Home Karier Peluang Karir bagi Kamu yang Baru Lulus dari Jurusan Bisnis Pariwisata

Peluang Karir bagi Kamu yang Baru Lulus dari Jurusan Bisnis Pariwisata

by Mas Abadi

Dunia pariwisata saat ini sedang berkembang dan terus mengalami kemajuan. Hal itu juga didukung dengan sudah tersedianya fasilitas pendidikan yang berfokus pada kepariwisataan. 

Melihat kepariwisataan saat ini, kamu tidak perlu ragu untuk terus melanjutkan perkuliahan di jurusan pariwisata. Sebab, pariwisata ada di setiap daerah dengan segala kearifan dan kreatifitas lokalnya. 

Kemampuan seorang lulusan kepariwisataan yang didapat dari mata kuliah yang sudah dikuasai itu, akan membantu dunia pariwisata lebih baik. Pariwisata yang akan semakin berkembang positif jika dijalankan oleh orang-orang yang memang berkompeten di bidangnya. Artinya, jurusan pariwisata memiliki peluang karir yang menjanjikan untuk kamu yang baru lulus. 

Bekerja di Pemerintahan

Peluang yang bisa didapatkan oleh lulusan pariwisata adalah bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Berbagai instansi, seperti dinas pariwisata atau dinas terkait lainnya, membutuhkan tenaga kerja yang ahli di bidang pariwisata. Gaji seorang pegawai pasti sudah dapat kamu perkirakan dengan jenjang karir yang juga menjanjikan. 

Kamu harus bersaing juga dengan lulusan pariwisata dari kampus lainnya untuk mendapatkan pekerjaan ini. Persaingan ini seringnya membutuhkan 1 sampai 3 orang saja dari total ratusan bahkan ribuan orang. 

Peluang sebagai PNS ini akan memberikan kesempatan untukmu merantau sekaligus mengeksplorasi wisata di tempat yang kamu pilih. Peluang karir ini cocok untuk kamu yang lebih senang bekerja di ruang kantor dan memberikan solusi kepariwisataan kepada pemerintah.

Penulis Travel

Kemampuan menulis adalah bagian penting yang bisa kamu manfaatkan setelah lulus dari jurusan pariwisata. Aktivitas traveling ke suatu tempat dan menceritakannya dalam bentuk tulisan adalah pekerjaan yang menyenangkan. Apalagi tulisan yang kamu tulis bukan hanya pengalaman begitu saja, tetapi sebuah tulisan yang dikomposisikan dengan analisis, memanfaatkan ilmu kepariwisataan. Hal ini akan membedakan kamu dengan tulisan perjalanan lainnya. 

Bukan tidak mungkin jika tulisan dan namamu sudah banyak dikenal orang, akan ada hotel atau tempat wisata yang meminta kamu untuk menuliskan bisnis mereka agar lebih banyak peminatnya. Untuk sebuah tulisan saja, kamu bisa dibayar dengan harga yang menggiurkan.

Karir ini bisa mengarahkanmu sebagai penulis travel yang menerbitkan buku. 

Mengelola Tempat Wisata

Setelah lulus dari kuliah, banyak lulusan yang bingung untuk mencari kerja. Kamu yang berasal dari jurusan pariwisata tidak perlu takut. Peluang karir yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai pengelola tempat wisata. Kemampuan mengelola tempat wisata tidak bisa dilakukan sembarang orang. Ilmu kepariwisataan yang kamu dapatkan selama kuliah dapat diaplikasikan pada kawasan wisata yang kamu kelola. 

Kamu juga berkesempatan untuk membuka peluang kerja bagi orang lain. Jika kamu berasal dari suatu daerah yang memiliki potensi untuk dikembangkan, maka itu adalah kesempatan buat kamu memanfaatkan keilmuan pariwisata. 

Apalagi relasi yang kamu punya, memudahkan kamu mencapai target tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. 

Agensi Travel

Peluang karir yang bisa kamu jalankan sehabis kuliah jurusan pariwisata adalah membuka agensi travel. Bagi kamu kerjaan ini pasti tidak asing lagi. Wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu tempat wisata agensi travel yang menawarkan paket yang menarik. 

Kamu yang berasal dari jurusan pariwisata akan lebih memahami hal ini. Kamu bisa mengenalkan wisata beserta dengan budaya dan sosial ekonomi masyarakatnya kepada wisatawan lokal atau mancanegara.

Peluang karir di agensi travel ini juga akan membutuhkan kecakapan public speaking. Sebab kamu akan bertemu langsung dengan wisatawan yang tidak terkira. Persiapkan kemampuan ini dari awal dengan modal pengetahuan tempat wisata yang ada dalam paket tur. 

Asuransi Perjalanan

  Tujuan wisata yang mengharuskan wisatawan untuk melewati rute yang bermacam-macam. Jika berbeda pulau, wisatawan harus menggunakan transportasi udara atau transportasi laut. Berbeda jika tempat tujuan wisata masih satu pulau tetapi letaknya berjauhan, bisa menggunakan transportasi darat. Perjalanan yang menyenangkan juga harus berbarengan dengan rasa aman. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh kamu dengan bergabung dalam perusahaan yang bergerak di bidang asuransi perjalanan. Wisatawan dalam perjalanannya akan memiliki asuransi medis ketika suatu waktu, tanpa diketahui, terjadi kecelakaan. Biasanya asuransi ini akan diberlakukan dalam perjalanan jarak jauh. 

Perhotelan

Jurusan pariwisata juga akrab dengan perhotelan. Kamu bisa melamar di sebuah hotel di bidang yang sedang dibutuhkan, seperti marketing. Kemampuan berbahasa asing, akan mempermudah kamu diterima di sebuah hotel yang memiliki tamu turis.  Keberadaan hotel yang dekat dengan tempat pariwisata membutuhkan kemampuanmu untuk membaca peluang bisnis yang bisa ditawarkan kepada tamu hotel. 

Masih banyak peluang karir lainnya lulusan pariwisata seperti kamu. Pilih peluang yang bisa kamu manfaatkan secara maksimal. Begitu pula, kamu harus bersaing dengan lulusan lainnya untuk mendapatkan posisi terbaik di karir yang kamu inginkan. 

You may also like