Home Tips Menjaga Kondisi Keuangan Tetap Stabil Meski Ada Cicilan Rumah

Menjaga Kondisi Keuangan Tetap Stabil Meski Ada Cicilan Rumah

by Mas Abadi

Semakin hari biaya untuk kebutuhan dan keinginan yang harus dikeluarkan semakin banyak dan membengkak. Kondisi keuangan yang makin tidak stabil mengharuskan kamu untuk dapat mengatur dan menjaga pola hidup supaya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang serba mahal ini. Banyak hal penting yang harus kamu prioritaskan sebagai upaya mensejahterakan diri dari keterpurukan. Salah satu yang menjadi prioritas kebanyakan orang yaitu memiliki tempat tinggal sendiri. 

Saat ini rumah sebagai tempat tinggal menjadi sebuah keharusan, banyak masyarakat mengusahakan agar memiliki rumah sendiri untuk di tinggali. Lebih mudah lagi memiliki rumah dengan cepat, karena kamu bisa lagi menempati rumah dengan cara pembayaran di cicil. Sehingga dapat meringankan pembayaran sebagai salah satu pengeluaran yang di prioritas kan. Tetapi, bagaimana sih menjaga kondisi keuangan, agar tetap stabil meskipun ada cicilan rumah? Nah ini dia cara yang harus kamu lakukan. 

Belajar Untuk Menghemat

Menghemat adalah suatu cara paling penting yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah keuangan apapun. Dengan berhemat kamu dapat menyisihkan uang untuk ditabung agar bisa memakai uang tersebut untuk kebutuhan penting lainnya selain kebutuhan dan sekunder. Salah satu kebutuhan penting itu adalah memiliki sebuah rumah. Sehingga tidak perlu mengontrak rumah yang malah akan merugikan kamu dalam jangka waktu yang panjang. 

Berhemat menjadi sangat penting saat kamu memiliki kebutuhan yang besar yaitu mencicil rumah yang harganya tidak akan murah meskipun memiliki tipe rumah yang kecil sekalipun. Maka dari itu, jika kamu menghemat kamu akan bisa menyisihkan sebagian uang untuk pembayaran cicilan. Menyisihkan uang tanpa harus mengambil jatah uang pokok dengan cara mengurangi pembelian barang-barang yang tidak terlalu penting. 

Sesuaikan Harga Rumah Cicilan dengan Kondisi Keuangan Saat Ini

Memiliki rumah memang sebuah kebutuhan yang harus diusahakan, karena rumah selain menjadi tempat tinggal juga merupakan bentuk investasi jangka panjang. Tetapi, jika kondisi keuangan kamu sedang lemah, maka pikirkan kembali untuk mulai mencicil rumah atau menunggu keuangan kamu stabil dulu. Karena cicilan rumah harus dibayarkan dengan rutin, maka kamu harus pastikan bisa membayarkan cicilannya dengan tepat. 

Solusi dari masalah kondisi keuangan yang tidak stabil ini yaitu dengan cara mencari harga rumah dengan cicilan yang kamu perkirakan bisa sanggup dibayarkan. Sehingga kamu tidak akan merasa kesulitan dalam melunasi cicilannya. Saat ini banyak tipe rumah yang bagus dan minimalis agar dapat menekan harga yang terlalu murah. Minimalis saat ini sedang tren di kalangan anak muda yang sedang memilih rumah mereka sendiri. Jadi jangan takut kalah keren dengan rumah-rumah yang besar. 

Mengatur Pos Keuangan Secara Terpisah

Salah satu cara agar kondisi keuangan kamu tetap stabil, tetapi dengan sekaligus memiliki cicilan rumah. Yaitu dengan cara mulai mengatur pos keuangan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pemaksaan uang tersebut. Dengan begini kamu bisa memisahkan antara uang untuk rumah, dan uang untuk keperluan lan seperti bahan sembako, pakaian dan kebutuhan penting lainnya. Cara ini dapat meminimalisir uang tercampur sehingga membuat satu sama lain uang yang dibutuhkan menjadi tidak saling pakai. 

Dalam hal ini, sederhananya kamu bisa membuat pos-pos keuangan menggunakan amplop yang sudah kamu tulis sesuai dengan kebutuhan di amplop tersebut. Kamu bisa lakukan pemisahan ini di setiap bulan bertepatan dengan gaji atau hasil pendapatan. Sistem pos-posan ini seperti kegiatan menabung tetapi kamu sudah nominal uang yang harus terkumpul, juga mengetahui apa yang menjadi tujuan utama dari hasil uang yang sudah ditetapkan. 

Mencari Penghasilan Tambahan

Dalam setiap keinginan, pasti akan ada pengorbanan yang dilakukan. Dalam upaya mencicil rumah ini, pengorbanan yang harus kamu lakukan yaitu waktu. Menggunakan waktu luang untuk mencari pekerjaan tambahan atau freelancer. Sehingga pendapatan akan menambah dan melancarkan cicilan rumah serta menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil. 

Kamu bisa memulai pekerjaan tambahan dengan waktu yang fleksibel, yaitu bisa dikerjakan kapan dan dimana saja. Sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama yang sedang kamu jalani. Contoh pekerjaan yang fleksibel ini bisa membuka jasa titip barang atau makanan, menjadi desain creator dan banyak lainnya. Selain itu juga bisa membuka usaha yang menghasilkan. Seperti berjualan makanan dari rumah atau menjadi seorang reseller baju, makanan dan barang lainnya. 

Kondisi keuangan setiap orang berbeda-beda, kamu harus bisa menyesuaikan cara yang tepat agar bisa menjaga kondisi keuangan yang kamu miliki. Apalagi jika bukan kebutuhan pokok dan keinginan biasa yang akan kamu biayai, yaitu mencicil rumah. Nah itu beberapa cara menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil, meskipun kamu memiliki cicilan rumah yang biaya bayarannya tidak sedikit. 

 

You may also like