Home Belanja Mengintip Syarat Kredit Motor Agar Pengajuan Cepat Yang Wajib Anda Tahu

Mengintip Syarat Kredit Motor Agar Pengajuan Cepat Yang Wajib Anda Tahu

by Mas Abadi
Kredit Motor

Penggunaan kendaraan roda dua menjadi salah satu transportasi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia. Tak heran jika banyak cara yang bisa dipilih untuk mendapatkan sepeda motor dengan mudah, seperti kredit motor. Bahkan merek ternama Yamaha, Honda, hingga Kawasaki menawarkan metode pembayaran tersebut. Agar pengajuan cepat, berikut syarat yang harus dilengkapi!

Mengenal Pembayaran Secara Kredit

Kredit kendaraan roda dua menjadi salah satu fasilitas pembiayaan sepeda motor oleh perusahaan leasing. Pembiayaan atau pinjaman dana ini bertujuan untuk mempermudah kepemilikan kendaraan bermotor. Jadi, Anda bisa melakukan pembelian sepeda motor dengan pembayaran berjangka sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan perusahaan leasing dalam waktu tertentu.

Pembiayaan ini dapat diajukan oleh perorangan maupun instansi dengan maksimum pinjaman sesuai jumlah yang ditentukan. Selain itu, ada juga suku bunga yang harus dibayarkan untuk pembelian motor secara kredit. Setiap perusahaan leasing akan menawarkan suku bunga kredit yang bervariasi sesuai dengan status keuangan hingga jenis motor.

Syarat Yang Harus Dipersiapkan

Sebelum dapat mengajukan kredit untuk pembelian motor, ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan. Hal ini penting diperhatikan, sebab menentukan apakah Anda bisa mendapatkan motor secara kredit atau tidaknya. Agar pengajuan kredit motor Honda tidak ditolak, yuk intip syarat syarat yang harus dilengkapi oleh pemohon.

1. Menyertakan Bukti Identitas

Hal pertama yang harus Anda persiapkan yaitu dokumen bukti identitas. Anda perlu menyiapkan dokumen seperti KTP Anda, penjamin, pasangan, hingga Kartu Keluarga. Jika masih belum memiliki KK, Anda bisa menggantinya dengan akta kelahiran. Selain itu bagi yang sudah menikah, maka disarankan untuk melampirkan fotokopi buku nikah.

2. Menyertakan Bukti Tempat Tinggal

Dokumen selanjutnya yang harus Anda persiapkan yaitu bukti kepemilikan rumah. Bagi Anda yang memiliki rumah sendiri, maka bisa menyertakan rekening listrik, rekening telepon, dan SHM. Sedangkan bagi rumah kontrakan atau sewa dapat meminta Surat Keterangan Domisili calon debitur atau bukti menyewa rumah.

Sementara itu jika Anda tinggal di rumah dinas, bukti yang dapat Anda lampirkan yaitu Surat penempatan atau Surat Keterangan dari perusahaan yang bersangkutan. Hal ini akan berbeda bagi Anda yang tinggal di rumah milik keluarga, sebab Anda harus menyertakan bukti KK, Rekening listrik, rekening telepon, dan SHM jika ingin mengajukan kredit motor Yamaha dan lainnya.

Baca Artikel Selanjutnya : Pengeluaran Lebih Terkendali, Yuk Intip Tips Hemat Belanja Bulanan Di Sini

3. Bukti Penghasilan (Bukti Kerja atau Usaha)

Kredit Motor

Selain harus menyertakan bukti identitas dan tempat tinggal, pemohon harus menyertakan bukti penghasilan. Bagi karyawan, maka bisa meminta Slip Gaji asli atau surat keterangan bekerja dan rekening tabungan. Sementara itu, bagi profesional dapat memberikan bukti berupa ijin praktek, rekap pendapatan, daftar pasien, atau foto nama praktek.

Berbeda dengan profesional, Wiraswasta harus menyertakan rekening orang, kwitansi, bon bon usaha 3 bulan terakhir, atau Surat pernyataan penghasilan bermaterai yang ditandatangani debitur. Sebagai tambahan dokumen, anda perlu menyertakan SIUP atau SITU yang merupakan Surat Keterangan Asli dari RT / RW / Kelurahan Setempat.

Prosedur Pengajuan Kredit yang Harus Anda Lakukan

Setelah memenuhi seluruh persyaratan yang disarankan, maka Anda bisa memulai langkah langkah kredit kendaraan bermotor. Yang pertama, tentu Anda harus memilih leasing terpercaya terlebih dahulu. Informasi ini bisa digali melalui internet dan review dari masing masing leasing secara detail dan cermat. Pilihlah leasing yang memiliki reputasi yang baik.

Langkah kedua, lakukan riset mengenai motor yang ingin Anda beli. Sebab, di Indonesia terdapat beberapa merek ternama, mulai dari Honda, Yamaha, hingga Kawasaki. Merek tersebut menawarkan jenis jenis kendaraan bermotor yang bervariasi dan juga jumlah kredit motor Honda yang berbeda. Jadi, tentukan pilihan Anda berdasarkan kebutuhan yang diinginkan.

Setelah itu, Anda bisa mengonfirmasikan kendaraan pilihan pada perusahaan leasing yang sudah ditentukan sebelumnya. Tak berhenti sampai disitu saja, beritahukan pada pihak leasing jumlah DP, suku bunga, dan angsuran yang Anda inginkan. Sales leasing akan mendatangi konsumen untuk proses awal yaitu survei.

Ketika proses survei, pihak pemohon dianjurkan mengisi berkas mengenai kredit. Di sini, Anda juga diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait cara pembayaran secara angsuran. Perlu diingat jika pihak leasing datang ke tempat tinggal Anda, maka tidak ada pembayaran apa pun yang dipungut. Pihak leasing akan memberikan hasil 1 hingga 2 hari setelah survey.

Sebagai catatan tambahan bagi Anda yang ingin melakukan pembelian motor secara kredit, maka bisa mendapatkan motor setelah pengajuan diterima dari pihak leasing. Pada umumnya, motor akan dikirimkan dalam satu hingga dua harus setelah mendapatkan ACC dari leasing. Agar pengajuan kredit diterima, maka Anda harus memenuhi persyaratan lengkapnya.

Itulah beberapa informasi mengenai syarat pengajuan kredit motor yang wajib Anda tahu. Dengan memenuhi kelengkapan dokumen yang ditentukan, maka Anda bisa mendapatkan kendaraan bermotor dengan mudah tanpa ribet. Cukup sertakan bukti identitas, bukti tempat tinggal, dan juga bukti penghasilan atau usaha yang dimiliki.

You may also like