Home Tips Pakai 8 Cara Ini Untuk Beli Rumah Impian

Pakai 8 Cara Ini Untuk Beli Rumah Impian

by Mas Abadi

Selalu menunda dan mempunyai banyak alasan untuk tidak segera berinvestasi dan menabung merupakan hal yang sering orang-orang lakukan. Walaupun kita tahu jika menabung dan investasi memberikan berbagai manfaat untuk kehidupan di masa depan. Tidak jarang, sebagian orang lebih memilih untuk membelanjakan uang yang mereka miliki untuk memenuhi gaya hidupnya. 

Kemungkinan Anda juga sering berbelanja barang-barang tidak terlalu penting tanpa disadari. Semua kebiasaan yang tidak baik seperti tidak rajin menabung dan berinvestasi, belanja sesuka hati, tidak mengatur keuangan secara disiplin dan lainnya. Semua kebiasaan tersebut jika diteruskan pastinya dapat berdampak buruk untuk keuangan Anda. 

Jangan biarkan keadaan finansial menjadi buruk. Sadari hal tersebut dari sekarang jika Anda harus mempunyai kendali untuk mengelola keuangan Anda guna masa depan nantinya. Sehingga, jika keadaan keuangan Anda sudah ke arah yang tidak sehat misalnya tidak memiliki dana darurat, maka tabungan dan investasi bisa membantu Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan. 

Apalagi bila Anda memiliki cita-cita untuk membeli rumah. Tentunya Anda tahu jika harga rumah tidak murah dan membutuhkan banyak uang. Sekarang rumah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Tetapi, kenyataannya sebagian dari kita lebih memilih untuk menunda memiliki rumah. Pastinya dengan berbagai macam alasan yang dipikir-pikir tidak begitu penting. 

Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk membeli rumah impian yang harus Anda ketahui. 

  • Buat tujuan yang jelas 

Poin yang satu ini menjadi sangat penting untuk Anda yang akan memulai menabung. Buatlah tujuan yang jelas untuk menabung. Misalnya, menabung untuk uang DP rumah, membeli tanah dan lainnya. Jangan membuat tujuan secara asal-asalan. 

Dengan memiliki tujuan yang jelas, maka bisa membantu Anda untuk fokus dengan tujuan tersebut. Cara yang satu ini juga bisa sangat efektif daripada menabung dengan tujuan yang asal-asalan. Ada baiknya Anda membuat tujuan dari awal agar lebih semangat untuk menabung. 

  • Tentukan jumlahnya 

Sesudah membuat tujuan yang pasti, selanjutnya Anda harus menentukan jumlah tabungan yang juga menjadi hal paling penting jika ingin memulai menabung. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk dapat mempunyai gambaran yang tepat tentang kapan waktu nya tabungan tersebut terkumpul sesuai target sehingga bisa digunakan untuk membeli rumah impian. 

Lakukan hal ini dengan baik, termasuk dengan menentukan jumlah tabungan yang yang harus Anda tabung setiap bulannya dari gaji yang Anda dapatkan. Hindari membuat jumlah yang terlalu banyak karena bisa menjadi beban untuk Anda. 

  • Buat target 

Kegiatan menabung yang akan Anda lakukan ini bisa lebih mudah bila Anda membuat sistem target. Tetapkan beberapa aturan saat mengelola keuangan keuangan dengan membuat target setiap bulannya atau Anda juga bisa membuat target per hari hingga per tahun. 

Hal ini bisa membantu Anda untuk mempunyai kontrol dalam mengelola keuangan yang baik. Apalagi memberlakukan beberapa sanksi untuk diri Anda sendiri bila sewaktu-waktu Anda tidak dapat mencapai target tersebut dengan tepat. Tidak harus membuat target yang tinggi, dan membuat Anda terbebani untuk menjalankannya. 

  • Melunasi hutang 

Bila Anda mempunyai hutang, akan sangat baik jika hutang Anda dilunasi lebih dulu. Saat tidak lagi mempunyai hutang, menabung bisa terasa lebih menyenangkan dan mudah. Anda dapat fokus dengan kegiatan menabung saat tidak ada beban hutang. Sebab hutang bisa menjadi beban pikiran untuk Anda. Untuk itu, ada baiknya bila Anda tidak mempunyai beban tersebut. 

  • Tabungan 

Ini sangat tepat bila Anda mempunyai keinginan untuk menabung dengan jangka panjang. Emas merupakan bentuk tabungan atau investasi yang tidak terpengaruh dengan inflasi sehingga nilainya selalu stabil. Menabung emas bisa menjadi pertimbangan, khususnya bila Anda memerlukan waktu yang panjang untuk mengumpulkan dana guna membeli rumah. 

  • Kelola keuangan dengan disiplin 

Biasanya kita begitu mudah untuk mengeluarkan uang tanpa pertimbangan. Tentunya hal ini tidak bak, terutama bila Anda sangat sering melakukannya dan menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari. Untuk itu, Anda harus segera menghentikannya dan pertimbangkan kembali setiap ingin mengeluarkan uang. Karena hal itu merupakan uang yang Anda dapatkan dari kerja keras, bukan? 

  • Hidup hemat dan sederhana 

Menjalankan pola hidup sederhana dan hemat menjadi hal yang sangat sulit dilakukan jika Anda tidak terbiasa dengan hal tersebut. Jangan pernah menyepelekan hal ini karena hidup hemat bisa membuat Anda bebas dari masalah finansial di masa mendatang. Biasakan untuk menjalani kehidupan yang hemat dan sederhana dan simpan uang di tabungan. 

  • Belanja cerdas 

Kegiatan belanja merupakan salah satu pengeluaran paling besar pada pengelolaan keuangan Anda. Oleh sebab itu, penting sekali untuk Anda mengelolanya dengan cerdas. Selalu catat barang belanjaan baik saat belanja offline maupun online, sehingga Anda bisa mengontrol keuangan dengan baik. 

Demikianlah beberapa cara untuk membeli rumah impian yang bisa Anda terapkan mulai sekarang. Selamat mencoba!

You may also like