Home Bisnis Menjalankan Bisnis Sayuran Segar Dengan Memanfaatkan Teknologi, Ini Aplikasi Pendukungnya

Menjalankan Bisnis Sayuran Segar Dengan Memanfaatkan Teknologi, Ini Aplikasi Pendukungnya

by Mas Abadi

Dewasa ini, popularitas bisnis sayuran online semakin meningkat. Terlebih lagi sejak ada pandemi yang memaksa kita untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dibandingkan di luar. Hal inilah yang akhirnya membuat peluang usaha sayuran segar online kian terbuka lebar.

Sayuran pun merupakan bahan pokok yang akan selalu dibutuhkan untuk diolah sebagai sumber pangan. Maka tak heran jika bisnis sayuran memiliki peluang yang bagus untuk menghasilkan keuntungan besar. 

Tertarik jalani bisnis sayuran online? Yuk, manfaatkan aplikasi pendukung di bawah ini!

Jalankan Bisnis Sayuran dengan 4 Aplikasi Ini

Bisnis sayuran bisa dijalankan siapa saja dan dimulai dari skala kecil. Baik dijalankan di desa maupun kota, bisnis ini bisa sangat menjanjikan karena sayuran akan selalu dicari setiap saat. Pagi, siang hari bahkan tak jarang banyak yang mencarinya pada malam hari. 

Melalui pemanfaatan teknologi, kamu bisa menjalankan bisnis sayuran secara online. Sehingga jangkauan pasarnya lebih luas dan bisa dijual kapan pun kamu mau. 

Nah, berikut beberapa aplikasi pendukung yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis sayuran online :

  • Shopee

Siapa yang tak kenal dengan situs belanja online (e-commerce) yang satu ini. Meski masih terbilang baru, namun Shopee justru menjadi e-commerce yang paling populer dibandingkan lainnya. Pasalnya, Shopee menyediakan berbagai macam fitur dan layanan yang menarik. Para pengguna Shopee dimudahkan dengan kecanggihan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan berbagai pilihan pembayaran seperti e-wallet, ShopeePay, SPaylater hingga Spinjam.

Dan yang paling menarik adalah melalui aplikasi ini, kamu bisa menjual beragam jenis produk. Mulai dari fashion, skincare, make up, barang elektronik, bahkan sayuran segar ! Nah, kamu bisa mulai menjalankan bisnis sayuran segar secara online melalui Shopee. Untuk menjaga sayuran agar tetap fresh, sebaiknya atur pengiriman khusus dalam kota saja. Sehingga hanya dalam waktu beberapa jam bisa sampai ke konsumen. 

  • GrabMart

Salah satu layanan yang disediakan oleh aplikasi Grab ini bisa dimanfaatkan juga untuk menjual sayuran segar. Awalnya, Grab memang hanya dikenal dengan dua layanan utamanya yakni transportasi dan pengantaran makanan secara online saja. Namun sebagai bentuk dukungan terhadap para UMKM di berbagai daerah, Grab menghadirkan layanan GrabMart.

GrabMart hadir menjadi solusi bagi para pelaku usaha yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti obat-obatan, sembako, buah-buahan, sayur mayur, dan makanan mentah. Pengiriman instan melalui para mitra driver seperti halnya Grabfood yang memudahkanmu mendistribusikan sayuran segar ke pelanggan.

Dengan bergabung menjadi mitra Grabmart, kamu bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan. Sehingga bukan hanya orang-orang di sekitarmu saja yang tertarik membeli daganganmu. Dengan begitu, volume penjualan pun dipastikan akan semakin meningkat.

  • Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Dari yang muda, tua, kalangan atas, hingga kalangan menengah ke bawah pasti tak asing dengan aplikasi Instagram. Di awal kemunculannya, Instagram menjadi platform digital yang hanya digunakan untuk berbagi momen berupa foto saja. Namun seiring dengan adanya penambahan fitur-fiturnya yang menarik, kini Instagram juga bisa dimanfaatkan untuk berbisnis.

Nah, kamu bisa mulai menjalankan bisnis sayuran segar dengan mempromosikannya melalui aplikasi Instagram. Gunakan sistem pre order paling tidak satu hari sebelum pengantaran, sehingga kamu bisa menyiapkan sayuran yang dipesan dengan optimal. Akan tetapi, kamu harus mengantar pesanan sendiri atau merekrut karyawan untuk dijadikan sebagai driver. 

  • Facebook

Media sosial ini masih populer digunakan banyak orang untuk berbagi informasi maupun menghasilkan cuan. Saat ini pun sudah tersedia layanan Facebook Business Manager yang bermanfaat bagi para pebisnis untuk mengelola akun iklan (ads) dengan lebih fleksibel. Dengan begitu, promosi produk bisa dilakukan dengan lebih mudah dan juga praktis. 

Melalui aplikasi Facebook, kamu bisa membuat akun bisnis yang tentunya akan mendatangkan lebih banyak konsumen serta meningkatkan popularitas dari produkmu. Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan grup jual beli Facebook untuk menawarkan berbagai produk sayuran segar milikmu. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu memilih grup yang diinginkan. Kemudian masukkan informasi secara detail mengenai produk yang akan dijual.

Tips Jalankan Bisnis Sayuran Segar Online

Ada sejumlah tips untuk menjalankan bisnis sayuran segar secara online, antara lain adalah sebagai berikut :

Perhatikan Kualitas Sayuran

Hal pertama yang harus menjadi perhatian adalah kualitas dari sayuran itu sendiri. Pastikan kamu hanya menjual sayuran yang masih segar dan dalam kondisi baik.

Kemas Sayuran dengan Sebaik Mungkin

Pengemasan juga sangat penting untuk diperhatikan karena akan berpengaruh untuk menjaga kesegaran sayuran. Kemasan yang baik diantaranya adalah kotak kertas, kardus, atau daun pisang.

Tawarkan Harga yang Kompetitif

Jangan menjual sayuran dengan harga yang terlalu murah maupun terlalu mahal dari harga pasaran. Tetapkan harga yang kompetitif dan sesuaikan dengan kualitas produkmu. 

 

You may also like