Home Karier Mengulik Tuntas Peluang Kerja Jurusan Ilmu Pemerintahan

Mengulik Tuntas Peluang Kerja Jurusan Ilmu Pemerintahan

by Mas Abadi
prospek kerja ilmu pemerintahan

Ada banyak jurusan yang bisa kamu ambil ketika lulus SMA atau SMK. Untuk kamu yang memiliki ketertarikan dengan dunia pemerintahan, Ilmu Pemerintahan bisa dijadikan jurusan pilihan. Peminat jurusan ini terbilang tinggi dan prospek kerja jurusan Ilmu Pemerintahan juga masih terbuka lebar. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Jurusan Pemerintahan

Seperti namanya, nantinya kamu akan belajar tentang pemerintahan ketika mengambil jurusan ini. Ilmu Pemerintahan sendiri merupakan bidang yang mendalami banyak hal terkait permasalahan organisasi, manajemen, administrasi hingga kepemimpinan dalam sebuah badan publik atau organisasi. Dimana tugas lembaga tersebut sesuai dengan peraturan perundang undangan.

Kamu yang memiliki ketertarikan dengan dunia pemerintahan dan politik sangat cocok berada di jurusan ini. Apalagi jika didukung dengan keterampilan seperti komunikasi, suka berpikir logis, tekun, independen, senang memecahkan masalah dan juga berwawasan luas. Kamu yang bisa bekerjasama dengan team juga bisa bergabung dengan jurusan satu ini.

Jadi apa saja yang nantinya akan kamu pelajari? Selama menempuh pendidikan dengan jurusan Ilmu Pemerintahan, kamu akan lebih banyak mempelajari pengelolaan organisasi publik dan manajemen. Seperti lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif dan juga lembaga negara lainnya. Kamu juga akan mempelajari tugas tugas dari badan tersebut.

Selain masih memiliki prospek kerja jurusan pemerintahan yang masih luas, kamu yang memang tertarik bisa memilih jurusan ini. Mengingat pemerintahan Indonesia masih dinamis dan juga menjunjung demokrasi tinggi, sehingga masih sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang ini. Kesempatan untuk berkarir di bidang ini memang masih terbuka lebar.

Mata Kuliah Yang Akan Kamu Pelajari

Dunia perkuliahan jurusan satu ini terbilang menyenangkan dan kamu bisa mempelajari banyak hal. Kamu bisa mengetahui seluk beluk sistem pemerintahan yang ada di Indonesia. mulai dari sistem pemerintah secara umum sampai administrasi publiknya. Bahkan kamu juga akan mempelajari ekologi pemerintahan juga manajemen sekaligus komunikasi Pemerintah.

Sehingga nantinya kamu akan memiliki bekal public speaking dan analisa yang baik jika mengambil jurusan. Di Indonesia sendiri ada banyak kampus yang menyediakan jurusan ini.Beberapa yang akreditasinya sudah A seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Riau dan Universitas Diponegoro.

Perlu kamu ketahui, jika jurusan Ilmu Pemerintahan dengan Ilmu Politik berbeda. Memang sekilas terlihat sama, tetapi tetap saja ada perbedaannya. Untuk jurusan politik akan lebih intens membahas tentang politik di Indonesia. Prospek kerja lulusan politik pemerintahan juga tidak hanya jadi DPR, tetapi bisa menjadi jurnalis politik, pengamat politik hingga anggota PBB.

Baca Artikel Selanjutnya : Mau Kuliah Manajemen? Cari Tahu Prospek Kerja Jurusan Manajemen Di Sini

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Politik

prospek kerja ilmu pemerintahan

1. Aparat Pemerintah

Prospek kerja yang pertama adalah menjadi aparat pemerintah. Dimana nantinya kamu bisa membuat kebijakan pemerintah sampai memberikan solusi atas keluhan rakyat. Kamu bisa masuk melalui CPNS yang biasanya diselenggarakan pemerintah. Gaji untuk profesi ini sekitar Rp 5 juta setiap bulan dan sudah termasuk tunjangan.

2. Staf atau Anggota Legislatif

Kamu juga memiliki peluang untuk bekerja di bidang legislatif yang nantinya tugasnya membuat aturan hukum. Nantinya kamu bisa mencalonkan untuk menjadi anggota DPR atau anggota Legislatif. Gaji pekerjaan satu ini terbilang fantastis, karena total gaji pokok sampai dengan tunjangannya bisa mencapai Rp 40 jutaan.

3. Aktivis LSM

Selain bergelut dengan pemerintahan pusat, kamu juga bisa membantu untuk mensejahterakan masyarakat. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menjadi aktivis LSM. Nantinya kamu akan mendampingi atau mengadvokasi masyarakat terkait isu tertentu. Gajinya kisaran Rp 3,5 juta sampai Rp. 10 juta per bulan tergantung posisi dan kompetensi kamu.

4. Pendidik atau Dosen

prospek kerja jurusan pemerintahan selanjutnya cocok untuk kamu yang ingin terjun di dunia pendidikan. Kamu bisa menjadi tenaga pendidik di pendidikan tingkat tinggi. Untuk menjadi dosen, maka kamu harus melanjutkan pendidikan hingga jenjang S2. Gaji yang bisa kamu peroleh dari pekerjaan ini mulai dari Rp 4 juta sampai Rp 6 jutaan.

5. Konsultan Pemerintahan

Menjadi konsultan pemerintahan juga bisa kamu jalani jika kamu mengambil jurusan ilmu pemerintahan. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang gemar memecahkan kasus pemerintahan. Tugasnya nanti merumuskan solusi dan strategi atas permasalahan yang ada. Dari profesi ini, kamu bisa memperoleh gaji mulai angka Rp 5 juta sampai Rp 10 juta setiap bulan.

6. Wartawan

Sebagai lulusan Ilmu Pemerintahan, kamu juga bisa menjadi seorang wartawan. Kemampuan jurnalistik di bidang ini sangat dibutuhkan, pastikan kamu juga memiliki kemampuan menulis. Kamu tak hanya bisa meliput masalah politik saja di bidang ini. Dan gaji yang ditawarkan mulai dari Rp 2,5 juta sampai Rp 7 juta setiap bulan.

Itulah beberapa pengetahuan dasar dan juga prospek kerja jurusan ilmu pemerintahan yang perlu kamu tahu. Jika ada yang menjadi profesi idaman kamu, kamu bisa menjadikan jurusan satu ini sebagai pilihan. Peluang yang ada masih terbuka lebar, dan bukan tak mungkin kamu bisa menggapainya.

You may also like