pada mobil kesayangan Anda. Hal tersebut pastinya bisa menjawab pertanyaan “Apakah asuransi mobil sangat penting?. 

Karena, asuransi kendaraan pastinya penting untuk Anda miliki, tidak hanya sebatas bisa mengganti rugi kendaraan pribadi Anda saat terjadi kecelakaan saja, tetapi juga menjadi investasi perawatan. 

Tentu saja kita tidak pernah ada yang tahu mengenai hal-hal yang mungkin bisa terjadi di masa depan. Oleh sebab itu, penting untuk Anda mempunyai perlindungan untuk berbagai resiko, dalam hal ini yaitu mobil seperti resiko kerusakan sampai kehilangan. 

Nah, Anda pastinya tidak ingin mobil kesayangan bernasib naas sebab tidak memiliki proteksi, padahal Anda susah payah untuk mendapatkannya sampai harus berhutang untuk memilikinya? 

Untuk itu, Anda harus mengetahui berbagai manfaat dari asuransi mobil sebagai perlindungan mobil kesayangan, sebelum Anda memilih produk asuransi kendaraan mobil, ada baiknya simak beberapa manfaat asuransi mobil berikut ini. 

Manfaat Asuransi Mobil 

Sama halnya dengan manfaat asuransi jiwa yang bisa melindungi Anda dari berbagai resiko, jika Anda memiliki asuransi mobil pun bisa memberikan Anda banyak manfaat menyeluruh terhadap aset yang dimiliki yaitu kendaraan roda empat. 

  • Membiayai perbaikan mobil jika terjadi kerusakan 

Manfaat asuransi kendaraan yang pertama yaitu sebagai pelindung untuk pemilik mobil atas kerugian dengan mengcover biaya perbaikan yang diperlukan, mulai dari kerusakan karena kebakaran, perbuatan jahat, ketika berada di atas kapal dan lainnya. 

Pada umumnya, perusahaan asuransi sudah bekerja sama dengan banyak bengkel, mulai dari bengkel authorized maupun rekanan yang ada di berbagai daerah di Indonesia. 

Selama dokumen yang diberikan telah lengkap, klaim asuransi dapat dilakukan secara cepat dengan membuat Surat Perintah Kerja (SPK) ke bengkel pada hari yang sama sesudah lapor klaim. 

  • Memberikan perlindungan untuk mobil dari resiko kecelakaan

Pastinya semua orang tidak ingin mengalami kecelakaan lalu lintas ketika berkendara. Tetapi, demi proteksi sedari dini, asuransi mobil sangat penting untuk Anda miliki. Dengan begitu, perbaikan kendaraan setelah kecelakaan bisa tergantikan dengan besar atau kecilnya jenis kerusakan. 

Selain itu, perlindungan inipun mencakup kerusakan karena benturan, tabrakan, tergelincir, terbalik sampai mobil terperosok. Dengan memiliki asuransi mobil, Anda tidak perlu khawatir dengan semua hal tersebut, bukan? 

  • Memberi perlindungan bila terjadi kehilangan karena pencurian 

Resiko kehilangan mobil karena pencurian mungkin akan menimpa Anda kapan saja dan dimana saja. Manfaat asuransi mobil seperti penggantian unit baru dapat Anda peroleh sesuai dengan produk asuransi yang Anda pilih. 

Saat proses pengajuan untuk klaim mobil hilang, Anda dapat mendukungnya dengan memberikan bukti CCTV dan juga bukti lainya. Lalu, bukti-bukti tersebut pun bisa dipakai menjadi bahan laporan ke polisi. 

  • Mengurangi pengeluaran dan membantu merencanakan keuangan 

Anda tidak ingin rugi karena resiko kerusakan sampai kehilangan yang bisa saja terjadi? Apalagi saat tabungan Anda terbatas dan tidak memiliki dana darurat yang cukup. 

Biaya mendadak yang satu ini kerap kali membuat Anda pusing sebab rencana pengeluaran keuangan yang telah disusun sebelumnya menjadi terganggu. Oleh sebab itu, berikan proteksi untuk mobil kesayangan Anda dengan asuransi. 

Dengan Anda mempunyai asuransi mobil, maka Anda dapat terlepas dari beban biaya tambahan yang bisa saja dikeluarkan sewaktu-waktu. Dengan begitu, pengeluaran keuangan yang telah Anda rencanakan tidak terganggu dan keadaan finansial pun bisa lebih stabil. 

  • Memberikan rasa aman dan tenang 

Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapatkan jika memiliki asuransi mobil ini yaitu Anda tidak perlu merasa cemas memikirkan biaya yang perlu ditanggung sebab pihak asuransi yang akan membayar biaya tersebut berdasarkan polis yang berlaku. 

Dengan rasa aman dan tenang, tidak akan ada lagi kekhawatiran ketika berkendara sebab Anda telah terlindungi bila terjadi hal-hal yang buruk. Tetapi, Anda tetap harus ingat untuk selalu berhati-hati ketika berkendara demi keselamatan diri dan pengguna jalan yang lainnya, ya! 

Nah, sekarang Anda sudah mulai paham dengan manfaat yang dimiliki asuransi mobil? Apakah Anda berminat untuk memilikinya? Jika iya, maka Anda harus memilih asuransi yang tepat dan terpercaya. Hal ini dilakukan supaya Anda terhindar dari penipuan yang bisa merugikan. Beberapa asuransi mobil terbaik seperti BCA, Adira, Tugu Insurance, Raksa dan lainnya. Selamat mencoba!

You may also like