Home Perencanaan Mengulik Manfaat Asuransi Mobil Beserta Perhitungan Preminya

Mengulik Manfaat Asuransi Mobil Beserta Perhitungan Preminya

by Mas Abadi
asuransi mobil

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini moda transportasi mobil kian banyak digunakan di jalan raya. Hal ini karena kemudahan sistem kredit yang membuat banyak masyarakat yang membeli mobil pribadi. Peningkatan jumlah mobil tersebut membuat jalan raya semakin penuh dan risiko kecelakaan lalu lintas semakin besar. Maka dari itu asuransi mobil sebaiknya anda pertimbangkan.

Manfaat Asuransi untuk Mobil

1. Mengurangi Risiko Kerusakan Kendaraan

Mempunyai asuransi kendaraan atau dalam hal ini yaitu mobil, akan membantu anda mengurangi risiko kerusakan terhadap moda transportasi tersebut. Pasalnya meski anda sudah berkendara dengan sangat hati hati, terkadang kecelakaan masih saja bisa terjadi secara tiba tiba baik itu skala kecil maupun besar.

Bagaimanapun skala kecelakaan yang terjadi, tentu memperbaiki mobil seperti semula akan membutuhkan sejumlah uang. Untuk itu, dengan adanya asuransi kendaraan ini maka biaya yang harus anda bayarkan guna memperbaiki mobil seperti sedia kala akan menjadi lebih murah dibandingkan harga pasaran.

2. Memberikan Rasa Aman

Sama seperti jenis asuransi lainnya, manfaat asuransi mobil juga dapat memberikan rasa aman kepada pihak tertanggung. Pasalnya apabila terjadi sesuatu selama anda berkendara yang bisa menyebabkan kendaraan rusak, maka mobil sudah terjamin oleh asuransi. Meski begitu, anda tetap harus berhati hati selama berkendara di jalanan.

3. Membantu Bertanggung Jawab

Ada kalanya kecelakaan yang terjadi di jalan raya melibatkan pihak ketiga, dan mungkin anda merasa kesulitan untuk menghadapinya ketika pihak tersebut meminta ganti rugi atau pertanggungjawaban atas kecelakaan yang terjadi. Pada kondisi ini, pihak asuransi bisa membantu anda bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut sehingga anda tidak perlu membayar mahal.

4. Mendapat Layanan Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi mobil memberikan layanan tambahan untuk pemegang polis. Mulai dari fasilitas hotline 24 jam, derek mobil, hingga layanan mobil pengganti. Dimana layanan mobil pengganti akan sangat membantu anda dalam menjalani aktivitas harian seperti biasa, saat mobil yang diasuransikan sedang berada di bengkel untuk perbaikan.

Jenis Asuransi Kendaraan

Setelah mengetahui berbagai manfaat asuransi mobil, anda mungkin tertarik untuk mendaftarkan kendaraan agar diasuransikan. Namun sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu jenis produk dari asuransi kendaraan ini, agar nantinya penggunaan asuransi benar benar efektif dan efisien. Dimana produk asuransi kendaraan sendiri umumnya ada dua yaitu all risk dan TLO.

Asuransi all risk atau juga dikenal asuransi comprehensive, yaitu dimana pihak perusahaan asuransi akan membayar klaim atas segala jenis kerusakan yang terjadi. Sesuai dengan namanya yang berarti segala risiko, jadi ini berlaku untuk kerusakan kecil maupun berat bahkan kehilangan kendaraan akibat bencana alam dan huru hara.

Sementara asuransi TLO atau total loss only hanya menjamin risiko akibat kerusakan yang besar, yaitu apabila perbaikan yang dibutuhkan mobil diperkirakan sama dengan 75 persen dari harga kendaraan atau bahkan lebih. Jenis asuransi kendaraan ini juga menjamin risiko kendaraan hilang akibat pencurian. Nantinya pihak perusahaan akan membantu terkait tanggung jawab hukum.

Baca Artikel Selanjutnya : 4 Asuransi Kesehatan Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Perhitungan Premi Asuransi Kendaraan

asuransi mobil

Setiap asuransi bisa anda rasakan manfaatnya jika rutin membayar premi yang telah ditentukan. Dimana besar preminya sendiri bisa berbeda antara satu perusahaan asuransi dan lainnya. Selain itu besarnya harga premi yang wajib anda bayarkan biasanya mempertimbangkan beberapa hal seperti berikut.

1. Wilayah Pertanggungan

Wilayah pertanggungan kendaraan yang ada di Indonesia dibagi menjadi 3 bagian wilayah. Dimana wilayah 1 mencakup pulau Sumatera termasuk Sumatera Utama, Sumatera Barat, Sumatera dan Sumatera Selatan serta beberapa daerah sekitarnya seperti Nanggroe Aceh Darussalam, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, dan Bangka Belitung.

Lalu wilayah 2 meliputi Jakarta, Bandung, Bogor, Banten, Karawang, Cirebon, Tasikmalaya, Purwakarta, Garut, Sumedang, Banjar, Ciamis, dan Subang. Sedangkan wilayah 3 mencakup daerah daerah yang tidak termasuk dalam wilayah 1 dan 2. Pertimbangan ini berlaku untuk produk asuransi all risk maupun TLO.

2. Jenis serta Harga Kendaraan

Selain wilayah pertanggungan, jenis dan juga harga kendaraan menjadi pertimbangan lainnya dalam menentukan premi yang harus anda bayarkan. Jika mengacu pada penetapan tarif premi asuransi kendaraan bermotor yang diedarkan OJK, jenis kendaraan ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu kendaraan non bus atau truk, kendaraan bus dan truk, serta kendaraan roda dua.

Dimana mobil masuk ke dalam jenis kendaraan non bus dan non truk. Yang nantinya harga mobil akan mempengaruhi besar premi, karena harga kendaraan ini akan dikategorikan kembali ke beberapa bagian. Tentunya semakin mahal harga mobil anda maka akan semakin besar pula biaya premi yang harus dikeluarkan.

3. Umur Kendaraan

Umur kendaraan juga bisa bisa mempengaruhi besarnya premi yang perlu anda bayarkan saat mengasuransikan kendaraan. Pasalnya aturan yang ditulis oleh OJK menyebutkan bahwa kendaraan yang mempunyai umur di atas 5 tahun, akan diberlakukan penambahan 5 persen per tahunnya. Namun pertimbangan ini hanya berlaku pada asuransi all risk saja.

Itulah berbagai manfaat dari asuransi mobil dan pertimbangan preminya, dimana anda bisa memilih jenis asuransi sesuai kebutuhan. Bahkan bukan tidak mungkin jika mengganti jenis yang berbeda, setelah masa berakhir polis. Yang perlu diingat yaitu memiliki asuransi bukan berarti terhindar dari semua kemungkinan, sehingga penting untuk selalu berhati hati dan tetap menyiapkan dana darurat.

You may also like