Home Pinjaman Mengintip Manfaat Slip Gaji dan Komponen yang Ada di Dalamnya

Mengintip Manfaat Slip Gaji dan Komponen yang Ada di Dalamnya

by Mas Abadi
slip gaji

Ketika anda bekerja di suatu perusahaan, gaji adalah salah satu bentuk pembayaran atas hasil kerja yang bersifat wajib. Biasanya perusahaan juga akan memberikan slip gaji sebagai bentuk bukti telah melakukan pembayaran gaji terhadap karyawannya. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa fungsi dan manfaat dari slip satu ini.

Fungsi Dari Payslip yang Perlu Anda Tahu

1. Dapat Digunakan Untuk Mencicil Rumah

Manfaat yang pertama dari payslip ini adalah dapat digunakan untuk mencicil rumah. Ketika bekerja dan telah berumah tangga, rumah menjadi salah satu hal yang pastinya anda idam idamkan. Hunian yang semakin lama memiliki harga yang semakin melambung, tentu saja anda pun akan mempertimbangkan untuk membeli rumah dengan sistem cicilan atau KPR.

Ketika anda ingin melakukan Kredit Pemilikan Rumah, maka payslip dapat menjadi salah satu benda yang ampuh untuk memenuhi syarat KPR. Sehingga, meskipun terkesan sepele, anda perlu untuk menyimpan payslip. Hal ini dikarenakan bukti pembayaran gaji tersebut memiliki manfaat yang sangat penting.

2. Berfungsi Untuk Kredit Tanpa Agunan

Fungsi slip gaji selanjutnya adalah dapat digunakan untuk kredit tanpa agunan. Kredit satu ini memiliki banyak sekali fungsi untuk kebutuhan sehari hari. Sebut saja seperti untuk biaya kesehatan, biaya pernikahan hingga renovasi rumah. Biasanya salah satu persyaratan yang dibutuhkan bagi bank ketika anda ingin melakukan pinjaman ini adalah payslip.

Dengan adanya payslip, dapat menentukan apakah anda bisa menerima pinjaman tersebut. Hal ini juga mempengaruhi nominal kredit yang akan anda dapatkan. Sehingga, adanya payslip dapat menentukan besaran pinjaman yang bisa anda pinjam dengan menggunakan sistem kredit tanpa agunan ini.

3. Dapat Mengetahui Rincian Gaji yang Diterima

Manfaat selanjutnya dari payslip ini adalah anda bisa mengetahui berapa jumlah rincian gaji yang diterima. Dengan adanya payslip ini, anda pun bisa tahu berapa jumlah tunjangan dan juga potongan apa saja yang diterima selama satu bulan bekerja. Sehingga, anda pun bisa memiliki kalkulasi yang tepat dari gaji yang anda terima.

4. Sebagai Syarat Cicilan Kendaraan Bermotor

Kegunaan yang lain dari payslip ini adalah sebagai syarat untuk mencicil kendaraan bermotor. Ketika anda belum sanggup untuk membelinya secara tunai, maka kredit dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan motor atau mobil impian. Untuk itu, fungsi slip gaji disini akan membantu anda untuk bisa melakukan kredit kendaraan.

Hal ini dikarenakan terdapat syarat syarat yang harus anda penuhi. Sebut saja seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, rekening listrik dan PDAM hingga payslip. Dengan adanya payslip ini dapat menjadi syarat penunjang agar cicilan kendaraan bermotor anda bisa diterima.

Baca  Artikel Selanjutnya : Lebih Efisien, Berikut Cara Menghitung Pajak Penghasilan Dengan Mudah

Komponen Penting yang Harus Ada Dalam Payslip

slip gaji

1. Jumlah Penghasilan Bersih

Salah satu komponen penting yang wajib ada di dalam payslip adalah penghasilan bersih. Untuk anda yang telah bekerja di perusahaan, tentunya penghasilan bersih bukanlah hal yang asing lagi. Penghasilan bersih sendiri memiliki pengertian yakni total pendapatan yang didapatkan setelah dikurangi berbagai macam potongan sesuai dengan kebijakan dari perusahaan.

Dengan adanya payslip ini, anda pun bisa mengetahui berapa gaji bersih yang anda terima beserta potongan maupun tunjangan lainnya. Sehingga, dengan adanya bukti tersebut dapat menjadi salah satu patokan bahwa tiap bulan anda telah menerima penghasilan sesuai dengan kesepakatan dari perusahaan tersebut akan pekerjaan yang anda lakukan selama satu bulan.

2. Identitas Karyawan

Di dalam contoh slip gaji yang banyak tersebar di internet, komponen penting lainnya yang pasti harus ada dalam payslip adalah identitas karyawan. Bagi anda yang menerima pembayaran atas kerja keras selama satu bulan, tentu saja identitas karyawan menjadi salah satu hal yang penting dan tidak boleh salah pengetikan dalam payslip.

Biasanya identitas karyawan yang menerima payslip, akan tertera dengan jelas pada bukti pembayaran gaji tersebut. Adapun identitas karyawan umumnya berisi tentang nama lengkap dan juga posisi atau jabatan di perusahaan tersebut. Selain itu, terdapat pula nomor induk karyawan atau NIK dan terkadang disertakan pula juga nomor pokok wajib pajak atau NPWP pada payslip.

3. Identitas Perusahaan

Selain identitas dari karyawan, dalam payslip juga dicantumkan identitas perusahaan secara jelas. Identitas tersebut merupakan komponen penting yang harus anda dalam payslip. Hal ini dikarenakan adanya identitas perusahaan tersebut dapat sebagai bukti bahwa payslip tersebut memang dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan. Bahkan biasanya juga dilengkapi dengan kop surat.

Di dalam perusahaan, slip gaji adalah salah satu hal yang penting. Meskipun hanya sekedar kertas, namun terdapat banyak fungsi di dalamnya. Sebut saja dapat sebagai syarat untuk KPR, cicilan kendaraan bermotor dan juga melakukan kredit. Dalam penulisannya sendiri, anda juga tidak boleh sembarangan, sebab terdapat komponen komponen penting yang wajib ada dalam payslip tersebut.

You may also like