Home Investasi Mengintip Pilihan Instrumen Investasi yang Menguntungkan Dengan Minim Risiko

Mengintip Pilihan Instrumen Investasi yang Menguntungkan Dengan Minim Risiko

by Mas Abadi
investasi yang menguntungkan

Mengumpulkan pundi pundi harta bisa ditempuh dengan cara investasi. Seseorang akan mendapatkan keuntungan dari sejumlah bunga yang diinvestasikan. Akan tetapi, yang namanya investasi tentu ada risiko yang perlu ditanggung. Bagi Anda yang masih pemula, ada juga tipe investasi yang menguntungkan dan minim risiko. Apa saja? Berikut ulasannya!

Mengenal Apa Itu Instrumen Investasi yang Aman

Semakin hari banyak bermunculan berbagai jenis investasi yang memudahkan Anda untuk mendapatkan keuntungan. Namun sayangnya, beragam instrumen tidak sejajar dengan munculnya peminat baru. Hal ini karena masih ada sebagian orang yang belum berani melakukan investasi dengan alasan memerlukan banyak modal.

Padahal bagi Anda yang baru saja merambah dunia investasi, sudah banyak tersedia investasi yang minim risiko. Bahkan di antaranya hanya memerlukan modal ratusan ribu saja untuk menjadi seorang investor. Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang tinggi jika ingin mencobanya. Jika sudah memahaminya, Anda bisa mencoba investasi yang lebih besar.

Perlu diketahui, jika Anda menginginkan risiko yang tidak besar, tentunya keuntungan atau return yang didapat juga tidak seberapa. Hal ini cukup wajar terjadi karena jumlah uang yang Anda investasikan cukup kecil. Namun, cara yang satu ini cukup membantu bagi pemula yang masih belum familier dengan dunia investasi.

Dengan mulai melakukan investasi yang minim akan risiko, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu cara kerjanya yang benar. Setelah benar benar paham dan tahu betul mengenai investasi bagi pemula yang aman, bukan tidak mungkin jika Anda berani untuk mengambil investasi yang lebih besar atau high return high risk. Hal ini dapat meningkatkan keuntungan yang Anda inginkan.

Contoh Instrumen Investasi yang Minim Risiko dan Menguntungkan Bagi Pemula

Meskipun terdapat investasi minim risiko yang aman dipilih, seperti investasi deposito dan emas, namun Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukannya. Sebab, ada berbagai pertimbangan yang harus Anda pikirkan, mengingat setiap investasi membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bagi Anda yang ingin memulainya, berikut contoh instrumen investasi yang minim risiko.

Baca Artikel Selanjutnya : Investasi Saham : Pengertian, Manfaat, dan Cara Memulainya Bagi Pemula

1. Deposito

investasi yang menguntungkan

Deposito ini sebenarnya memiliki konsep yang hampir sama dengan tabungan. Tetapi jika dibandingkan dengan tabungan, jenis investasi untuk pemula ini berbeda pada waktu jatuh tempo dan tingkat bunganya. Suku bunga pada jenis instrumen deposito bisa mencapai nilai yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan pada umumnya.

Bunga deposito di bank yang ada di Indonesia berkisar 5 hingga 6% per tahunnya. Bahkan ada juga beberapa bank yang menawarkan suku bunga untuk deposito mencapai lebih dari 6%. Hal ini terjadi karena semakin banyaknya jumlah investasi yang ditanam. Selain itu, investasi deposito tidak bisa diambil sebelum tiba jatuh tempo.

Anda tidak bisa menyentuh uang investasi tersebut secara mendadak. Pasalnya, terdapat batas waktu yang sudah ditentukan. Tenor waktu yang dibutuhkan untuk mencairkan dana tersebut juga bervariasi. Namun, secara umum, bank akan menyediakan tenor maksimal selama 12 bulan. Meskipun begitu, terdapat beberapa bank lainnya yang memberikan tenor deposito mencapai jangka waktu 24 bulan.

2. Instrumen Investasi Minim Resiko Emas

Emas menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang menginkan jenis investasi nyata atau fisik, dengan nilai yang lebih jelas. Instrumen ini sangat direkomendasikan bagi pemula yang baru saja menginjak dunia investasi. Risiko dari instrumen jenis ini cukup rendah dan nilainya cenderung stabil. Selain itu, emas cenderung mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya.

Apabila Anda ingin memilih emas sebagai investasi awal, ada baiknya memilih jenis emas batangan. Berbeda dengan emas perhiasan, nilai investasi emas batangan ini akan memiliki harga yang lebih tinggi karena dihitung dari beratnya. Jika sudah menginvestasikan pada instrumen ini, Anda bisa menyimpannya dengan menyewa deposit box di bank atau disimpan sendiri.

3. Peer to Peer Lending atau P2P

Peer to Peer lending atau yang sering dikenal dengan sebutan PSP menjadi investasi minim risiko yang bisa dipilih para pemula. Jenis investasi ini membutuhkan modal yang cukup kecil mulai dari 25 ribuan saja. Dana yang Anda investasikan ini akan disalurkan dalam bentuk pinjaman modal usaha bagi usaha menengah kecil dan mikro di Indonesia.

Karena modal yang diinvestasikan cukup rendah, maka keuntungannya juga mengikuti modal awal. Anda akan mendapatkan keuntungan mulai dari 15% sampai dengan 25% per tahunnya. Selain itu, tenor pengembalian modal juga terbilang lebih cepat daripada jenis investasi lainnya. Anda bisa mendapatkan keuntungan hanya dalam 14 hari saja hingga 90 hari.

Sudah tahu apa pilihan investasi yang menguntungkan bagi pemula? Apa pun keputusan Anda dalam menentukan instrumen investasi, ada baiknya jika memikirkan terlebih dahulu aspek lainnya. Pastikan Anda memahami investasi yang dipilih, cari tahu cara mengelola risiko, untung dan rugi agar dapat menyelamatkan uang Anda di kala resesi.

You may also like