Home Tips Olahraga Ringan di Rumah, Jaga Kebugaran Tubuh Murah dan Mudah

Olahraga Ringan di Rumah, Jaga Kebugaran Tubuh Murah dan Mudah

by Greg Pascal
olahraga ringan di rumah

Menjalankan hidup sehat dengan olahraga teratur dan konsumsi makanan sehat kerap terasa berat dijalankan. Selain terlalu malas, hidup sehat dianggap mahal untuk diikuti. Tentu mahal jika Anda menjalankan olahraga di Gym dan sebagainya. Namun Anda bisa memilih yang murah yakni dengan menjalankan olahraga ringan di rumah yang juga mampu menjaga kebugaran.

Menjalankan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah menjadi solusi bagi Anda yang punya banyak kegiatan. Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga sebab olahraga ini sangat mudah dan dapat dilakukan tanpa alat.

10 Olahraga Ringan di Rumah

Olahraga ringan ini sebenarnya merupakan gerakan olahraga yang baik untuk menjaga kebugaran. Melakukan olahraga rumahan tidak perlu terlalu diforsir, cukup lakukan semampunya dan dengan konsisten. 

Berikut 10 macam olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah:

1. Jalan

Berjalan kaki merupakan kegiatan olahraga yang baik menjaga tubuh selalu fit. Berjalan di kawasan terbuka dengan udara segar memang lebih baik, namun jika tidak sempat keluar cukup lakukan di rumah. Bisa di halaman, keluar masuk rumah maupun naik turun tangga.

2. Push Up

Gerakan olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah  seperti Push Up dengan beragam variasinya. Gerakan olahraga ini tentu sudah tidak asing dan semua sudah tahu bagaimana melakukannya. Gerakan yang bagus untuk membentuk otot jika dilakukan secara konsisten. 

3. Sit Up

Gerakan lain yang bisa dicoba gerakan sit up. Sama-sama tidak membutuhkan alat, gerakan Sit Up membantu memperkuat otot-otot perut. Bagi Anda yang memiliki perut kendur, gerakan ini sangat cocok untuk diaplikasikan.

4. Jumping Jack

Gerakan ini cocok untuk pemanasan yakni gerakan yang diawali berdiri tegak, kemudian melompat dengan membuka kaki dan tangan hingga ke atas kepala. Gerakan ini jenis olahraga kardio yanh baik untuk melancarkan aliran darah dan detak jantung.

5. Leg Lift

Gerakan berikutnya bisa dilakukan bahkan saat malas-malasan di kasur. Caranya dengan berbaring terlentang dan posisi tangan di samping tubuh. Gerakkan kaki perlahan ke arah atas membentuk huruf L dengan badan. Turunkan setengah atau jangan sampai kaki menyentuh lantai dan ulangi beberapa kali.

6. Squat

Gerakan squat bermanfaat untuk melatih seluruh tubuh, terutama pada kaki, punggung dan bagian tengah tubuh. Namun jika tidak dilakukan dengan benar bisa menyebabkan sakit punggung maka sebaiknya pelajari dengan baik gerakan ini. 

7. Jumping lunges

Gerakan kardio yang bermanfaat membakar lemak dengan baik adalah jumping lunges. Selain itu mampu menguatkan masa otot pada kaki dan pantat. Lakukan gerakan ini selama 30 hingga 60 detik secara konsisten untuk hasil maksimal.

8. Step Up

Pada gerakan satu ini Anda membutuhkan alat berupa bangku atau kursi yang kokoh. Naikkan kaki kanan pada bangku dan dorong tubuh ke atas hingga kedua kaki berdiri di atas dan ulangi serupa gerakan naik turun. Gerakan ini berfokus menggunakan otot pantat kanan jangan lakukan sebaliknya.

9. Jogging

Anda juga bisa jogging di rumah tanpa harus ke taman. Jogging di rumah bisa dilakukan sembari nonton tv. Makin menyenangkan dilakukan bersama anggota keluarga.

10. Angkat Beban

Anda juga bisa melakukan olahraga angkat beban di rumah tanpa harus ke gym. Jika di gym angkat beban menggunakan dumble dan barble, di rumah Anda dapat memanfaatkan peralatan seadanya. Misalkan timba dengan diisi beban atau botol tidak terpakai. 

Meski terbilang olahraga ringan, ada baiknya mempelajari dengan benar setiap gerakan. Jangan sampai dilakukan dengan asal-asalan yang bisa mengakibatkan cedera.

Alasan Melakukan Olahraga di Rumah

Mengapa kita perlu melakukan olahraga meski hanya di rumah? Sebab kebugaran tubuh dibutuhkan untuk siapa pun dan apapun pekerjaan Anda. Berikut manfaat yang didapat dengan olahraga di rumah:

1. Menjaga kebugaran dan kesehatan

Jangan berpikir banyak berdiam diri di rumah menghindarkan Anda dari sakit. Justru tubuh yang tidak banyak bergerak dapat mudah merasa letih. Olahraga sekalipun dengan gerakan sederhana dapat menjaga kesehatan dan kebugaran.

2. Hemat waktu dan uang

Berolahraga di tempat gym atau kelas-kelas olahraga membuat Anda harus mengeluarkan uang. Selain itu bagi Anda yang cukup sibuk olahraga di rumah dapat menjadi solusi hemat waktu sebab bisa dilakukan kapan saja.

3. Mengatasi stres

Menjalankan aktivitas yang padat sehari-hari maupun sibuk di rumah dengan beragam kegiatan dapat menimbulkan stres. Banyaknya beban pikiran itu perlu diatasi dengan baik, salah satunya dengan melakukan olahraga ringan. Sebab kegiatan olahraga dapat memproduksi hormon endorfin yang memberikan ketenangan dan meningkatkan perasaan nyaman.

Itu dia tentang berbagai pilihan olahraga ringan di rumah dan beragam manfaat yang bisa diperoleh. Dengan melakukan olahraga di rumah secara konsisten Anda bisa mendapat hasil yang memuaskan. Ajak anggota keluarga lain untuk berolahraga bersama agar makin menyenangkan  sekaligus jadi quality time bersama keluarga. Jangan lupa untuk menambah dengan konsumsi makanan sehat.

You may also like