Home Karier Mengintip Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat Yang Menjanjikan

Mengintip Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat Yang Menjanjikan

by Mas Abadi
prospek kerja kesehatan masyarakat

Ingin terjun di dunia kesehatan tapi tidak menjadi dokter? Tenang saja masih ada banyak bidang yang bisa kamu geluti. Kamu bisa menjadikan program studi Kesehatan Masyarakat sebagai pilihan. Ilmu satu ini memadukan ilmu medis dan juga ilmu sosial. Selain itu, prospek kerja kesehatan masyarakat juga masih terbuka luas.

Apa Itu Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat?

Kesehatan masyarakat sendiri merupakan sebuah bidang ilmu yang akan mempelajari pengobatan penyakit dan pencegahan pada individu. Dengan adanya bidang ilmu ini, maka diharapkan akan mampu untuk menjaga sekaligus mempromosikan kesehatan sosial. Di dalamnya nanti kamu akan belajar antara hubungan manusia dan lingkungan.

Bukan hanya itu, kamu juga akan mempelajari kesehatan suatu kawasan, metode pencegahan penyakit hingga kesehatan di lingkungan kerja. Sehingga jika kamu memiliki ketertarikan dengan bidang ini, tak ada salahnya untuk menjadikan jurusan pilihan kamu. Apalagi jika kamu memiliki beberapa kemampuan dan keterampilan pendukung.

Untuk terjun di bidang kesehatan masyarakat, kamu dengan kemampuan komunikasi yang mumpuni bisa mencobanya. Suka dengan kegiatan penelitian dan menganalisis juga cocok dengan jurusan satu ini. Terutama jika kamu juga bisa bekerja dengan tim dan bekerja cepat. Orang orang seperti inilah yang dibutuhkan dalam jurusan Kesmas.

Bidang ilmu satu ini memang cukup luas, sehingga kamu akan benar benar diajak untuk berwawasan luas. Apalagi prospek kerja fkm terbilang menjanjikan dan masih terbuka lebar. Terjun di bidang ini, bisa dikatakan jika kamu akan mendapatkan ilmu yang lengkap. Mulai dari ilmu gizi, administrasi kebijakan kesehatan hingga penyuluhan kesehatan.

Kenapa Harus Jurusan Kesehatan Masyarakat?

Jika kamu termasuk orang yang memiliki kepedulian besar pada perkembangan kesehatan di masyarakat, maka prodi satu ini sangat cocok. Bukan hanya mempelajari tentang teori, kamu juga bisa melakukan praktek. Ilmu yang kamu pelajari juga tak perlu khawatir akan sia sia, karena kebutuhan tenaga ahli di bidang satu ini masih sangat dibutuhkan.

Kompetensi yang dimiliki jurusan ini juga akan menjawab kebutuhan ahli di bidang kesmas. Terutama dalam hal penanganan epidemiologi, agen keselamatan dan kesehatan kerja dan juga perancangan. Kamu nantinya akan menjadi garda terdepan untuk mengedukasi masyarakat terkait kesehatan. Dan peranmu juga akan sangat membantu pemerintah dan banyak orang.

Seperti yang kita tahu, kesadaran masyarakat akan kesehatan masih belum menyeluruh. Sehingga untuk menciptakan negara dengan kesehatan yang tangguh dibutuhkan tenaga ahli yang saling berkolaborasi. Perlu kamu tahu, jika selain di medis prospek kerja lulusan kesehatan masyarakat juga bisa di minyak dan gas hingga manufaktur.

Baca Artikel Selanjutnya : Tak Hanya Jadi Psikolog, Ayo Intip Prospek Kerja Jurusan Psikologi Di Sini

Prospek Pekerjaan Lulusan Kesehatan Masyarakat

prospek kerja kesehatan masyarakat

1. Epidemiolog

Prospek kerja yang bisa kamu tuju selepas lulus dari Kesehatan Masyarakat yang pertama adalah menjadi epidemiolog. Epidemiologi sendiri merupakan salah satu cabang bidang kesehatan yang hubungannya dengan pengendalian dan penyebaran penyakit. Untuk bisa meraih pekerjaan ini, kamu sebaiknya melanjutkan pendidikan di jenjang S2.

Seorang epidemiologi bukan hanya asal menganalisa penyakit, sehingga dibutuhkan tenaga yang ahli dan kompeten. Kamu nantinya juga akan membuat perencanaan kesehatan dan mengawasinya hingga program tersebut bisa dijalankan. Untuk gaji, umumnya sejumlah dengan gaji PNS pada umumnya.

2. Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat

Tugas seorang administrator Layanan Kesehatan Masyarakat yaitu memastikan jika pelayanan kesehatan yang ada sudah sesuai atau efektif. Kamu tidak disarankan untuk lulus S2, tetapi jika melanjutkan tentu kesempatannya akan makin luas. Untuk profesi satu ini bisa bekerja di rumah sakit maupun di instansi milik pemerintah.

3. Dosen

Jika lebih cenderung dengan dunia pendidikan, kamu juga bisa menjadi seorang dosen. Sudah banyak lulusan dari kesmas yang berkarir untuk menjadi seorang dosen. Hanya saja, kamu harus menempuh pendidikan lebih tinggi yakni S2 lebih dulu. Gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan ini juga terbilang menggiurkan.

4. Biostatistician

prospek kerja lulusan kesehatan masyarakat yang selanjutnya adalah Biostatistician. Profesi satu ini bergerak di bidang ilmu matematika, data biologi hingga statistika. Kamu akan bekerja di lapangan untuk mengumpulkan data dan juga menganalisisnya. Profesi satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka di lab. Gajinya menggiurkan, bisa mencapai puluhan juta rupiah.

5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Ilmu Kesehatan Masyarakat memang begitu luas, sehingga banyak bidang yang bisa kamu pelajari. Salah satunya K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang bertujuan untuk membuat pegawai terhindari dari penyakit ataupun kecelakaan saat bekerja. Memang gaji yang masih baru tidak sebesar gaji yang sudah berpengalaman, yang mencapai Rp 10 jutaan.

Itulah beberapa prospek kerja kesehatan masyarakat yang bisa kamu jadikan sebagai referensi jika ingin mengambil kuliah satu ini. Memiliki bidang yang luas dan banyak yang membutuhkannya, tentu saja peluang kerjanya masihlah terbuka lebar. Tekun belajar dan berusaha, impian kamu untuk sukses di bidang ini bukan tidak mungkin diraih.

You may also like