Home Perencanaan Pengen Kuliah di Universitas Gunadarma? Cek dulu Biaya Kuliah di Gunadarma Berikut

Pengen Kuliah di Universitas Gunadarma? Cek dulu Biaya Kuliah di Gunadarma Berikut

by Greg Pascal
Biaya Kuliah di Gunadarma

Biaya Kuliah di Gunadarma – Pendidikan adalah salah satu hal dipandang cukup penting untuk masyarakat Indonesia. Semua orang ingin mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, baik itu negeri maupun swasta. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa menikmatinya. Salah satu hal yang biasanya menjadi pertimbangan dan halangan adalah soal biaya. 

Untuk itu, kami di sini akan mencoba membahas terkait biaya kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta yang cukup favorit untuk masyarakat yaitu Universitas Gunadarma. 

Universitas Gunadarma adalah perguruan tinggi swasta yang berdiri sejak 7 Agustus 1981. Prestasi yang dimiliki perguruan tinggi swasta ini juga cukup mumpuni. Pada tahun 2014 lalu, Universitas Gunadarma berhasil mendapatkan peringkat sebagai PTS terbaik versi Webmetrics untuk edisi bulan Januari tahun 2014

Saat ini, universitas tersebut berdiri dengan total 6 fakultas di dalamnya yaitu Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra. 

Universitas Gunadarma memberikan fasilitas gedung yang cukup lengkap, ada 167 ruang untuk kuliah yang disebar di kampus A hingga kampus J dan fasilitas gedung lainnya yang meliputi perpustakaan, laboratorium, ruang seminar, pusat kegiatan mahasiswa, BPM, ruang rapat, ruang tunggu dosen, ruang konsultasi akademik, koperasi, ruang kerja pimpinan dan karyawan, mushola, masjid, dan lapangan olahraga. 

Pendaftaran Universitas Gunadarma

Sebelum masuk ke pembahasan soal biaya, ada baiknya kita bahas dulu soal pendaftarannya. Untuk bisa berkuliah di Universitas Gunadarma, anda harus melakukan pendaftaran lebih dulu. Ada tiga jalur seleksi yang bisa anda ikuti yaitu reguler dan PMDK dan SPMB. 

  • Jalur Reguler 

Jalur reguler adalah jalur masuk Universitas Gunadarma yang melalui tes tertulis. Tes tertulis tidak terbatas hanya untuk lulusan tahun ini, lulusan tahun kemarin pun bisa mendaftar. Jalur reguler diadakan sendiri oleh kampus terkait. 

  • Jalur PMDK

Lalu, Jalur PMDK adalah jalur yang diperuntukkan khusus untuk siswa – siswi berprestasi. Jalur pendaftaran ini hanya bisa diikuti oleh siswa – siswi yang lulus pada tahun ini. Cara seleksinya tidak menggunakan tes tertulis, namun menggunakan rapor. 

  • Jalur SPMBN 

Yang terakhir adalah jalur SPMB. Jalur SPMB adalah jalur seleksi yang diadakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN). Tata cara P-SPMBN mirip seperti jalur reguler yaitu dengan mengadakan tes tertulis. Siswa yang boleh mendaftar pun tidak hanya untuk yang lulus tahun ini, namun juga tahun kemarin. 

Pendaftaran jalur SPMB telah dibuka pada tahun ini. Pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi website penerimaan.spmb.or.id

Biaya Kuliah di Gunadarma

Baca Artikel Selanjutnya :

Biaya Universitas Gunadarma

Sebelum memasuki dunia perkuliahan, tentu kita harus mempertimbangkan biayanya lebih dulu. 

Biaya kuliah di Universitas Gunadarma sendiri dibedakan menjadi 3 jenis yaitu biaya SKS, Uang Sumbangan Pembangunan (USP), dan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP). 

Sedangkan untuk USP di Universitas Gunadarma dibedakan menjadi 3 kategori (grade) yaitu , biaya perkuliahan dibedakan menjadi 3 kategori atau  yaitu Grade AA, Grade A dan Grade B. Pembagian grade tersebut didasarkan pada prestasi siswa saat kuliah dan nilai ujian tertulis yang diikuti saat seleksi. 

Berikut adalah penjelasan mengenai 3 kategori grade USP tersebut 

  1. Grade AA: Grade AA adalah grade paling murah dibandingkan dengan grade lainnya. Namun, harus didukung dengan prestasi yang mumpuni juga. Biaya uang gedung untuk grade AA adalah sekitar 6 – 14 juta tergantung pada jurusan dan fakultas yang diambil. 
  2. Grade A: Grade A sedikit lebih malah daripada grade AA. Biayanya sekitar 8 juta -17 jutaan. 
  3. Grade B: Grade B adalah grade dengan biaya uang gedung yang paling mahal yaitu 12 juta hingga 20 juta. 

Biaya – biaya USP di atas tidak harus anda bayarkan cash di awal. Namun, anda bisa mencicilnya bersamaan dengan uang semesteran. 

Untuk biaya SKS sendiri, semua program studi dipukul rata dengan biaya Rp.250.000 per SKS. Sedangkan untuk total SKS yang harus diambil mahasiswa per semester adalah sekitar 18 – 24 sks, kecuali jika sudah tingkat akhir seperti semester 8 dan tinggal mengerjakan skripsi saja. 

Untuk biaya SPP setiap program studi dan jurusan memiliki biaya yang berbeda – beda. Namun jika diambil dari rerata keseluruhan data. Biayanya berkisar di range 2 jutaan.

Khusus untuk prodi D3 yang bergerak di bidang kesehatan, akan dikenakan biaya tambahan seperti ter kesehatan sebesar Rp.350.000, seragam mahasiswa sebesar Rp.2.000.000 dan capping day sebesar Rp.600.000. 

Demikianlah artikel mengenai biaya kuliah di Gunadarma. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk kalian terutama para siswa siswi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

You may also like