Home Bisnis Peluang Bisnis Ekspedisi

Peluang Bisnis Ekspedisi

by admin

Pengiriman barang dan ekspedisi menjadi topik hangat belakangan ini. Tidak dipungkiri Meningkatnya metode jual beli secara online di Indonesia akan membuat  bisnis ekspedisi semakin banyak diminati. Jasa ekspedisi atau jasa untuk mengirim barang dagangan ternama kini semakin diminati masyarakat umum. Tingginya minat belanja online menyebabkan bisnis online mendominasi pemasaran di Indonesia. Meningkatnya hal tersebut juga mempengaruhi jasa ekspedisi, yang mana kebutuhan akan jasa transportasi semakin meningkat. Operasi ekspedisi sedang booming karena tingginya permintaan pengiriman produk ke berbagai daerah. Industri perkapalan sendiri merupakan salah satu perusahaan pelayaran yang bisa meraup untung besar. Bisnis ini berkembang pesat di masyarakat karena banyak yang mengejar bisnis ekspedisi. Tentu saja jika melihat banyaknya jasa ekspedisi yang telah berhasil dilakukan oleh brand besar seperti JNE, makan peluang bisnis ini dibidang ini juga menjadi sangat besar. Jika Anda tertarik untuk memasuki proyek ekspedisi ini, maka untuk memulai perusahaan ekspedisi, Anda memerlukan keterampilan dan kemampuan manajemen. Memasuki ekspedisi itu sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Dibutuhkan beberapa ketelitian dan kesabaran. Memulai perusahaan ekspedisi bisa kecil pada awalnya, kemudian besar, dan kemudian berkembang. Kunci utama kesuksesan sebuah perusahaan ekspedisi adalah keberanian, bukan ketakutan akan kegagalan. Jika Anda baru dalam ekspedisi, berikut adalah penjelasan mengenai peluang bisnis ekspedisi;

  • Permintaan tinggi untuk layanan ekspedisi 

Anda pasti sudah mengetahui bahwa saat ini sudah sudah banyak jasa ekspedisi yang menjual jasanya. Pastinya hal ini memiliki hubungan dengan tingginya permintaan pasar akan jasa ekspedisi. Selain itu, selama pandemi, perilaku belanja masyarakat berubah. Belanja tatap muka sering dibatasi, sehingga semakin banyak orang yang lebih suka berbelanja online. 

  • Bisa dilakukan dimana saja 

Bisnis ekspedisi merupakan peluang bisnis yang bisa dijalankan dimana saja, contohnya di rumah. Anda bisa melakukan kerjasama dengan perusahaan pelayaran besar agar menjadi agen. Pastinya dengan tempat yang tepat Anda sebagai pengirim bisa membuka tempat untuk mengumpulkan paket pengiriman sebelum dibawa ke pusat pengiriman.

  • Prospek  menjalankan perusahaan ekspedisi 

Jika dilihat dari prospeknya, bisnis ini memiliki prospek yang cerah dan menguntungkan. Tempat di mana Anda dapat menghasilkan keuntungan besar melalui bisnis ekspedisi Anda. Perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi yang diproses memiliki prospek yang sangat baik kedepannya. Bisnis ekspedisi yang sebelumnya berkembang tidak mengecewakan pelanggan. Memulai perusahaan pelayaran Jika Anda menjalankan perusahaan pelayaran, Anda dapat memulai dengan langkah-langkah sederhana dan mudah. Jika Anda menjalankan perusahaan ekspedisi, Anda dapat menjalankannya dengan persyaratan modal yang kecil. Jika Anda aktif dalam proyek ekspedisi, Anda dapat beroperasi dalam skala domestik dengan modal kecil.  

  • Pelaku bisnis 

Perusahaan ekspedisi ini dapat dan cocok untuk siapa saja yang mencari bisnis  dibidang jasa pengiriman yang menguntungkan. Bagi yang ingin melakukan bisnis ekspedisi sangat mudah, dan proses produksi ekspedisi sederhana dan keuntungan yang menguntungkan. 

  • Konsumen Perusahaan Ekspedisi 

Konsumen Perusahaan Ekspedisi tentunya tidak sulit. Banyak orang membutuhkan perusahaan ekspedisi  yang dimulai dari belanja online dan mengirimkan barang ke teman, saudara, dan berbagai instansi pemerintah. 

  • Sumber Daya untuk Perusahaan Ekspedisi 

Untuk mengoperasikan perusahaan ekspedisi, Anda memerlukan sumber daya untuk manajemen. Untuk menjalankan ekspedisi, Anda membutuhkan bahan dasar seperti kertas, kemasan plastik, peti, lem, dan isolasi. Bahan-bahan untuk ekspedisi dapat ditemukan di toko dan pasar. 

  • Peralatan Perusahaan Ekspedisi 

Usaha Ekspedisi membutuhkan alat alat yang penting dalam bisnis ini seperti meja, kursi, ATK, komputer, kendaraan, troli angkut, mesin pengemas, wadah pengemas, alat pengemas, timbangan dan lain-lain. 

  • Lokasi Strategis Jual Ekspedisi 

Saat menjual ekspedisi, Anda dapat memilih tempat yang tepat untuk kemacetan strategis. Perusahaan ekspedisi bisa membuka tempat pengiriman yang berlokasi dekat dengan tempat yang banyak dikunjungi orang seperti, sekolah, kantor, pinggir jalan, taman kota, kampus, dan lainnya. 

  • karyawan perusahaan pelayaran 

Para karyawan yang mengoperasikan perusahaan pelayaran pada awalnya dapat mempekerjakan satu orang. 

  • Harga Jual Ekspedisi 

Anda dapat menetapkan target harga Ekspedisi per 1 kg. Harga berkisar dari Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu. Hal ini tergantung pada lokasi daerah sasaran. 

  • Strategi Promosi Bisnis Ekspedisi 

Pemasaran Bisnis Ekspedisi dapat dilakukan dengan cara melayani dengan menyenangkan dan memuaskan pelanggan. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi seperti Facebook, Path, Whatsapp, BBM dan Instagram. Anda juga dapat menerapkan strategi pemasaran ekspedisi dengan menyebarkan berbagai pamflet.

Kelebihan  menjalankan  ekspedisi 

Keuntungan menjalan bisnis ekspedisi ini adalah jasa pengiriman membutuhkan banyak pekerja. 

Kekurangan Industri Pelayaran 

Kerugian dari industri pelayaran adalah industri pelayaran menghadapi persaingan yang  cukup ketat. Dengan memberikan layanan ekspedisi sebaik mungkin yang diimbangi dengan harga murah untuk memenangkan persaingan, Anda dapat meminimalkan pelaksanaan ekspedisi Anda.

You may also like