Home Belanja Mengulik Cara Mendapatkan Rumah Lelang Sitaan Bank Beserta Persyaratannya

Mengulik Cara Mendapatkan Rumah Lelang Sitaan Bank Beserta Persyaratannya

by Mas Abadi
rumah lelang

Apakah Anda sedang mencari hunian dengan harga terjangkau? Jika iya, mungkin bisa mempertimbangkan untuk memilih rumah sitaan bank yang dilelang. Biasanya, rumah sitaan ini akan dijual dengan harga miring hingga mencapai 10 persen jika dibandingkan membeli rumah baru. Namun, ada beberapa syarat dan prosedur untuk mendapatkan rumah lelang. Berikut ulasannya!

Tentang Rumah Hasil Sitaan Bank

Rumah yang disita oleh pihak bank disebabkan karena debitur tidak mampu melunasi tagihan kredit KPR yang dipinjam. Biasanya, bank akan mengumumkan daftar hunian yang akan dilelang melalui situs online lelang masing masing bank. Sementara itu, proses lelang rumah ini akan dilakukan di KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) kelas satu.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Anda juga dapat mengakses melalui situs lelang.go.id untuk mengajukan penawaran harga secara tertulis. Pihak bank yang aktif menawarkan lelang hunian yaitu Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia atau lelang BRI, Bank Tabungan Negara(BTN) serta Bank Negara Indonesia (BNI). Setiap bulannya, pihak bank akan memberi informasi terkait hasil sitaan yang akan dijual.

Persyaratan Untuk Membeli Hunian Lelang Secara Umum

Untuk mendapatkan hunian hasil sitaan bank, maka ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib Anda ketahui. Rumah sitaan akan dijual oleh pihak bank dengan nilai limit, yaitu kisaran harga minimal yang telah ditetapkan pihak penjual. Jika Anda berniat untuk mendapatkan hunian hasil sitaan bank, maka ikuti syarat dan ketentuan berikut ini!

1. Menyetor Uang Jaminan

Salah satu syarat mendapatkan hunian lelang yaitu penawar harus menyetor sejumlah uang ke rekening KPKNL. Umumnya, jumlah uang ini kurang lebih sebesar 20 hingga 50 persen dari harga limit yang ditawarkan. Uang ini digunakan sebagai jaminan sebelum pelaksanaan lelang. Setidaknya, uang jaminan harus disetorkan sejumlah 20 juta atau lebih dari itu.

2. Melihat Kondisi Rumah

Setelah proses penawaran rumah, maka Anda diberikan kesempatan untuk melihat kondisi hunian yang diinginkan. Anda bisa meneliti secara fisik dan memahami kondisi rumah yang ingin dibeli. Pelaksanaannya tergantung oleh pihak bank yang Anda pilih, termasuk lelang BTN dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hunian sesuai ekspektasi.

3. Waktu Pelunasan Terbatas

Hunian hasil sitaan bank dijual dengan batas pelunasan tertentu. Penawar paling tidak harus melunasi rumah selambat lambatnya dalam kurun waktu 5 hari kerja setelah pelaksanaan. Selain itu, pembayarannya bisa menggunakan cek atau giro, bahkan tunai. Bank yang menerima dana cek atau giro jika sudah diberi bukti oleh bendahara KPKNL.

4. Pelaksanaan Lelang Dapat Dibatalkan

Pelaksanaan lelang hunian sitaan dapat dibatalkan sewaktu waktu berdasarkan suatu putusan. Baik itu melalui putusan pejabat lelang, permintaan penjual, maupun penetapan lembaga peradilan. Jika hal tersebut terjadi, maka tidak usah khawatir dan resah. Sebab, uang jaminan bisa kembali dengan utuh.

Baca Artikel Selanjutnya : 6 Cara Bayar Indihome, Lebih Mudah Lewat ATM dan Mobile Banking

Strategi Membeli Hunian Lelang Yang Wajib Anda Tahu

rumah lelang

Jika sudah memutuskan untuk membeli hunian sitaan bank, maka Anda perlu memperhatikan beberapa aspek. Hal ini bertujuan agar ada bisa mendapatkan properti berkualitas dengan harga lebih rendah. Oleh karena itu, berikut strategi yang bisa Anda terapkan agar dapat menang saat membeli hunian lelang.

1. Mencari Informasi Mendalam

Berburu rumah hasil sitaan bank tidak bisa dilakukan sembarangan, Anda harus memilih trik khusus agar mendapatkan hunian terbaik. Untuk itu, rajin rajinlah melihat pengumuman rumah sitaan bank di internet maupun media lainnya. Bahkan informasi ini sudah tersedia dua website resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Anda bisa mencari rumah yang mempunyai status dalam pengawasan Bank dan lihatlah pihak bank mana yang menyita, apakah lelang BRI ataupun yang lainnya. Selain itu, ada juga informasi mengenai jadwal lelang dan harga yang ditawarkan beserta jaminan wajib. Sortir pencarian agar Anda bisa mendapatkan hunian sesuai budget yang disiapkan.

2. Datangi Pihak Bank

Setelah Anda memilih jenis hunian yang dilelang beserta harga yang ditawarkan, langkah berikutnya adalah mendatangi pihak bank. Anda bisa menghadap customer service agar dapat melanjutkan proses pembelian rumah yang disita bank. Namun sebelumnya, Anda akan diberikan berbagai macam pilihan terkait metode pembayaran rumah sitaan.

3. Mengurus Syarat Beli Huniaan Sitaan Bank

Bagi Anda yang sudah mendapatkan rumah impian dan melunasi biayanya, maka pemenang lelang akan mendapat risalah keluaran pihak KPKNL. Risalah lelang ini nantinya akan ditukar dengan dokumen asli dari pihak bank yang melelang hunian tersebut. Jika sudah, maka bawa surat tersebut ke BPN untuk mengurus nama balik.

Agar sukses dalam pembelian rumah lelang, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Beberapa di antaranya yaitu dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ada. Kemudian, jangan lupa mencari informasi terkait hunian sitaan bank agar mendapatkan rumah impian dengan harga lebih murah dan kualitas baik.

You may also like