Home Bisnis Modal Kecil Untung Besar, Berikut Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Bisa Anda Lakukan

Modal Kecil Untung Besar, Berikut Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Bisa Anda Lakukan

by Mas Abadi
ide usaha rumahan kreatif

Bagi anda yang ingin terjun ke dunia bisnis, tentu saja hal ini tidaklah mudah. Selain membutuhkan niat dan tekad yang kuat, modal juga menjadi salah satu hal yang perlu untuk dipertimbangkan. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin memulai usaha di rumah, berikut ini akan diulas beberapa ide usaha rumahan kreatif yang bisa anda lakukan dengan modal kecil.

Berbagai Jenis Usaha Kreatif yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

1. Membuka Jasa Print

Apabila anda memiliki rumah yang berada di sekitar area kampus, membuka jasa print menjadi salah satu ide yang bisa anda coba. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan mencetak tugas dalam bentuk kertas print tentunya akan dicari oleh mahasiswa. Oleh karena itu, dengan membuka usaha ini tentu saja akan sangat menguntungkan.

Untuk modal awal yang anda butuhkan tidaklah besar. Terlebih lagi ketika anda telah memiliki alat print yang memadai. Jika anda belum memilikinya, anda bisa membeli print dengan print yang memiliki kisaran harga yakni 400 hingga 600 ribuan saja. kemudian, anda juga memerlukan tinta dan kertas untuk mencetak. Dengan modal sekitar 2 jutaan saja, anda sudah bisa menjalankan bisnis satu ini.

2. Jual Beli Barang Bekas atau Thrift

Bisnis modal kecil lainnya yang bisa anda lakukan selama di rumah adalah jual beli barang bekas atau thrift. Usaha satu ini membutuhkan modal yang tidak besar. Pertama anda bisa melakukannya apabila memiliki baju baju maupun barang yang masih layak pakai dan anda tidak pernah menggunakannya.

Daripada dibuang begitu saja, anda pun bisa menjualnya kembali dengan setengah harga. Selain itu, saat ini telah banyak supplier thrift shop yang bisa anda temui dengan mudah. Sehingga, anda pun bisa mencari barang barang murah dan menjualnya kembali. Apabila anda ingin thrift dalam bentuk baju, maka anda sebaiknya menyediakan modal untuk laundry juga.

Hal ini dikarenakan ketika anda mengambil baju thrift, ada baiknya anda segera mencucinya di laundry agar pembeli mendapatkan baju yang wangi dan layaknya baru. Modal lain yang anda butuhkan tentunya kuota internet dan smartphone. Sebab, smartphone berfungsi untuk mengambil foto dan mempromosikannya ke media sosial maupun e-commerce.

3. Bisnis Snack Kemasan

Memulai bisnis snack kemasan menjadi salah satu usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa anda lakukan. Hal ini dikarenakan anda bisa membeli snack dalam bentuk kiloan. Kemudian, anda hanya perlu membeli timbangan dan juga plastik. Selanjutnya, anda pun bisa menjualnya di rumah ataupun mempromosikannya melalui media sosial.

4. Usaha Budidaya Bibit Tanaman

Saat ini, memelihara dan membudidayakan tanaman menjadi hobi yang disukai oleh banyak orang. Untuk itu, anda pun bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berjualan bibit tanaman ataupun tanamannya secara langsung. Hal yang anda butuhkan hanyalah pupuk, bibit tanaman dan juga pot. Kemudian, anda pun bisa mempromosikannya langsung ke media sosial.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengulik Cara Menghitung Biaya Produksi Sebelum Menentukan Harga Jual Barang

Bagaimana Tips Awal Memulai Bisnis Rumahan?

 

ide usaha rumahan kreatif

1. Menghitung Modal yang Dibutuhkan

Di dalam memulai bisnis modal kecil sekalipun, penghitungan modal secara tepat tentunya harus anda lakukan. Hal ini dikarenakan jika modal yang anda miliki tidak cukup, bisnis pun tidak akan bisa untuk dijalankan. Oleh karena itu, anda perlu teliti di dalam menghitung seberapa besar modal yang anda butuhkan.

Hal yang perlu anda lakukan adalah dengan menghindari pembelian barang barang yang dirasa tidak perlu. Selain itu, anda juga bisa untuk memanfaatkan barang yang ada di sekitar rumah untuk meminimalisir modal yang dibutuhkan. Sebut saja seperti pemanfaatan halaman atau garasi, dan juga peralatan yang digunakan untuk memasak apabila anda ingin usaha di bidang kuliner.

2. Hindari Pikiran yang Negatif

Dalam memulai usaha, ada baiknya anda menghindari untuk memiliki pikiran yang negatf. Jauhkan pikiran jika bisnis yang anda jalani akan mengalami kegagalan. Hal ini dikarenakan apabila anda sudah tidak yakin dengan bisnis yang anda geluti, tentunya bisnis tersebut akan bisa mengalami kegagalan nantinya.

Untuk itu, anda pun membutuhkan mental yang kuat di dalam berbisnis sehingga akan bisa mengatasi berbagai macam rintangan di dalam berbisnis. Hal ini membuat anda pun bisa menjalankan bisnis dengan lebih baik dan juga akan membuat anda bisa meraih kesuksesan. Tentunya di dalam berbisnis suatu saat akan menemui kegagalan, namun pikiran dan mental yang kuat akan membuat anda bisa menghadapinya.

Bagi yang ingin berbisnis, deretan ide usaha rumahan kreatif tersebut bisa anda jadikan pilihan. Sebab, saat ini berbisnis tak harus melulu membutuhkan modal ratusan juta rupiah. Modal yang sedikit pun bisa anda jadikan bisnis asalkan memiliki niat dan juga visi misi akan dibawa kemana bisnis yang akan anda jalankan tersebut.

You may also like