Home Perencanaan Mengulik Apa Itu Kebutuhan Primer dan Contoh-contohnya

Mengulik Apa Itu Kebutuhan Primer dan Contoh-contohnya

by Mas Abadi
Mengulik Apa Itu Kebutuhan Primer dan Contoh-contohnya

Dalam rutinitas hidup, setiap orang tentunya akan dibutuhkan pemenuhan yang tidak sedikit. Baik itu kebutuhan untuk bertahan hidup, untuk sosial, atau sekedar keinginan untuk menunjukkan eksistensi. Dalam hal ini, kebutuhan primer menjadi suatu hal wajib untuk bertahan hidup. Lantas apa saja kebutuhan utama tersebut? Berikut ulasannya.

Definisi

Seperti namanya, primer diartikan sebagai utama atau pokok. Sehingga dalam artian menyeluruh, kebutuhan primer adalah sebuah kebutuhan manusia yang seminimal mungkin harus tersedia dalam bentuk fisik. Umumnya, deretan kebutuhan yang tercakup melingkupi kecukupan bahan pokok yang teraplikasikan pada seluruh jenjang sosial (kaya atau miskin).
Jika diartikan secara gamblang, kebutuhan ini mencakup seluruh barang, alat, hingga pekerjaan yang dinilai sebagai hal utama untuk manusia. Kehadirannya adalah simbol akan kehidupan yang layak dan jaminan keberlangsungan hidupnya. Tak ayal, jenis kebutuhan ini pun dikaitkan sebagai dasar akan pemenuhan kebutuhan sekunder dan tersier.

Contoh Kebutuhan (Sandang, Pangan, Papan)

Dahulu, kebutuhan utama dan dasar ini hanya terdiri dari tiga hal yakni sandang, pangan, papan. Bisa dikatakan bahwa kebutuhan inilah yang menjadi dasar dari dasar sebuah kebutuhan lainnya. Namun demikian, kebutuhan utama pun semakin berkembang seiring dengan perubahan pola hidup dan perkembangan teknologi.

1. Sandang

Mengulik Apa Itu Kebutuhan Primer dan Contoh-contohnya

Sandang adalah salah satu kebutuhan utama berupa pakaian. Kegunaan utamanya adalah untuk memberikan perlindungan pada tubuh dari cuaca panas dan dingin. Pakaian sendiri menjadi salah satu kebutuhan utama yang mengalami perkembangan secara gratis. Mulai dari bahan, mode, hingga jenisnya, fungsi pakaian pun turut berkembang.

2. Pangan

Untuk bertahan hidup, manusia tentu membutuhkan makan dan minum. Peran makanan sendiri menjadi kebutuhan paling wajib sebagai sumber tenaga dan nutrisi. Untuk memenuhi kebutuhan pangan, umumnya terdapat sembilan bahan pokok yang harus dimiliki. Bahan tersebut mencakup, beras, sayur, buah, daging, susu telur, gula, garam, minyak, dan LPG.

3. Papan

Papan atau tempat tinggal merujuk pada tempat untuk tidur, bermukim, berlindung, dan berteduh dalam cuaca panas, dingin atau hujan. Sudah jelas sekali fungsi dari papan sendiri adalah hal yang tak lepas dari kehidupan masyarakat. Tanpa adanya papan, tentu kemampuan untuk hidup layak pun tidak akan dapat terpenuhi.

Contoh lainnya

1. Sosial

Selain SPP (sandang, pangan, papan), kebutuhan pokok manusia sebagai makhluk sosial pun tidak bisa ditinggal begitu saja. Dalam hal ini, kebutuhan sosial manusia dapat dipenuhi dengan kehadiran keluarga, teman, kerabat, dan lain lain. Kehadiran keluarga dan teman sendiri dapat menjadi solusi dalam bertahan hidup.
Kebutuhan sosial sendiri tidak terlepas dari keinginan akan hubungan dan kasih sayang. Hubungan ini sendiri cukup luas, karena seorang manusia dapat menjalin hubungan dengan orang lainnya. seperti merajut hubungan kekeluargaan, pertemanan, dan sahabat. Dengan adanya hubungan dan sosok sosial, seseorang pun akan mampu memberi dan mendapat kasih sayang.

2. Pendidikan Dan Pengetahuan

Pengetahuan, informasi, dan pendidikan telah menjadi salah satu kebutuhan utama dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Cakupan pengetahuan dan informasi yang luas tidak lagi sulit untuk didapatkan dengan bantuan gawai dan teknologi modern. Bahkan, pendidikan pun mampu didapatkan dalam bentuk formal (sekolah) atau informal (otodidak).

Baca Juga Artikel Berikut : Mengenal Pengertian Dan Pentingnya Memiliki Tabungan Anak Sejak Dini

3. Keselamatan

Faktor keselamatan dan jaminannya tak lagi baru di dunia modern ini. Kehadiran asuransi hingga jaminan tertentu dapat menjadi kebutuhan utama yang bersifat wajib. Mengingat nasib buruk seperti kecelakaan kerja tidak dapat ditebak dengan mudah. Karena itulah, produk serupa kerap menjelma suatu kebutuhan utama untuk bertahan hidup.

4. Keamanan

Perkembangan era yang semakin modern pun turut diikuti dengan munculnya kebutuhan baru. Salah satunya adalah keamanan, yang mana dapat berupa banyak hal. Bisa saja mencakup tempat tinggal, keamanan dalam aktivitas, hingga keamanan dari penyakit. Tak ayal, produk seperti asuransi hingga jaminan tertentu pun mulai bermunculan di dunia modern.

5. Kesehatan

Kehadiran rumah, sandang, dan pangan yang baik tidak akan sempurna tanpa memiliki kesehatan yang baik. Untuk itulah, kesehatan menjadi salah satu kebutuhan utama yang menjadi jaminan untuk dapat melakukan banyak aktivitas lainnya. Sehat sendiri dapat mencakup sehat dalam fisik maupun mental.

6. Pekerjaan

Pekerjaan pun menjadi suatu contoh kebutuhan primer yang menjadi dasar berbagai kebutuhan lainnya. Aktivitas bekerja ditujukan untuk memperoleh penghasilan atau uang yang layak. Dengan adanya uang, maka Anda pun akan memiliki nilai (uang) yang dapat ditukar dengan kebutuhan lainnya. Seperti makanan, pakaian, hingga tempat tinggal.

7. Ketenteraman

Kebutuhan terakhir ini berkaitan erat dengan kebutuhan papan, yang mana berupa tempat tinggal yang layak. Ketenteraman sendiri dapat berupa suatu situasi yang membuat penghuninya merasa damai, aman, dan tidak terganggu. Bentuknya pun dapat berupa lokasi tempat tinggal atau sekedar area untuk melepas penat.
Untuk menjadi manusia yang utuh, tentunya dibutuhkan kebutuhan primer yang lengkap. Kebutuhan utama untuk bertahan hidup seperti sandang, pangan, dan papan sudah menjadi hal yang wajib. Begitu pula dengan kebutuhan sosial, pendidikan, keselamatan, hingga ketentraman, dan kesehatan yang kelak tidak luput dari kebutuhan untuk bertahan hidup.

 

 

You may also like