Home Belanja Pengeluaran Lebih Terkendali, Yuk Intip Tips Hemat Belanja Bulanan Di Sini

Pengeluaran Lebih Terkendali, Yuk Intip Tips Hemat Belanja Bulanan Di Sini

by Mas Abadi
Belanja Bulanan

Mengelola keuangan yang baik masih menjadi tantangan hingga kini. Kebutuhan bulanan menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi dan terkadang menghabiskan budget yang besar. Padahal jika terlalu berlebihan juga akan mengganggu arus dari keuangan anda. Oleh sebab itu, ada baiknya anda untuk mengintip trik belanja bulanan hemat berikut.

Daftar Belanja Untuk Bulanan Yang Harus Ada

Kebutuhan bulanan setiap orang tentu akan berbeda, tetapi secara garis besar masihlah sama. Kebutuhan mereka yang memiliki keluarga dengan yang masih hidup sendiri tentunya akan berbeda. Bahkan orang yang berkeluarga yang memiliki anak kecil dan yang belum ada anak juga akan berbeda. Untuk itu, sebenarnya apa saja yang wajib ada dalam list belanja tiap bulan?

Bahan makanan, bahan makanan menjadi kebutuhan utama yang harus ada setiap kali anda berbelanja. Di dalamnya tentu sangat beragam, mulai dari beras, minyak, telur hingga bumbu untuk memasak. Kebutuhan akan dapur ini wajib hukumnya, terutama bagi anda yang memasak sendiri. Bagi yang tidak sering memasak , mie instan hingga telur rasanya tak bisa absen.

Selain bahan makanan, di dalam kebutuhan bulanan juga termasuk perlengkapan mandi. perlengkapan mandi bisa berupa sabun, sampo, pasta gigi hingga sikat gigi. Tentunya kebutuhan mandi perempuan dan laki laki juga akan berbeda. Tetapi tetap saja, semuanya membutuhkannya untuk membuat tubuh bersih.

Dalam daftar belanja bulanan juga termasuk kebutuhan kecantikan. Seperti facial foam, cream perawatan hingga kebutuhan body care. Anda juga tidak bisa melupakan kebutuhan bebersih, seperti deterjen ataupun pengharum ruangan. Obat obatan juga harus masuk ke dalam keranjang, karena nantinya berguna untuk memberikan pertolongan pertama ketika sakit.

Kebutuhan bulanan tersebut juga akan semakin banyak jika di rumah jumlah keluarga banyak. Apabila memiliki bayi, maka kebutuhan bayi juga masuk dalam anggaran. Ditambah dengan peralatan pembersih rumah yang dalam beberapa waktu juga perlu diganti. Semua kebutuhan bulanan yang disebutkan harus dirinci agar tak ada yang tertinggal.

Trik Jitu Untuk Mengatur Belanja Setiap Bulan

1. Tulis Semua Daftar Belanjaan

Setelah mengetahui kebutuhan anda, maka saatnya anda menulisnya. Dengan daftar belanjaan, maka akan memudahkan untuk belanja dan bisa membuat anda lebih hemat. Sebab jika anda berangkat tanpa catatan, maka anda bisa belanja dengan mengandalkan ingatan serta keinginan anda.

Dalam menulis daftar ini, anda bisa sekalian mengecek apakah memang sudah habis. Siapa tahu ternyata masih ada stok di rumah, sehingga anda bisa membeli dalam ukuran yang lebih kecil atau membeli di bulan depan. Cara belanja hemat satu ini terbilang cukup manjur, karena bisa mengurangi pengeluaran.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengulik istilah COD (cash on delivery) Dalam Jual Beli Online

2. Bandingkan Harga

Belanja Bulanan

Untuk bisa mendapatkan harga yang paling murah, anda perlu untuk membandingkan harga di tempat belanja satu dan lainnya. Hal ini juga berlaku untuk anda yang gemar belanja secara online. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan harga paling murah dengan kualitas yang sama. Apalagi jika sedang ada promo, tentu sisa budget bisa dialokasikan ke yang lain.

3. Belanja di Pasar Tradisional

Belanja di pasar tradisional juga bisa dijadikan langkah untuk lebih hemat. Harga yang ditawarkan di pasar tradisional akan lebih murah. sebab, tidak ada pajak yang harus dibayarkan berbeda dengan supermarket atau mall. Selain itu, anda juga bisa nego harga dengan pedagang. Soal kualitas tak usah ragu, sebagian di pasar juga di jual di minimarket.

4. Meminimalisir Penggunaan Kartu Kredit

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, banyak orang yang lebih senang menggunakan dompet digital atau kartu kredit. Alasannya akan lebih praktis dibandingkan menggunakan uang cash. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena tak jarang justru tidak bisa mengontrol pengeluaran. Terutama untuk anda yang menggunakan pay later ataupun kartu kredit.

Adanya potongan harga jika berbelanja sekian ribu, akan membuat anda belanja lebih banyak. Bisa saja ternyata barang yang anda beli tidak begitu dibutuhkan. Belum lagi adanya potongan administrasi yang juga akan dikenakan kepada anda. satu dua kali transaksi memang tak banyak pengaruh, bayangkan jika setiap transaksi?

5. Tidak Belanja Dengan Anak Kecil

Mengajak si kecil berbelanja memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Tetapi anda perlu tahu, jika budget sedang pas pasan mengajak si kecil justru akan membuat pengeluaran membengkak. Karena si kecil bisa saja meminta sesuatu yang berakhir merengek jika tidak dituruti. Padahal keinginan anak biasanya tak masuk di daftar belanja bulanan anda.

Demikian beberapa trik yang bisa anda praktekkan untuk menghemat pengeluaran belanja bulanan. Trik tersebut sangat membantu ketika anda ingin berhemat atau sedang dalam kondisi pas pasan. Pastikan juga untuk selalu mencatat pengeluaran dan pemasukan agar mudah untuk melacak keuangan anda. Selain itu berhemat juga menjadi langkah yang paling pas.

 

You may also like