Home Bisnis Mengintip Cara Ternak Sapi Dan Seberapa Besar Modal Yang Dibutuhkan, Simak Disini!

Mengintip Cara Ternak Sapi Dan Seberapa Besar Modal Yang Dibutuhkan, Simak Disini!

by Mas Abadi
Mengintip Cara Ternak Sapi Dan Seberapa Besar Modal Yang Dibutuhkan, Simak Disini!

Saat ini banyak sekali bisnis yang bisa anda jalankan untuk meraih keuntungan. Salah satunya adalah dengan ternak sapi. Hewan ternak satu ini terbilang memiliki perawatan yang cukup sulit. Akan tetapi keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika telah berhasil melakukan ternaknya adalah besar. Untuk itu, berikut ini akan diulas beberapa tipsnya untuk anda.

Tips Untuk Beternak Hewan Sapi Yang Perlu Anda Tahu

1. Pilihlah Jenis Sapi yang akan Diternak

Mengintip Cara Ternak Sapi Dan Seberapa Besar Modal Yang Dibutuhkan, Simak Disini!

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai bisnis ternak adalah dengan memilih dahulu jenis sapi yang ingin untuk anda ternak. Hal ini bertujuan untuk menentukan seberapa besar modal yang anda butuhkan di dalam membuka bisnis satu ini. perlu anda ketahui bahwa sapi memiliki banyak sekali jenis.
Diantaranya adalah sapi ongole, sapi limousin, sapi madura, sapi brahman dan juga sapi bali. Anda bisa memilih jenis sapi yang ingin anda budidayakan. Apabila anda ingin memilih sapi yang menghasilkan kualitas daging yang bagus maka tak ada salahnya untuk memilih sapi jenis lokal.
Akan tetapi, sapi lokal memiliki tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang cukup lama. Di samping itu, budidaya sapi jenis ini juga akan membutuhkan ketelatenan yang lebih. Untuk anda yang ingin memulainya, maka anda bisa memilih anak sapi dengan usia 2.5 tahun dengan kondisi yang sehat.

2. Menyiapkan Modal Awal

Modal ternak sapi menjadi salah satu hal yang wajib untuk anda persiapkan ketika menjalankan bisnis satu ini. untuk anda yang memang niat mendirikan usaha ini, maka anda pun jangan takut untuk mengeluarkan modal yang cukup besar. Pasalnya, apabila bisnis satu ini telah sukses, nantinya akan menghasilkan keuntungan yang berlipat.
Adapun modal awal yang anda butuhkan pastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan dari beberapa ternak yang akan dikembangkan. Disini, modal tidak hanya dalam bentuk uang saja. melainkan berbagai macam jaringan pertemanan juga memiliki peranan yang penting. Hal tersebut dapat berguna untuk mendapatkan berbagai macam informasi terkait cara merawat hewan satu ini.

Baca Juga Artikel Berikut : Mengulik Cara Ternak Lele Beserta Perkiraan Modalnya Untuk Pemula

3. Menyiapkan dan Membuat Kandang Sapi

Setelah anda menyiapkan modal dan juga memilih jenis sapi yang akan diternak, selanjutnya anda bisa membuat kandang sapi. Anda perlu membuat kandang sapi yang sesuai dengan jumlah hewan yang dimiliki. Selain itu, usahakan untuk membuat kandang ini jauh dari lokasi pemukiman penduduk.
Jarak aman yang bisa anda perhitungkan adalah sekitar 10 meter dari rumah peternak sapi. Selain itu, anda juga perlu untuk membangun kandang di tempat yang terkena cukup matahari. Sehingga suhu di dalam kandang akan tetap terjaga. Setelah memperhatikan hal tersebut, anda pun bisa mulai untuk membuat kandang sapi.
Pada peternakan sapi, anda bisa membuat kandang dalam berbagai posisi. Pertama adalah dalam posisi yang sejajar atau dua baris. Arahnya bisa berlawanan ataupun berhadapan. Anda juga bisa membuat kandang sapi dalam posisi saling mengelilingi. Namun perlu anda ketahui bahwa perhatikan ventilasi yang tepat disaat membangun kandang sapi.

4. Pilihlah Bibit Unggulan

Di dalam melakukan ternak hewan sapi, anda pun tak bisa sembarangan di dalam memilihnya. Pastikan untuk memilih bibit unggulan agar nantinya bisa menghasilkan daging yang bagus. Ciri cirinya adalah dengan memiliki mata yang bersih dan tidak ada lendir di hidungnya. Pastikan bulu sapi bersih dan tidak rontok. Selain itu, pastikan agar tak mengalami gejala diare.

Modal yang Diperlukan Untuk Bisnis Satu Ini

Modal ternak sapi tentunya tergantung dari jumlah sapi yang anda miliki. Apabila anda ingin memelihara beberapa ekor sapi, biasanya satu ekor dari anakan akan memiliki harga sekitar 10 juta rupiah. Selanjutnya, anda bisa mengawali dengan 5 ekor sapi terlebih dahulu. Sehingga modal awal untuk membeli sapi yakni sekitar 50 juta rupiah.
Namun tak berhenti pada itu saja, ada beberapa hal lain yang juga membutuhkan biaya. Pertama apabila anda tidak memiliki tanah, maka anda pun bisa menyewa tanah terlebih dahulu dengan harga sekitar 4 juta per tahunnya. Lalu, anda bisa membuat kandang dan menyiapkan peralatan untuk makan, minum, selang,pembersih dan lainnya sekitar 2.2 juta rupiah.
Untuk biaya operasionalnya, anda bisa memberi makanan tambahan yakni sekitar 450 ribu per bulannya. Untuk vaksin yakni sekitar 450 ribu rupiah per bulannya dan juga konsentrat yakni sekitar 3 juta rupiah per bulannya. Anda juga perlu membeli obat dan vitamin kurang lebih 1.2 juta rupiah dan juga beberapa biaya kebutuhan tambahan lainnya untuk modal awal
Meskipun terlihat memiliki modal yang banyak dalam memulainya, memiliki bisnis ternak sapi nyatanya bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat. Untuk itu, anda pun perlu merawat dengan benar dan menjaga agar sapi tetap dalam keadaan yang sehat. Sehingga nantinya bisa dijual dan menghasilkan daging berkualitas.

 

You may also like