Home Bisnis Pemasaran Ala K-pop yang Bisa Ditiru Untuk Usaha

Pemasaran Ala K-pop yang Bisa Ditiru Untuk Usaha

by Mas Abadi

Tidak dapat dipungkiri bahwa K-pop sudah banyak menguasai pasar dunia. Melalui grup atau solo musik dengan label ternama. Ketenaran dan kesuksesan K-pop ini pastinya tidak akan berhasil dengan cara pemasaran yang biasa-biasa saja. 

Bisa kita lihat, bahwa apapun yang rilis oleh K-pop akan selalu viral dan trending topik, hal ini pasti tidak akan lepas dengan bagaimana cara mereka memasarkan musik hits korea. Nah, gimana sih pemasaran ala K-pop yang bisa kamu tiru untuk usaha.

Memanfaatkan Sosial Media

Seperti banyak diketahui, bahwa K-pop biasanya memberikan segala informasi talent nya di platform sosial media. Tidak hanya sebagai alat untuk promosi dan informasi, sosial media juga berfungsi untuk membentuk branding grup K-pop dengan baik. Sehingga para penggemar bisa dengan mudah mengakses segala yang ingin mereka ketahui tentang idolanya dengan mudah. 

Strategi pemasaran ini yang bisa kamu tiru untuk usaha apapun, dengan menggunakan sosial media sebagai alat untuk mengenalkan produk kepada orang banyak. Kamu bisa mulai menunjukkan bisnis di platform sosial media seperti instagram, twitter, Facebook, Youtube dan yang lainnya. 

Membuat Sesuatu Yang Bikin Penasaran

Kebanyakan K-pop seperti boyband atau girlband membuat teaser terlebih dahulu sebelum mengeluarkan single baru. Hal demikian adalah cara mereka untuk membuat penggemar K-pop penasaran dengan apa yang akan dikeluarkan. Biasanya mereka akan merilis sedikit demi sedikit cuplikan tersebut bahkan jauh sebelum single aslinya dirilis utuh. Tentu cara ini sangat efektif untuk membuat orang-orang antusias menunggu single yang akan keluar. 

Bukan hanya single lagu K-pop, kamu juga bisa tiru cara pemasaran ini. Misalnya kamu akan membuat produk baru, kamu bisa memuat foto-foto menarik potongan dari produk kamu dan upload di sosial media. Ini akan membuat orang-orang akan penasaran sama produk yang akan kamu rilis. Produk kamu bisa dari bidang fashion sampai makanan. 

Memanjakan Fans

Kamu sering melihat atau bahkan merasakan sendiri, bahwa K-pop biasanya sering membuat semacam hadiah dengan tanda tangan yang diberikan oleh idolanya. Biasanya bisa dalam produk baju, topi dan aksesoris lainnya. Biasanya fans akan sangat senang bila mempunyai barang-barang yang berkaitan dengan idolanya. 

Nah, usaha kamu juga bisa kok. Kamu bisa memanjakan para pelanggan dengan memberikan banyak promo sepet diskon atau gift yang mereka akan dapatkan dari berbagai macam pembelian dari produk yang kamu jual. Meskipun berbeda dengan konsep K-pop yang menjualkan produk terkait dengan idolanya. Tetapi cara ini sama-sama bertujuan untuk memanjakan konsumen. 

Memaksimalkan Kualitas

Apapun yang dipasarkan oleh K-pop tidak pernah mengecewakan. Karena segala konten yang mereka keluarkan dibuat dengan semaksimal dan sematang mungkin. Kualitas yang maksimal ini bisa terlihat dari koreo tarian yang mereka pakai tidak asal-asalan. Biasanya butuh waktu berbulan-bulan untuk menjadikan tarian mereka mempunyai nilai yang sempurna. 

Teknik yang bisa kamu tiru jelas bukan pada kualitas koreografi tarian mereka, tetapi pada proses lama yang mereka tekuni untuk mendapatkan suatu hal yang maksimal. Jangan sampai produk yang kamu miliki terkesan asal-asalan sehingga akan membuat usaha kamu jadi tidak berkualitas bagi konsumen. 

Merilis Single atau Album yang Tepat

K-pop biasanya memiliki waktu rilis yang tepat sehingga pengeluaran single atau albumnya bisa dapat menembus trending topic. K-pop akan merilis lagu dengan jangka waktu yang panjang. Hal ini membuat para penggemar tidak cepat bosan dengan karya-karya k-pop. Selain itu, merilis lagu dengan jangka waktu yang panjang akan membantu mereka untuk mempunyai waktu dalam menyusun strategi promosi. 

Dengan kamu merilis produk terlalu sering, akan membuat pelanggan pusing untuk memilih produk mana yang tepat untuk mereka. Kamu bisa mengeluarkan produk sesuai dengan trend yang sedang berkembang. Selain itu juga kamu bisa menghabiskan stok produk kamu sebelum mengeluarkan produk baru. 

Pemasaran Internasional

Pasti kamu sering melihat grup atau artis K-pop idolamu merilis lagu dengan mencampurkan berbagai macam bahasa. Salah Satu yang sering dipakai adalah Inggris. Tentu tujuan dari hal ini adalah target pemasaran yang mereka rencanakan bukan hanya untuk Korea saja, tetapi untuk kancah internasional. Hal ini efektif dilakukan karena bahasa Inggris tentu akan banyak dipahami oleh berbagai negara. 

Kamu bisa membuat usaha yang sedang kamu jalani juga memiliki pemasaran internasional loh. Dengan menerapkan cara yang sama yaitu memakai bahasa Inggris untuk promosi. Di Indonesia sendiri, nama-nama produk dengan bahasa asing lebih banyak diminati. 

Kolaborasi Dengan Brand Terkenal

Sering melihat K-pop berkolaborasi dengan brand brand terkenal seperti, Nike, Apple dan masih banyak lainnya? Dengan berkolaborasi inilah mereka mendapatkan pasar baru dalam mempromosikan karya mereka. 

Kamu juga bisa menirunya dengan berkolaborasi dengan brand-brand yang memungkinkan akan menambah pelanggan baru. Misalnya seperti produk fashion yang berkolaborasi dengan produk make-up. 

Nah, gimana pemasaran ala K-pop ini, bisa kamu jadikan referensi untuk ditiru dalam menjalankan kan usaha yang sedang kamu rinitis nih. Siapa tahu, kesuksesan yang K-pop punya juga bisa nular ke kamu ya. 

 

You may also like