Home Belanja Mengintip 7 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan Seru

Mengintip 7 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan Seru

by Mas Abadi
tiket pesawat murah

Apakah Anda merencanakan perjalanan untuk berlibur, tetapi belum mendapat tiket pesawat karena harganya mahal? Tiket pesawat ke tujuan mana pun memang dipatok dengan tarif yang tinggi. Agar liburan tidak sekedar wacana, ada banyak cara mendapatkan tiket pesawat murah. Jika penasaran, yuk intip tips ampuh berikut ini!

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Merencanakan Liburan

Salah satu isu terbesar ketika merencanakan traveling tahu liburan seru yaitu tiket pesawat. Moda transportasi ini memang paling banyak yang mengambil porsi di anggaran liburan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa hal agar mendapatkan tiket dengan harga terjangkau. Sehingga, Anda bisa menghemat budget ketika berlibur.

Tips selanjutnya, terbang saat weekday juga menjadi alternatif yang paling tepat dibanding hari weekend. Akan lebih baik jika Anda merencanakan perjalanan pada pagi hari atau tengah malam. Pasalnya, pada jam jam tersebut harga tiket maskapai penerbangan dipatok dengan tarif yang relatif murah.

Tips Mendapatkan Tiket Maskapai Penerbangan Dengan Harga yang Terjangkau

1. Pilih Low Cost Carrier

Bukan rahasia lagi jika maskapai penerbangan low cost carrier atau yang disebut dengan LCC menawarkan harga tiket pesawat yang lebih terjangkau. Tarif ini bisa lebih murah ketimbang maskapai full service airlines karena LCC memiliki layanan terbatas. Memang ada beberapa hal yang harus dikorbankan seperti ruang kaki dan kursi yang lebih sempit.

Tetapi jika hal tersebut bukan masalah bagi Anda, terbang dengan maskapai LCC bisa membantu hemat banyak uang. Apalagi jika Anda merupakan salah satu traveler dengan gaya backpacker dan hanya pergi dengan tas kecil. Tentu penerbangan LCC sangat pas untuk dipilih. Dengan begitu, Anda dapat menikmati liburan murah ke destinasi impian.

2. Berlangganan Newsletter Maskapai Penerbangan

Mungkin Anda sering merasa terganggu ketika mendapatkan email dari promosi brand atau platform tertentu. Tetapi, sebetulnya email email tersebut dapat bermanfaat untuk menemukan tiket penerbangan yang affordable. Anda bisa berlangganan newsletter dari berbagai macam maskapai penerbangan agar mendapatkan info mengenai promo terbaru.

Email memang masih menjadi salah satu media komunikasi brand yang paling efektif digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Maka dari itu, Anda bisa manfaatkan jika ingin memburu tiket penerbangan murah. Jika belum jadi anggota, maka langsung saja daftarkan menjadi anggota di platform penjualan tiket maskapai tertentu.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengulik Cara Mendapatkan Rumah Lelang Sitaan Bank Beserta Persyaratannya

3. Mencari Di Berbagai Situs Web

tiket pesawat murah

Ketika ingin mendapatkan harga yang paling hemat, maka Anda bisa lakukan tips ini. Salah satunya yaitu mencari tiket dari berbagai situs web. Jangan hanya mencari di satu situs web ketika mencari penerbangan murah, sebab tidak semua maskapai tersedia di laman website tersebut. Jadi, Anda perlu mencari beberapa situs agar mendapatkan tiket liburan yang terjangkau.

Periksa setidaknya dua situs web pencarian penerbangan, misalnya saja Skyscanner, Expedia, Webjet, lalu periksa rute maskapai tersebut. Langkah ini penting dilakukan jika ingin mendapatkan tarif hemat. Dengan begitu, perjalanan liburan menjadi lebih seru dan asyik. Budget Anda pun dapat dianggarkan untuk kebutuhan yang lainnya.

4. Pesan Tiket dari Jauh Jauh Hari

Jika Anda sudah memiliki tujuan traveling dari jauh jauh hari, ada baiknya jika membeli tiket pesawat sejak lama. Bukan rahasia lagi jika tiket penerbangan yang dibeli sejak lama bisa lebih terjangkau daripada membeli tiket satu bulan sebelumnya. Tips ini menjadi cara yang paling tepat apabila Anda ingin hemat dan tidak menghabiskan banyak anggaran.

5. Fleksibel Mengenai Destinasi yang Dipilih

Bagi Anda yang tidak bisa terbang di off season dan ingin tetap berlibur, maka cobalah lebih fleksibel dalam menentukan destinasi wisata. Sudah banyak layanan yang dapat membantu Anda mencari destinasi liburan murah dengan harga jauh lebih bersahabat. Masukkan saja tanggal dan bandara keberangkatan, maka situs tersebut akan menampilkan kota mana yang tiket pesawatnya low price.

6. Mencari Tiket Untuk Satu Orang

Ketika mencari tiket, jangan membeli banyak tiket sekaligus dalam satu transaksi. Sebab, maskapai penerbangan akan menampilkan harga tiket tertinggi dalam tiket rombongan. Sebagai saran, cari tiket untuk satu orang terlebih dahulu. Apabila proses checkout selesai, baru pilihlah kursi agar dapat duku bersama dengan rombongan Anda yang lainnya.

7. Memilih Periode yang Tepat

Jangan lupa untuk menentukan periode perjalanan yang ingin dipilih. Pada umumnya, menjelang dan saat periode peak season atau musim libur sekolah, harga tiket maskapai penerbangan akan melonjak tinggi. Oleh karena itu, coba geser waktu liburan Anda ke periode berikutnya atau off season. Periode ini biasanya berlangsung tidak lama setelah libur panjang.

Mencari tiket pesawat murah sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Cukup dengan ketelatenan, kesabaran, dan ketelitian dalam mengamati tren harga, maka tiket low cost bisa Anda dapatkan. Dengan melakukan tips tips ini, tentu Anda bisa mendapatkan tiket maskapai penerbangan terjangkau meskipun tidak ada promo.

You may also like