Home Tabungan Motivasi Menabung Untuk Masa Depan

Motivasi Menabung Untuk Masa Depan

by Mas Abadi
menabung untuk masa depan

Untuk memulai sebuah kebiasaan baru memang tidak mudah, banyak sekali tantangan yang harus dilewati. Termasuk dalam hal berinvestasi dan menabung. Agar Anda bisa mengubah kebiasaan berbelanja online atau jajan makanan serta minuman, jika lebih mementingkan keinginan sudah pasti menabuh hanya akan menjadi wacana.

Memang kenyataannya bila menghabiskan uang hanya untuk berfoya-foya itu jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan menabung. Padahal Anda sendiri pasti memiliki impian untuk mempunyai rumah pribadi, kendaraan atau bahkan pergi keluar negeri dan lain sebagainya. Tentunya hal-hal tersebut akan sulit dicapai bila Anda tidak menabung.

Alasan yang bisa memotivasi agar rajin menabung

Silahkan Anda hening sejenak, kemudian tanyakanlah ke dalam diri “apa saya sudah mengelola penghasilan yang didapatkan dengan baik dan benar?” atau “apakah saya masih suka membuang-buang uang hanya untuk keperluan tidak penting?”. Jika hal-hal tersebut yang masih serta belum bisa dilakukan, maka mulai saat ini rubahlah kebiasaan jelek tersebut sebelum terlambat.

Bagaimana cara melakukannya? Nah, silahkan simak motivasi menabung berikut ini :

Roda kehidupan akan selalu berputar 

Apabila kondisi keuangan Anda sekarang sudah sangat mudah, seperti misalnya penghasilan yang tinggi bahkan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Maka Anda patut bersyukur karenanya, namun perlu diingat juga bila kita tidak pernah tahu bagaimana keadaan di masa depan.

Bisa saja terjadi satu hal yang merubah kehidupan Anda 180 derajat, misalnya Anda di PHK atau perusahaan/bisnis dimana menjadi mata pencaharian tiba-tiba bangkrut dan membuat Anda kehilangan segala kenyamanan yang telah dimiliki, sudah pasti Anda tidak ingin merasakannya.

Ketika hal-hal tersebut terjadi, sudah pasti Anda akan diminta untuk memutar otak supaya bisa tetap bertahan hidup sampai mendapatkan kembali sumber penghasilan yang baru. Bayangkan apabila Anda tidak memiliki simpanan? Karena itu mulailah membiasakan diri untuk menabung walaupun hanya sedikit, tentunya Anda harus melakukannya dengan konsisten serta disiplin.

Selalu bersiap untuk hal-hal yang mungkin akan terjadi

“Sedia payung sebelum hujan.” Anda pasti sudah sering mendengar pepatah tersebut dan sudah pasti Anda telah memahami maksud dari kalimat itu. Karena manusia tidak pernah apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, maka tidak ada salahnya bila Anda mulai melatih diri untuk menabung atau berinvestasi.

Dengan Anda memiliki dana simpanan, nantinya Anda tidak akan merasa kesulitan dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi kedepannya, misalnya seperti di PHK, sakit, kecelakaan atau hal lainnya.

Jadi, mulailah untuk mengurangi membeli produk-produk tidak penting, jangan menggunakan kartu kredit, mulai melunasi hutang dan setelahnya berusahalah agar tidak berhutang lagi. Anda bisa mengalokasikannya kepada asuransi jiwa, kesehatan dan sebagainya.

Selalu ingatkan diri sendiri tentang tujuan menabung 

Selalu buat diri Anda mengingat tentang target-target yang ingin dicapai, cita-cita yang harus diraih. Seperti misalnya membeli kendaraan, rumah pribadi, membuka usaha, ibadah haji, travelling dan hal-hal lain yang memang diimpikan.

Yakinkan diri Anda bahwa pasti bisa mendapatkan semua itu. Kemudian rancanglah dan tuliskan impian-impian Anda sebuah dream book atau plan board. Buatlah sebaik mungkin, tuliskan juga kapan Anda target tersebut harus didapat. Selanjutnya buat tabungan jangka panjang atau berinvestasi agar mudah mewujudkannya.

Kebebasan finansial di hari tua 

Siapapun pasti ingin memiliki hari tua yang indah, tidak lagi perlu bekerja dan tinggal menikmati hasil dari kerja keras di masa muda. Anda pasti termasuk salah satunya, bukan? Lalu apa yang harus dilakukan agar bisa mewujudkannya? Tentu saja menabung sedini mungkin, bila perlu Anda bisa berinvestasi pada instrumen-instrumen yang populer, seperti reksa dana atau deposito jangka panjang.

Dengan memiliki dana pensiun, tentu Anda akan bisa menikmati masa tua dengan nyaman. Bebas secara finansial dan terlepas dari hutang-hutang yang pastinya akan menjadi beban. Karenanya sekarang, pastikan Anda telah mulai menyisihkan sebagian dari penghasilan yang dimiliki agar bisa dinikmati ketika pensiun.

Dengan menabung dan berinvestasi, bisa menjadi kaya 

Siapa yang tidak ingin menjadi kaya? Semua orang pasti mau menjadi seseorang yang kaya seperti presenter Raffi Ahmad. Namun, tentunya semua itu tidak bisa didapatkan bila Anda tidak pandai menyisihkan uang dan berinvestasi. 

Anda bisa memilih ingin berinvestasi dimana dan berapa. Sekarang semua serba mudah dan praktis, Anda bisa berinvestasi melalui smartphone. Namun, harus ingat untuk mencari tahu terlebih dahulu instrumen seperti apa yang Anda butuhkan serta mampu diikuti, semua itu bertujuan agar Anda tidak mengalami kerugian karena salah memilih perusahaan investasi.

Demikianlah hal-hal yang bisa menjadi motivasi dalam hidup Anda agar menjadi gemar menabung, karena bagaimanapun juga menyisihkan uang itu merupakan suatu yang penting untuk masa depan Anda.

You may also like