Home Belanja Mengintip Keunggulan Paylater Dibanding Kartu Kredit, Simak Disini!

Mengintip Keunggulan Paylater Dibanding Kartu Kredit, Simak Disini!

by Mas Abadi
paylater

Paylater mungkin sudah menjadi alat pembayaran yang tak asing lagi. Pasalnya, dengan adanya metode pembayaran ini akan membuat belanja anda menjadi lebih cepat dan lebih praktis. Untuk anda yang masih bingung dengan istilah tersebut, simak pengertian dan kelebihannya berikut ini.

Sekilas Mengenai Pay Later yang Wajib Anda Tahu

Layanan pembayaran pinjaman secara online tanpa menggunakan kartu kredit, banyak diminati oleh sebagian orang belakangan ini. Biasanya layanan tersebut akan terdapat di beberapa e-commerce maupun startup fintech dengan tujuan memudahkan penggunanya untuk bisa membayar tagihan belanja.

Metode pembayaran ini akan membuat penggunanya lebih mudah ketika ingin melakukan pembayaran meskipun dalam waktu tersebut masih belum memegang uang. Dengan menggunakan metode ini, sederhananya anda akan membeli barang tersebut sekarang dan membayarnya nanti.

Jika dilihat dari pengertian apa itu paylater, metode pembayaran ini mengusung konsep yang hampir sama dengan kartu kredit. Dalam prosesnya sendiri, perusahaan digital maupun e-commerce tersebut akan menalangi dulu biaya pembayaran yang anda gunakan untuk membeli produk ataupun menggunakan jasa.

Setelah itu, nantinya anda bisa membayar tagihan tersebut sesuai dengan jatuh tempo yang telah disepakati bersama. Biasanya jatuh tempo tersebut akan dilakukan pada bulan berikutnya. Hal ini tergantung dari jangka waktu dan sesuai dengan tenor yang anda pilih di awal.

Pembayaran dengan menggunakan metode ini pun akan bisa anda temui hampir pada berbagai platform online. Contohnya saja, layanan transportasi online, pemesanan tiket secara online, pemesanan makanan secara online, dan juga belanja secara online. Bahkan beberapa e-commerce terkenal di Indonesia pun telah memiliki metode pembayaran ini dalam aplikasinya.

Dengan adanya metode pembayaran tersebut dapat memberikan kelebihan tersendiri. Selain itu, untuk limitnya sendiri pun bervariasi sesuai dengan yang ingin anda gunakan, yakni mulai dari 500 ribu rupiah bahkan hingga mencapai 5 juta rupiah. Tentunya setiap platform akan memiliki bunga dan biaya administrasi yang berbeda.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengenal Lebih Dekat Apa Itu PayPal Beserta Fungsi dan Cara Membuatnya

Kelebihan Menggunakan Pay Later yang Perlu Anda Tahu

paylater

1. Memiliki Banyak Promo yang Menarik

Salah satu kelebihan Paylater ini adalah menghadirkan banyak promo yang menarik kepada para penggunanya. Dengan semakin berkembangnya fitur satu ini membuat banyak perusahaan mulai memberikan berbagai promo untuk penggunanya yang setia menggunakan fitur pembayaran satu ini untuk berbelanja.

Oleh karena itu, dengan banyaknya promo yang diberikan maka hal ini akan menjadi salah satu alasan mengapa akhirnya banyak orang tertarik menggunakan fitur dan metode pembayaran satu ini. Sebab, selain mudah digunakan dan memiliki syarat pembuatan yang tidak sulit, promo yang diadakan pun lumayan menggiurkan penggunanya.

2. Memiliki Proses yang Lebih Cepat dan Praktis

Salah satu keunggulan dari metode pembayaran berbasis Beli Sekarang, Bayar Nanti adalah kepraktisan dalam penggunaannya. Contohnya saja, ketika anda memiliki kebutuhan yang mendesak, seperti tanggal tua atau anda tidak membawa dompet dan membutuhkan transportasi, maka metode pembayaran ini pun dapat digunakan.

Sehingga, anda bisa membayarnya ketika akhir bulan atau saat gajian tiba. Fitur satu ini akan memberikan anda kemudahan di dalam bertransaksi dan membuat anda bisa mendapatkan pinjaman yang cepat. Tak hanya untuk kebutuhan transportasi harian saja, adanya metode pembayaran ini juga bisa anda manfaatkan untuk membeli tiket akomodasi ketika sedang liburan.

Kelebihan Paylater ini juga memiliki persyaratan yang sangat ringan ketika anda ingin mendaftar. Selain itu, proses untuk mengaktifkannya pun cenderung lebih mudah dan juga cepat dibandingkan dengan kartu kredit. Umumnya, anda hanya perlu untuk mengisi data diri secara lengkap dan sesuai dengan KTP.

3. Memiliki Tenor yang Bervariasi

Dengan semakin banyak aplikasi online, seperti e-wallet dan juga e-commerce membuat anda memiliki banyak pilihan untuk menggunakan metode satu ini sebagai alat pembayaran. Banyaknya aplikasi yang telah memiliki layanan ini pun juga memberikan berbagai macam tenor cicilan pembayaran yang bervariasi.

Cicilan tenor tersebut dapat anda lakukan mulai dari jangka waktu satu bulan hingga satu tahun. Untuk itu, anda pun bisa mulai mengaktifkan fitur satu ini di aplikasi pilihan anda sesuai dengan kebutuhan. Contohnya saja, ketika anda tidak ingin memiliki cicilan dalam jangka waktu yang panjang, anda bisa menggunakan fitur yang dimiliki Gojek, Traveloka dan sebagainya.

Sebab, ketika anda menggunakan fitur yang tersedia di aplikasi tersebut, Gojek maupun Traveloka cenderung memiliki jangka waktu atau tenor yakni hanya sebulan saja. sehingga, anda pun tidak akan menumpuk cicilan terlalu banyak setiap bulannya. Cukup gunakan metode pembayaran ini sesuai dengan kebutuhan anda.

Di dalam penggunaannya sendiri, Paylater memiliki kelebihan yang banyak. Diantaranya seperti lebih praktis dan lebih cepat. Namun perlu anda sadari, jangan sampai anda kalap untuk berbelanja terus menerus ketika memiliki fitur pembayaran satu ini. anda tetap harus menyesuaikan pengeluaran sesuai dengan dana yang anda miliki.

You may also like