Home Karier Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Content Writer dalam Sebuah Perusahaan

Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Content Writer dalam Sebuah Perusahaan

by Mas Abadi
Content Writer

Pada zaman modern seperti sekarang ini, profesi yang ada di masyarakat semakin banyak jenisnya. Sebut saja seperti content writer, yang sekarang mulai banyak dilirik oleh berbagai perusahaan. Meski begitu, mungkin masih cukup banyak orang yang belum memahami apa sebenarnya tugas dari penulis konten ini dalam sebuah perusahaan. Untuk itu, simak ulasan berikut.

Mengenal Apa Itu Penulis Konten

Tentunya sebelum memahami apa saja tugas serta tanggung jawab yang dipikul oleh seorang penulis konten, anda perlu mengenali terlebih dahulu terkait dengan profesi satu ini. Karena masyarakat masih banyak yang begitu awam dengan seorang penulis konten, mengingat bahwa ini merupakan salah satu bentuk profesi yang anyar.

Sesuai dengan namanya, content writer adalah seorang penulis profesional yang melakukan produksi terkait dengan berbagai konten menarik pada media online. Konten yang di maksud di sini bisa berupa blog, artikel, kiriman pada media sosial, maupun berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan bidang tulis menulis berbasis online.

Tugas Penulis Konten

1. Mengelola Konten pada Website

Di era digital seperti sekarang, setiap perusahaan umumnya sudah memilih website pribadi yang digunakan untuk berbagai macam hal. Beberapa ada yang memanfaatkan website perusahaan untuk promosi bisnis, dan beberapa lainnya hanya sekedar tempat memberikan informasi bagi para pekerjanya.

Berbagai perusahaan yang membuka lowongan untuk penulis konten, akan memberikan tugas terkait dengan pengelolaan content pada website perusahaan tersebut. Jadi dalam hal ini, tugas dari penulis konten adalah melakukan update artikel secara rutin pada website perusahaan. Ini adalah tugas utama dari profesi penulis konten.

2. Mengelola Konten di Media Sosial

Karena media sosial saat ini menjadi media promosi yang cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness, maka banyak perusahaan yang mulai melakukan marketing di sini. Biasanya para penulis konten yang bekerja pada perusahaan, akan turut diberikan job desc untuk mengelola konten pada media sosialnya.

3. Melakukan Riset

Tentunya untuk membuat konten yang mampu memikat minat banyak orang, maka seorang penulis konten perlu melakukan riset terhadap apa yang tengah menjadi tren saat ini atau yang sedang dicari oleh banyak orang. Sehingga apa yang dituangkan dalam tulisan pada akhirnya mampu menjangkau masyarakat secara luas.

4. Mengisi Deskripsi Produk

Apabila perusahaan tempat anda bekerja memiliki suatu produk tertentu, yang memang juga dipasarkan melalui media online. Maka salah satu tugas yang akan masuk ke dalam job desc anda sebagai penulis konten, yaitu mengisi deskripsi terkait dengan produk tersebut. Deskripsi ini bisa mencakup spesifikasi produk hingga harga yang ditawarkan oleh perusahaan.

5. Membantu Divisi Lain

Sangat umum jika di dalam perusahaan terdapat beberapa divisi, dimana beberapa divisi ini mungkin saja membutuhkan bantuan terkait dengan artikel. Contohnya divisi desain graphic, biasanya mereka akan membutuhkan sebuah tulisan untuk mendukung desain yang digarap. Sehingga dalam hal ini seorang penulis konten bisa bertugas untuk membantunya.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengenal Apa Itu SEO dan Fungsinya di Dalam Marketing

Tanggung Jawab Penulis Konten

Content Writer

Tidak hanya tugas tulis menulis semata, tentunya seorang penulis konten juga memiliki tanggung jawab yang cukup besar di dalam perusahaan. Pasalnya content yang dihasilkan oleh profesi ini juga akan sangat berdampak pada perusahaan itu sendiri. Berikut beberapa tanggung jawab yang harus dipikul oleh penulis konten.

1. Meningkatkan Kualitas SEO pada Website

Kenapa artikel dalam website perusahaan harus didistribusikan dengan tepat ? Hal ini karena hal tersebut bisa bermanfaat untuk meningkatkan SEO website. Dengan SEO yang apik, maka website perusahaan ini bisa mudah dicari oleh masyarakat dan tampil pada halaman depan pada mesin pencari. Sehingga seorang penulis konten setidaknya harus memahami dasar SEO.

2. Membangun Branding Perusahaan

Tentunya seorang penulis konten mempunyai tanggung jawab dalam membangun branding perusahaan, melalui berbagai tulisannya yang diunggah secara online. Berbagai artikel tersebut di-publish dengan harapan mampu meningkatkan brand awareness serta tingkat kepercayaan masyarakat, atau bahkan langsung meningkatkan penjualan produk.

Perbedaan Penulis Konten dan Copywriter

Jika anda sudah menentukan ingin terjun pada bidang ini karena tertarik dan menyukai bidang tulis menulis, mungkin anda akan menemukan istilah lainnya yaitu copywriter. Kedua pekerjaan ini bisa saja terlihat mirip, namun keduanya tentu saja berbeda. Yang menjadi pembeda adalah tujuan penulisannya.

Dimana seorang penulis konten bertujuan dalam memberikan informasi, mengajak atau engaging. Sedangkan seorang copywriter lebih komersial seperti sign up, download, menaikkan penjualan, atau membeli suatu produk. Sehingga dalam hal ini, seorang copywriter juga memiliki tugas menulis untuk aset perusahaan seperti email blast, sales landing pages, atau campaign.

Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawab serta perbedaan antara content writer dan copywriter, apakah anda tertarik untuk mulai terjun pada bidang pekerjaan ini ? Jika dilihat dari beberapa tugasnya, mungkin terlihat cukup mudah. Akan tetapi daftar job desc serta tanggung jawab yang diembannya ini sangat membutuhkan ketelitian serta fokus yang tinggi.

 

 

You may also like