Home Investasi Mengintip Keuntungan Investasi Properti dan Cara Kerjanya, Simak Disini!

Mengintip Keuntungan Investasi Properti dan Cara Kerjanya, Simak Disini!

by Mas Abadi
investasi properti

Jika anda tertarik untuk berinvestasi, investasi properti dapat menjadi pilihan. Hal ini dikarenakan bisnis atau investasi ini dapat dikatakan tidak ada matinya. Pasalnya, dengan melakukan investasi, ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dalam jangka panjang. Apa saja? simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Keuntungan Investasi Jenis Properti yang Harus Anda Tahu

1. Dapat Menjadi Jaminan Pinjaman

Keuntungan pertama ketika memiliki investasi ini adalah mampu dijadikan sebagai jaminan untuk pinjaman. Dengan memiliki bangunan atau properti, anda pun bisa menjadikan tanah tersebut menjadi jaminan untuk meminjam uang atau mendapatkan modal. Pasalnya bank ataupun lembaga perkreditan lainnya akan memberikan pinjaman bagi mereka yang memiliki jaminan properti.

Hal ini tentu saja akan memudahkan anda di dalam melakukan pinjaman modal. Modal tersebut nantinya juga bisa anda jadikan untuk usaha lainnya atau bisa anda gunakan untuk menambah properti. Dengan begitu, anda pun bisa memutarkan uang hasil pinjaman menjadi sesuatu yang menguntungkan.

2. Harga Properti yang Semakin Tahun Semakin Meningkat

Salah satu keuntungan dari berbisnis properti adalah harganya yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dengan memiliki investasi ini, anda nantinya juga akan memiliki peluang yang besar. Pasalnya, permintaan akan properti semakin banyak dibandingkan dengan persediaan yang ada.

Selain itu, manusia pun pastinya akan membutuhkan tempat untuk tinggal maupun tempat untuk usaha. Sehingga usaha ini pastinya akan menghasilkan keuntungan yang berlebih. Oleh sebab itu, tak ada ruginya dalam membeli properti. Sebab, anda bisa membelinya dengan harga yang murah dan bisa menjualnya 10 tahun ke depan dengan harga fantastis.

3. Bentuk Investasi Jangka Panjang

Properti adalah bentuk bangunan atau tanah yang bisa dijadikan untuk investasi. Pasalnya, jika dibandingkan dengan bentuk investasi lain, seperti emas maupun deposito, properti tergolong salah satu bentuk investasi yang mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Biasanya, bisnis satu ini mempunyai jangka waktu untuk investasi yakni sekitar 3 hingga 5 tahun. Sehingga dengan penghitungan tersebut dapat dikatakan jika dalam masa pengembangan dalam waktu 3 hingga 5 tahun ini akan menghasilkan selisih harga beli dengan harga jual, atau yang kerap kali disebut dengan capital gain.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengenal Lebih Jauh Tentang Media Investasi IHSG Dan Cara Menghitungnya

Bagaimana Cara Investasi Dalam Bentuk Properti?

investasi properti

1. Investasi Secara Online

Di era digital ini, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memulai investasi dalam bentuk properti. Salah satu cara yang cukup populer adalah secara online. Cara investasi properti ini dapat anda lakukan yakni dengan menanamkan modal yang anda miliki dalam platform online.

Dengan adanya platform ini akan mampu menghubungkan property asset manager dengan para investor yang ada di luar sana. Pasalnya, model investasinya sendiri yakni merupakan kumpulan investasi dari beberapa investor. Dimana para investor tersebut menanamkan modal berupa aset pada properti pilihannya.

Ketika anda menggunakan cara ini dapat menjadi salah satu bentuk yang akan membuat anda mendapatkan keuntungan. Hal ini karena anda bisa mempunyai berbagai macam pilihan dan juga harga yang terjangkau. Salah satu platform investasi dalam bentuk properti secara online yang bisa anda coba adalah CrowdDana.

2. Bisnis Flip Properti

Jika anda berencana melakukan investasi dalam bentuk properti dengan jangka waktu yang pendek, maka anda pun bisa menggunakan flip properti. Hal ini dikarenakan bisnis satu ini merupakan salah satu proses yang dapat digunakan jika anda memiliki rumah yang ingin direnovasi.

Kemudian, setelah proses renovasi selesai anda ingin menjual properti tersebut dalam kurun waktu yang singkat. Cara investasi properti satu ini kerap kali disebut dengan bisnis flip, dengan pelaku bisnisnya disebut dengan flipper. Meskipun bisnis ini belum populer di Indonesia, namun tak ada salahnya untuk mencoba bisnis properti dengan cara ini.

3. Investasi Dalam Bentuk Sewa

Cara kerja investasi dalam bentuk properti ini sangat mudah untuk dilakukan. hal ini dikarenakan memang anda sengaja membangun ataupun membeli bangunan yang ditujukan untuk disewa. Dengan menggunakan cara ini dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan secara pasif dan tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

Meskipun nampak sangat mudah, namun anda perlu untuk mengelola properti ini dalam keadaan yang bagus. Apabila anda ingin menggunakan cara satu ini, anda perlu untuk memeriksa latar belakang penyewanya terlebih dahulu. Kemudian, buatlah kontrak secara tertulis sehingga lebih mudah untuk menjalankannya. Anda juga bisa mendokumentasi transaksi yang telah dibuat.

Dengan memiliki investasi properti dapat menjadi salah satu tabungan masa depan yang sangat menguntungkan. Seperti yang anda tahu jika harga properti semakin tahun akan mengalami kenaikan yang fantastis. Untuk itu, apabila anda memiliki dana yang berlebih bisa mengalokasikannya untuk bisnis properti. Pasalnya keuntungan yang anda dapatkan sangat melimpah dan dapat menjadi penghasilan bulanan.

You may also like