Home Bisnis Peluang Usaha Dengan Modal 10 Juta Rupiah

Peluang Usaha Dengan Modal 10 Juta Rupiah

by Mas Abadi
peluang usaha baru

Dengan modal 10 juta, Anda juga dapat melakukan investasi pada beberapa produk. Misal berinvestasi emas atau pada bursa saham. Jika Anda termasuk yang takut gagal dalam sebuah usaha, memilih melakukan investasi sebenarnya adalah cara aman menyimpan uang. Karena dengan investasi, terutama berinvestasi emas memiliki resiko paling rendah.

Namun, bila Anda memiliki tekad yang kuat dan menginginkan berjuang dari bawah. Maka, membuka usaha nyata merupakan pilihan tepat, Anda hanya harus melakukan beberapa persiapkan sebelum memulai usaha.

Langkah awal untuk memulai usaha

Untuk membuat sebuah usaha tidak hanya memerlukan modal, tetapi juga harus membuat sebuah perencanaan yang matang dan tekad yang kuat, begitu Anda sudah masuk kedalam dunia usaha atau bisnis berarti sudah siap dengan segala resikonya.

1. Sesuai dengan minat dan ambisi

Pilih usaha yang sesuai minat, dengan begitu Anda dapat menjalankan usaha tersebut dengan semangat dan harus berambisi agar dalam mengelola usaha selalu merasa tertantang, dengan begitu Anda akan selalu mengeluarkan inovasi-inovasi baru.

2. Mempelajari tentang bidang yang diminati

Pelajarilah usaha yang Anda minati tersebut, baik dari segi tren saat ini, cara pengelolaan, saingan terbesar dan lain sebagainya. Dengan begitu jika sudah mengerti, Anda akan dengan mudah menentukan target pasar, bagaimana strategi pengembangannya dan lain-lain.

3. Harus disiplin, komitmen dan teliti

Disiplin, teliti dan komitmen. Ketiga komponen ini tidak boleh dilupakan untuk Anda lakukan. Suatu usaha dapat maju serta berkembang karena adanya kedisiplinan, komitmen dan ketelitian saat mengelolanya.

4. Konsepnya harus tepat

Jangan salah konsep, misal Anda ingin membuka sebuah cafe dengan konsep pedesaan, berarti dimulai dari menu sampai dengan desain interior juga harus sesuai. Biasanya jika Anda dapat mempertahan konsep tersebut dengan baik, akan ada orang-orang yang tertarik untuk menjadi investor ditempat usaha Anda.

5. Bangunlah relasi

Kenapa harus membangun relasi? Karena ini dibutuhkan untuk mengembangkan usaha Anda agar lebih banyak orang yang mengetahuinya. Hal ini dapat dilakukan dengan bergabung pada satu kelompok atau lembaga yang mempunyai usaha pada bidang yang sama.

Selain itu Anda juga bisa mencoba untuk join dengan grup-grup bisnis pada media sosial, perti facebook atau lainnya. Disana tentunya Anda bisa sharing mengenai usaha yang tengah Anda rintis saat ini.

Sudah menemukan minat yang diinginkan, mempelajari bidang tersebut lebih dalam, sudah menemukan konsep yang tepat bagi usaha Anda. Selanjutnya Anda hanya harus berkomitmen dengan semua yang sudah dimulai.

Ide usaha dengan modal awal 10 juta

Apabila Anda masih bingung karena masih belum menemukan usaha yang tepat, mungkin Anda dapat memilih salah satu usaha yang akan kami rekomendasikan. Tentu saja usaha-usaha ini sesuai dengan modal usaha yang Anda miliki.

1. Laundry

Usaha laundry saat ini cukup berkembang, apalagi jika disekitar rumah banyak kost-kostan. Tentu peluang ini jangan sampai dilewatkan. Patoklah dengan harga yang tidak terlalu tinggi per kilonya, namun untuk bed cover atau selimut, bisa diberi harga sedikit lebih mahal.

2. Fotocopy

Membuka usaha fotokopian di perkampungan juga bukan hal buruk, apalagi harga mesinnya sendiri saat ini sudah banyak yang murah. Selain itu pasti akan lebih menguntungkan, karena belum banyak yang melakukan bisnis ini.

3. Petshop dan Grooming

Untuk Anda yang menyukai hewan, membuka petshop dan usaha grooming juga bisa menjadi pilihan. Buatlah petshop di rumah terlebih dahulu, buat promosi jika Anda menerima jasa antar sampai rumah. Untuk grooming, buatlah pemberitahuan bahwa Anda bisa antar dan jemput hewan yang akan dimandikan atau bisa langsung di rumah klien. 

4. Usaha tanaman hias

Saat ini banyak sekali orang yang sedang menggemari merawat tanaman hias, peluang yang baik untuk membuka sebuah usaha tanaman hias. Anda bisa mencari bibitnya secara online atau mendatangi beberapa penjual secara langsung. 

Untuk lokasi, Anda menyewa tempat di lokasi yang strategis. Dengan modal 10 juta yang Anda miliki, sudah cukup untuk membeli bibit dan beberapa tanaman hias dan menyewa satu tempat, tidak perlu besar setidaknya bisa untuk menyimpan tanaman-tanaman tersebut.

5. Membuka usaha catering

Membuka usaha makanan bagi Anda yang menyukai bidang masak tentu pilihan yang tepat, sama seperti usaha laundry, usaha catering juga pasti akan dilirik banyak konsumen. Apalagi jika Anda membuka usaha catering khusus bagi karyawan atau khusus untuk catering kesehatan.

Dari ide bisnis di atas adakah yang sesuai dengan minat? Bila ada mulailah untuk melakukan perencanaan, bagi modal usaha 10 juta Anda dengan baik agar tidak terjadi kesalahan, pastikan pembagian untuk membeli bahan baku, keperluan usaha, akomodasi dan lainnya dengan teliti. Bila perlu pisahkan juga untuk dana darurat.

You may also like