Home Perencanaan Pengertian Asuransi Kecelakaan dan Manfaat yang Diberikan

Pengertian Asuransi Kecelakaan dan Manfaat yang Diberikan

by Mas Abadi
pengertian asuransi kecelakaan

Pengertian asuransi kecelakaan yaitu sebuah produk keuangan yang melindungi para nasabahnya dengan sejumlah dana jika mereka mengalami kecelakaan dan harus diberikan perawatan di rumah sakit. Sedikit berbeda dengan asuransi kesehatan pada umumnya. Jika asuransi kesehatan menyediakan jaminan ke para nasabahnya walaupun kecelakaan tidak terjadi saat menuju ke kantor atau di tempat kerja.

Untuk asuransi kecelakaan ini menyediakan jaminan perawatan jika terjadi kecelakaan. Itulah perbedaannya dengan asuransi kesehatan. Saat terjadi kecelakaan pada Anda, asuransi tidak dapat mengcover biaya dari dampak kecelakaan. Lain hal nya dengan asuransi kecelakaan yang bisa mengcover biaya rawat jalan maupun rawat inap yang karena kecelakaan.

Dampak yang ditimbulkan dari setiap kecelakaan mempunyai perlindungan yang berbeda-beda. Tetapi, pada dasarnya seluruh cedera, cacat permanen, sampai kematian tetap akan mendapatkan proteksi finansial dari asuransi kecelakaan ini. Terdapat kategori luka yang bisa di cover oleh asuransi seperti luka baret atau lecet, patah tulang, luka terkena benturan keras, luka bakar, luka di gigi, luka di mata, resiko amputasi hingga kematian.

Manfaat dari Asuransi Kecelakaan yang Harus Diketahui

Untuk para pekerja lapangan yang mempunyai resiko tinggi saat bekerja maka harus memproteksi diri dengan asuransi kecelakaan. Proteksi pada karyawan atau pekerja ini bukan hanya di dalam area kerja saja, namun mulai dari berangkat kerja dari rumah sampai ke kantor, begitu juga sebaliknya.

Asuransi kecelakaan bermanfaat sekali demi menghindari kerugian keuangan yang sangat besar bila Anda mengalami kecelakaan. Jika Anda menjadi kepala keluarga yang memberikan nafkah, pastinya wajib sekali untuk memberikan keamanan kepada diri Anda dan keluarga. Untuk itu, menjadi seorang kepala keluarga, maka Anda sudah harus dilindungi oleh asuransi kecelakaan dan asuransi jiwa.

asuransi mobil

Apabila Anda juga menjadi tulang punggung keluarga, berarti keluarga sangat menggantungkan hidupnya kepada Anda. Misalnya orang tua, istri, dan anak-anak yang menjadi tanggungan Anda. Dengan demikian, Anda harus memiliki asuransi kecelakaan untuk memberikan rasa aman kepada keluarga. Premi pada asuransi kecelakaan terbilang lebih murah daripada resiko kecelakaan yang didapatkan nantinya.

Dengan memiliki asuransi kecelakaan ini Anda tidak perlu lagi kebingungan untuk membayar biaya rawat jalan maupun rawat inap ketika mengalami kecelakaan. Pastinya asuransi kecelakaan ini memberikan banyak manfaat untuk Anda seperti penanganan yang baik, ambulan, santunan kematian, dan bisa mengcover biaya pengobatan dengan jumlah limit yang telah ditentukan.

Apabila tidak ada klaim hingga jangka waktu yang sudah disepakati, terdapat sejumlah produk asuransi kecelakaan yang menyediakan bonus hingga 75 persen. Manfaat asuransi ini tidak hanya bisa dirasakan oleh Anda saja, tetapi keluarga juga bisa merasakannya. Apabila Anda meninggal dunia akibat kecelakaan, maka ahli waris akan menerima pertanggungan dengan jumlah yang besar sekali.

Uang pertanggungan tersebutlah yang menjadi jaminan untuk keluarga supaya bisa tetap melanjutkan hidup seperti biasanya bila Anda mengalami kematian karena kecelakaan. Jika kepala keluarga meninggal dunia tidak hanya meninggalkan kesedihan saja, namun juga kehilangan orang yang menafkahi keluarga.

Untuk itu, jika Anda memiliki asuransi kecelakaan, penghasilan keluarga dapat dilindungi untuk jangka waktu tertentu. Uang santunan tersebut dapat diberikan berupa santunan secara penuh atau santunan bulanan, hal tersebut tergantung yang tertera pada polis asuransi.

Syarat dan ketentuan yang Harus Disanggupi

  • Usia min 16 tahun hingga 55 tahun
  • Jika tertanggung mempunyai hobi di kelas tinggi, maka mereka harus masuk dalam kelas yang tertinggi juga
  • Jaminan berlaku hanya untuk WNI/WNA yang berada di Indonesia
  • Jumlah uang pertanggungan dilihat berdasarkan kewajaran

Dokumen untuk Mengajukan Klaim

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi polis atau memberikan polis asli
  • Fotokopi kwitansi dari rumah sakit, apotek, lab dan tempat saat menjadi perawatan
  • Formulir pengajuan klaim dengan berita acara kecelakaan
  • Dokumen yang relevan

Cara Mendaftar

Untuk melakukan pengajuan asuransi kecelakaan, Anda harus mengisi formulir dari asuransi yang dipilih dan ikuti seluruh tahapannya. Biasanya akan ada beberapa data yang diminta seperti jenis pekerjaan, usia, hobi beresiko tinggi, riwayat kesehatan, dan pendapatan untuk mengetahui nilai pertanggungan.

Saat ini Anda bisa mengajukan asuransi melalui internet, hanya dengan mengunjungi website nya saja. Tetapi, jika Anda merasa kebingungan, Anda bisa datang langsung ke kantor asuransi yang dipilih untuk melakukan pendaftaran.

Daftar Vendor Asuransi Kecelakaan

  • Jasa Raharja
  • Commonwealth Life
  • Prudential
  • Zurich
  • ACE Group
  • AXA Group
  • Asuransi Kecelakaan Waha Tata
  • Cigna
  • Sinar Mas
  • Tokio Marine
  • AIG Direct

Nah, itulah pengertian asuransi kecelakaan dan sejumlah manfaat yang bisa didapatkan jika Anda memiliki asuransi kecelakaan. Tentunya semua orang berharap tidak terjadi apapun saat bekerja. Tetapi, tidak ada salahnya jika Anda membuat asuransi kecelakaan sejak dini.

You may also like