Home Perencanaan Mengintip Apa Itu Dana Pensiun Lengkap Dengan Jenisnya

Mengintip Apa Itu Dana Pensiun Lengkap Dengan Jenisnya

by Mas Abadi
dana pensiun

Hampir semua orang nantinya akan sampai pada tahap masa pensiun. Membicarakan pensiun selalu identik dengan tabungan masa tua. Karena pada saat itu sudah tak lagi produktif dan penghasilan tentu akan jauh berbeda. Di Indonesia sendiri ada sistem dana pensiun yang bisa anda ketahui lebih detail pada ulasan berikut.

Apa Itu Dana Pensiun?

Pensiun merupakan masa saat seseorang tidak lagi bekerja, karena kondisi tertentu atau sudah memasuki usia pensiun. Kondisi tidak bekerja bisa karena adanya pemutusan kerja, sakit atau meninggal dunia hingga alasan pemberhentian. Dan dana untuk pensiun ini bisa ditentukan dari lingkup utama yakni dari segi usia.

Sebenarnya, UU Ketenagakerjaan Indonesia tidak mengatur batasan usia pensiun. Tetapi batas usia ini ditetapkan dalam Peraturan Perusahaan, Perjanjian Kerja dan Perjanjian Kerja Bersama atau Peraturan Perundang Undangan. Usia Pensiun sendiri tertuang dalam PP No.. 45 Tahun 2015, tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun dimana usia pensiun 56 tahun.

Dan dana untuk pensiun adalah hak para pekerja yang telah bekerja pada jangka waktu tertentu dan sudah memasuki masa pensiun. Setiap dana nantinya akan dikelola lembaga resmi yang juga telah dijelaskan dalam UU No. 11 Tahun 1992. Uang pensiun ini akan dipotong dari gaji karyawan itu sendiri dan akan dikembalikan dalam bentuk pensiun.

Jika melansir pada buku Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya karya dari Isyadi Zain dan juga Rahmat Akbar, dana untuk pensiun merupakan badan hukum yang mengelola serta menjalankan program yang menjanjikan untuk mencapai manfaat pensiun. Dimana pengelola akan memungut iuran, dan iuran akan diinvestasikan dalam instrumen yang menguntungkan.

Manfaat Dari Dana Masa Tua

Setelah mengetahui pengertian dana pensiun, anda juga harus tahu manfaat dari dana masa tua ini. Walaupun sudah bisa ditebak jika dana ini untuk menjamin masa tua, tetapi setiap pihak akan memiliki tujuan tersendiri. Apabila dana ini dikelola oleh banyak pihak, maka ada manfaat lainnya. Berbeda jika hanya dikelola oleh dua pihak, yang terlibat hanya karyawan dan perusahaan sendiri.

Untuk perusahaan, dana ini bermanfaat sebagai bentuk reward pada karyawannya. Selain itu juga sebagai bentuk agar turnover turun bagi karyawannya. Tidak hanya bagi perusahaan, bagi pengelola juga bermanfaat untuk mengelola serta mendapatkan keuntungan dari berbagai investasi.

Sementara bagi karyawan, adanya dana masa tua ini akan menjadi jaminan masa tua. Karyawan juga akan lebih giat bekerja, karena mengejar tujuan termasuk di dalamnya tunjangan yang telah disepakati bersama. Bukan hanya karyawan, yang berhak menerima dana ini juga termasuk ahli waris dari peserta.

Baca Artikel Selanjutnya : Berniat Pensiun Lebih Awal, Berikut Hal Yang Perlu Diperhatikan

Jenis Jenis Dana Untuk Pensiun

dana pensiun

1. Lembaga Pengelola

Jika dilansir dari OJK, terdapat 3 jenis dana untuk pensiun yaitu DPPK atau Dana Pensiun Pemberi Kerja, DPLK atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan dan DPLAK yaitu Dana Pensiun Lembaga Asuransi Kesehatan. Ketiganya tentunya memiliki perbedaan tersendiri. Dimana DPPK merupakan milik pemberi kerja yang diberikan untuk sebagian maupun seluruh karyawannya.

Sementara untuk DPLK sumber dana pensiun adalah bank atau perusahaan asuransi jiwa yang ditujukan untuk masyarakat umum, baik untuk pekerja mandiri atau karyawan. Untuk DPLAK merupakan dana pensiun yang dikelola oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk membuat program pensiun iuran untuk umum dan terpisah dari dana yang diberikan pemberi kerja.

2. Defined Benefit Plan

Jenis dana pensiun satu ini juga lebih dikenal dengan Program Pensiun Manfaat Pasti. Dimana dalam dana ini, baik perusahaan juga karyawan akan memiliki perjanjian bersama. Dana untuk pensiun ini akan diambil dari upah karyawan selama ia bekerja dan ditambahkan dengan dana perusahaan. Nanti semua dana akan digabungkan dan diinvestasikan lebih dahulu.

3. Defined Contribution Plan

Berbeda dari jenis yang sebelumnya, jenis satu ini dinilai lebih menguntungkan dari sisi perusahaan. Karena nantinya kedua pihak harus membayar sejumlah dana pada tiap bulannya. Dan nantinya semua dana akan dikembalikan ketika masa kerja selesai. Sederhananya, perusahaan tak perlu menyiapkan dana khusus karena semua diambil dari karyawan.

4. Berdasarkan Waktu

Selain dari programnya, uang pensiun juga dibedakan berdasarkan waktunya. Pensiun Normal adalah jenis yang sesuai dengan masa pensiun yakni di rentang usia 55 sampai 60 tahun. Ada juga pensiun dipercepat yang merupakan upaya perusahaan untuk pengurangan karyawan. Selanjutnya adalah pensiun ditunda, yakni kondisi saat karyawan berhenti bekerja sebelum usia pensiun.

Sehingga nanti uang akan dicairkan setelah karyawan masuk usia pensiun. Bukan hanya tahu pengertian dana pensiun, jenis pensiun satu ini juga perlu diketahui. Pensiun Cacar diberikan pada karyawan yang mengalami kecelakaan atau mereka yang dianggap tak lagi bisa bekerja seperti sedia kala. Dan dana ini bisa diambil walaupun umurnya belum memenuhi.

Setiap orang nantinya akan tiba di usia pensiun yang mengharuskannya berhenti bekerja. Dengan adanya dana pensiun, tentu akan membuat semua pekerja menjadi lebih terjamin di masa tua nanti. Anda yang tidak mendapatkan dari perusahaan juga bisa mengikuti program dari bank maupun asuransi jiwa.

You may also like