Home Tabungan Mumpung Masih Muda, Yuk Rajin-Rajin Menabung Emas

Mumpung Masih Muda, Yuk Rajin-Rajin Menabung Emas

by Mas Abadi

Menabung merupakan kebiasaan yang sudah diajarkan sejak kita kecil. Karena manfaat yang akan didapatkan dari menabung memang banyak sekali, apalagi jika kamu masih muda. Dengan memiliki tabungan, kamu bisa menggunakannya untuk mempersiapkan masa depan.

Ditambah lagi, saat ini banyak instrumen investasi yang menawarkan berbagai keuntungan salah satunya yaitu dengan menabung emas. Salah satu jenis logam mulia ini memiliki nilai yang selalu stabil dan cenderung naik. Itulah sebabnya mengapa emas selalu digemari oleh masyarakat mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga kalangan atas. 

Bahkan meskipun perekonomian saat ini masih terdampak pandemi Covid-19, nilai emas tetap bertahan. Kalau pun mengalami penurunan juga tidak begitu signifikan seperti yang terjadi pada instrumen investasi lainnya.  

Mengapa Harus Emas ?

Mungkin di antara kalian lebih tertarik berinvestasi saham dan mata uang digital seperti kripto maupun bitcoin yang menawarkan return tinggi. Namun ternyata menabung emas tak kalah menarik untuk dicoba karena memiliki keunggulan sebagai berikut :

  • Resikonya Rendah

Bagi seorang pemula yang ingin menghindari high risk atau risiko tinggi, menabung emas adalah pilihan terbaik. Karena pergerakan harga emas tidak akan tergerus oleh inflasi, justru semakin naik jika laju inflasi sedang tinggi. 

Meskipun terjadi krisis ekonomi sekalipun, pergerakan harga emas juga akan tetap stabil. Lain halnya dengan investasi berisiko tinggi seperti saham dan kripto yang sangat fluktuatif bahkan bisa melenyapkan uangmu dalam hitungan sekejap. 

Emas tergolong ke dalam jenis investasi yang rendah risiko (low risk) namun tetap akan menguntungkan jika ditujukan untuk perencanaan keuangan jangka panjang.

  • Mudah Dicairkan

Salah satu keuntungan menabung emas yaitu mudah dicairkan kapanpun kamu mau. Sehingga jika kamu sedang dalam keadaan mendesak dan membutuhkan uang, emas yang sudah ditabung selama ini bisa langsung dijual kembali.

Kamu tinggal menjualnya ke toko emas jika tabungan emas yang kamu miliki berbentuk perhiasan. Dan jika berbentuk emas batangan maka kamu bisa menjualnya kembali ke Pegadaian, Antam dan toko emas. 

Pencairan akan lebih mudah lagi jika kamu memiliki tabungan emas online. Transaksi jual beli bisa dengan mudah dilakukan dimanapun kamu berada bahkan hanya dari rumah saja. 

  • Modal Awal Terjangkau

Biasanya untuk membeli emas fisik (perhiasan dan batangan) kamu harus merogoh kocek minimal Rp 900 ribu per satu gramnya. Berbeda jika kamu menabung emas secara online, modal awal yang harus disiapkan mulai dari Rp 5 ribu saja.

Modal awal yang dikenakan tersebut tentu sangat terjangkau bagi semua kalangan. Bagi kamu yang masih belum memiliki penghasilan tetap dan ingin mendapatkan keuntungan di masa depan, tabungan emas bisa jadi pilihan tepat.

  • Bebas Bunga

Pada instrumen investasi lainnya, kamu akan dikenakan bunga yang bisa mencapai 20 persen. Hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu memilih tabungan emas sebagai investasi. Karena transaksi yang ada di dalamnya cenderung berpedoman pada hukum syariah. 

Jadi, kamu akan bebas dari beban bunga yang bisa mengurangi aset tabungan emasmu. Sehingga pada saat pencairan, nilai aset yang kamu dapatkan tetap setara dengan nilai yang ditabungkan selama ini.

Aplikasi Menabung Emas Digital

Beberapa keuntungan menabung emas di atas, apakah membuatmu jadi tertarik untuk mencobanya ? Jika iya, simak aplikasi menabung emas digital di bawah ini.

  • Pegadaian Digital

Pegadaian merupakan lembaga yang bergerak pada bidang finance milik BUMN. Lembaga ini berguna bagi siapa pun yang ingin menggadaikan barangnya untuk mendapatkan pinjaman. 

Tidak hanya itu, pegadaian juga telah meluncurkan produk digital bagi masyarakat yang ingin memiliki tabungan emas digital. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mulai menabung emas dengan minimal saldo awal Rp 50.000 atau cukup membeli emas digital mulai 0,01 gram saja.

  • BukaEmas

Aplikasi ini adalah milik situs e-commerce Bukalapak dibawah naungan PT. Indogold Solusi Gadai. Dibandingkan lainnya, BukaEmas menawarkan investasi menabung emas yang paling rendah minimal pembeliannya. Kamu bisa mulai menabung emas hingga menjualnya kembali hanya dengan Rp 100 rupiah atau setara 0,0001 gram saja. 

  • Tokopedia Emas

Bentukan dari kerjasama antara Tokopedia dengan Pegadaian ini menawarkan tabungan emas yang bisa beli mulai dari Rp 5 ribu rupiah. Dan emas yang kamu miliki tersebut akan dikonservasi ke dalam bentuk emas fisik yang bisa diambil ke kantor Pegadaian.

  • Indogold

Indogold adalah aplikasi menabung emas yang sudah bersertifikat ISO dan diakui sebagai perusahaan transaksi keuangan digital yang berstandar internasional. Selain itu, Indogold juga memiliki harga jual maupun harga beli yang terbaik. Emas yang ditawarkan pun 99,99% terjamin keasliannya bahwa itu adalah emas murni. 

Nah, itulah tadi beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat dari menabung emas dan contoh pilihan terbaik aplikasi menabung emas digital. Yuk, tunggu apalagi ! Segera buka rekening tabungan emas sekarang juga. 

You may also like