Home Bisnis Menjamurnya Bank Digital di RI, Pertanda Apa?

Menjamurnya Bank Digital di RI, Pertanda Apa?

by Mas Abadi

Belakangan, banyak perubahan yang terjadi dari sektor perbankan. Dimana sekarang ini bank digital sudah mulai menjamur. Tentu saja, hal ini sudah dapat diprediksi dengan majunya teknologi seperti sekarang ini, maka tidak heran jika dunia perbankan pun berjalan secara online. Dengan menjamurnya bank digital di Tanah Air, maka sudah pasti ada sebuah pertanda yang juga harus Anda ketahui. 

Pertanda Terkait dengan Bank Digital di RI 

Ada banyak sekali perubahan yang memang terjadi ketika munculnya bank digital ini. Sebenarnya, kemunculan bank digital sendiri sudah ada semenjak tahun 2016, dimana Bank BTPN yang pertama kali membuat bank digital, yaitu Jenius. Kemudian, secara perlahan muncul bank digital baru. 

Sebenarnya pertanda apa dengan munculnya bank digital yang sekarang ini semakin menjamur? Pertanda pertama tadi sudah sempat disebutkan sebelumnya, yaitu tanda dari berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Bisa dilihat dari berkembangnya alat komunikasi yaitu telepon. 

Dulu, kita hanya menikmati telepon yang hanya untuk berkomunikasi saja. Itupun hanya ada telepon rumah saja. Tentu saja berbeda dengan sekarang yang sudah menggunakan smartphone. Dimana sesuai dengan namanya bahwa telepon genggam ini benar-benar pintar. Sehingga kita bisa melakukan apapun hanya dalam satu genggaman saja. 

Dengan perkembangan teknologi dari segi komunikasi yang sangat tinggi, jelas bank ingin memanfaatkannya. Memberikan fasilitas yang sama dengan bank konvensional, tentu saja akan ada banyak keuntungan yang dirasakan oleh masyarakat dengan hadirnya bank digital ini. 

Pertanda selanjutnya adalah dari kemudahan transaksi uang yang juga disadari masyarakat. Tentu saja sekarang ini bank konvensional sudah mempunyai ATM dan mobile atau internet banking. Tapi, kenyataannya bank konvensional tidak memiliki aplikasi yang bisa melakukan semuanya. Misalnya bisa mengambil uang cash selain di ATM.

Pertanda terakhir yang sangat terlihat pada saat ini adalah bank digital memiliki peluang besar untuk berkembang lebih jauh lagi. Hal ini sendiri terlihat dari jumlah bank digital yang semakin banyak. Bahkan bank konvensional pun secara perlahan meluncurkan bank digital yang memberikan banyak kemudahan. 

Tentu saja, hal ini pun bisa memberikan dampak baik, tapi juga dampak buruk. Kenapa? Karena era digital seperti sekarang ini, mengontrol keamanan cyber sudah sangat sulit sekali. Bayangkan jika semua bank konvensional beralih ke bank digital, dengan keamanan yang hingga sekarang bisa dikatakan masih tidak terlalu baik. Hasilnya sudah pasti tidak akan baik. 

Maka daripada itu, ada banyak sekali masyarakat yang masih meragukan bank digital. Meski sudah mendapatkan izin dari OJK dan pemerintah, tapi masalah keamanan hingga saat ini sendiri masih belum dijabarkan dengan jelas. Kejahatan cyber bisa saja menyerang secara mendadak dan mengambil uang nasabah. 

Itulah beberapa pertanda terkait dengan maraknya dari bank digital yang harus Anda ketahui. Bagi Anda yang sekarang juga menggunakan bank digital, lebih baik perhatikan semua aspek yang ada. Termasuk dari izin dan keamanan agar Anda bisa bertransaksi dengan lebih tenang. 

Daftar Bank Digital di Indonesia yang Sudah Diawasi OJK 

Bagi Anda yang baru saja tertarik membuka rekening di bank digital, berikut ini adalah beberapa bank digital yang sudah dipastikan masuk dalam daftar OJK dan memiliki keamanan tinggi: 

Jenius 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bank digital pertama yang sudah jelas aman dan terpercaya adalah Jenius. Produk dari Bank BTPN ini sudah membuktikan memiliki banyak sekali fitur menarik dan layanan yang sangat membantu masyarakat dalam urusan finansial. Untuk memiliki rekening jenius pun sangatlah mudah. 

Bank Jago 

Salah satu bank digital yang belakangan ini menarik perhatian adalah Bank Jago. Bank yang satu ini terbilang sangat diperhitungkan di masa depan. Alasannya sangatlah mudah, dimana Anda benar-benar bisa menikmati berbagai macam kegiatan finansial dalam bank ini. Bahkan Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih mudah pada kantong-kantong khusus. 

Digibank 

Bank digital selanjutnya yang juga dikenal mempunyai performa yang sangat baik adalah Digibank yang merupakan produk dari Bank DBS. Digibank sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu pionir dalam dunia bank digital karena berdiri pada tahun 2017, setahun setelah Jenius berdiri. Sehingga sudah bisa dipastikan bahwa pelayanan yang ada dalam Digibank sudah dapat dipercaya. Salah satu fitur yang sangat disukai oleh nasabah adalah dari pinjaman KTA.

Demikianlah penjelasan yang akan pertanda dari maraknya bank digital di Indonesia saat ini. Sebenarnya ada banyak sekali dampak yang nantinya diterima, mulai dari yang baik dan buruk sudah pasti ada. Risiko adanya bank digital yang akan menggerus bank konvensional pun sangat tinggi. Tapi, hal tersebut masih prediksi yang belum tentu terjadi. Karena kenyataannya masyarakat kebanyakan masih lebih nyaman dengan bank konvensional.

You may also like