Home Bisnis Pemula Wajib Tahu! Berikut Perkiraan Modal Usaha Laundry Kiloan

Pemula Wajib Tahu! Berikut Perkiraan Modal Usaha Laundry Kiloan

by Mas Abadi
modal usaha laundry

Beberapa tahun belakangan ini, usaha untuk mencuci baju atau laundry terbilang cukup populer. Hal ini karena dalam menjalankan usaha tersebut, Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus. Maka dari itu, banyak orang yang memulai usaha ini sebagai pilihan. Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis ini, berikut perkiraan modal usaha laundry kiloan yang bisa dijadikan referensi!

Kenali Terlebih Dahulu Kelebihan dan Kelemahan Bisnis Laundry

Sebelum memulai usaha, tentunya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan juga kekurangan dari bisnis tersebut. Mengingat usaha ini merupakan jenis usaha yang sederhana, maka setiap orang pasti bisa melakukannya. Tak ayal jika persaingan dari usaha ini cukup ketat yang membuat Anda membutuhkan strategi tertentu.

Selain itu, bagi Anda yang baru saja memulai usaha ini dan tidak mengandalkan mesin cuci dengan pengering khusus, maka perlu mengkhawatirkan dari segi cuaca. Tak berhenti sampai di situ saja, Anda perlu memperhitungkan dari segi ruang. Sebab, usaha laundry akan membutuhkan space yang cukup luas untuk menampung mesin cuci, area jemur, setrika, dan pengepakan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Pasalnya, hal ini bisa diakali dengan beberapa cara. Salah satunya yaitu dengan menyediakan ruangan khusus untuk digunakan usaha tersebut. Meskipun terbatas, Anda bisa memulai usaha lebih baik karena tersedianya space untuk melakukan semua proses laundry.

Usaha yang satu ini juga memiliki sisi keuntungan bagi pelaku usaha. Pasalnya, laundry akan selalu dibutuhkan bagi banyak orang, sehingga tak heran jika selalu dicari. Selain itu, usaha ini juga tidak menuntut Anda untuk memiliki pengalaman atau keahlian khusus. Siapa pun bisa memulai usaha ini, asalkan konsisten dalam menjalankan bisnis laundry.

Perkiraan Biaya atau Modal Untuk Memulai Bisnis Laundry Kiloan

Bisnis laundry kiloan menjadi salah satu ladang usaha yang cukup digemari banyak orang. Bahkan sepanjang mata memandang, Anda bisa dengan mudah menemukan usaha yang satu ini. Bisnis laundry memang terbilang cukup menjanjikan, terutama jika Anda tinggal di daerah yang dekat perkantoran atau kampus.

Untuk memulai usaha yang satu ini pun modalnya tidak terlalu banyak. Cukup menyediakan modal usaha berkisar 4 jutaan saja, Anda sudah bisa memulai bisnis laundry. Dengan biaya tersebut, Anda sudah dapat membeli mesin cuci standar yang disertai dengan pengering, timbangan, detergen, pewangi, serta peralatan untuk menjemur baju.

Baca Artikel Selanjutnya : Apa Itu Bisnis Canva ? Cari Tahu Pengertian dan Cara Kerjanya Disini!

Peralatan Bisnis Laundry Yang Wajib Disiapkan

modal usaha laundry

1. Mesin Cuci

Mesin cuci menjadi peralatan di urutan pertama yang wajib dimiliki untuk memulai bisnis laundry, Ada berbagai macam mesin cuci yang dapat dipilih, mulai dari top load hingga front load. Setiap mesin cuci memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan model usaha yang ingin dikembangkan.

2. Detergen dan Pewangi Pakaian

Setiap pelanggan tentunya menginginkan pakaiannya bersih dan wangi setelah dicuci. Oleh karena itu, pastikan untuk menyediakan stik sabun cuci dan pewangi pakaian dengan lengkap. Untuk memberikan pelayanan terbaik, Anda bisa menyediakan beberapa varian pewangi yang disukai pelanggan. Dengan begitu, pelanggan bisa lebih puas menggunakan jasa laundry.

Namun sebelum menentukan sabun cuci mana yang harus digunakan untuk bisnis laundry kiloan, ada baiknya meminta sampel terlebih dahulu. Lakukan uji coba pada detergen tersebut agar tidak merusak pakaian. Hal ini penting dilakukan sebelum memulai usaha laundry daripada menghadapi kerugian akibat merusak pakaian pelanggan.

3. Pengering

Setiap mesin cuci pada umumnya memang sudah dilengkapi dengan fitur pengering. Namun, agar kegiatan bisnis laundry lebih lancar dan baik, sebaiknya menyiapkan alat pengering. Tak hanya itu saja, mesin pengering juga dapat membantu Anda dalam menyelesaikan pesanan dalam waktu yang lebih cepat.

4. Jemuran dan Penjepit Jemuran

Bagi Anda yang memiliki modal terbatas dan hanya bisa mengandalkan panas matahari sebagai pengering, maka jemuran dan hanger tidak boleh dilupakan. Perlengkapan ini menjadi must-have item untuk bisnis laundry kiloan rumahan. Pastikan menggunakan hanger jemuran kawat atau stainless steel agar awet digunakan.

5. Setrika dan Papan Setrika

Setrika juga menjadi perlengkapan yang tidak boleh dilupakan untuk membuka bisnis laundry kiloan. Tanpa adanya setrika, hasil cucian pakaian pelanggan tidak akan sempurna. Selain itu dengan menyetrika, membantu Anda membuat hasil cucian lebih higienis. Sebab, panas dari setrika mampu mematikan kuman dan bakteri yang menempel ketika dijemur.

6. Timbangan

Jika Anda berniat untuk membuka bisnis laundry kiloan, maka timbangan merupakan perlengkapan wajib. Tanpa adanya timbangan, tentunya Anda akan kesusahan dalam menentukan besaran tarif jasa laundry. Untuk itu, siapkan timbangan yang presisi, seperti jenis digital atau konvensional.

Sebelum memulai bisnis laundry kiloan, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa aspek. Mulai dari kelebihan, kelemahan, strategi usaha, hingga modal usaha laundry yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan bisnis lebih mudah dan lancar tanpa adanya kendala. Bahkan Anda dapat meraup keuntungan yang sebesar besarnya.

You may also like