Home Bisnis Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Business Development di Perusahaan

Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Business Development di Perusahaan

by Mas Abadi
Business Development

Anda pasti pernah menemukan sebuah lowongan Business Development atau BD pada sebuah perusahaan. Untuk Anda yang mempunyai kemampun untuk bernegosiasi dan bertemu orang-orang baru, posisi ini sangatlah cocok untuk Anda. Lalu apa saja tanggung jawab serta tugas dari seorang BD? Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa itu Business Development

Sebelum mengetahui tugas dan tanggung jawab dari BD, maka sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa pengertiannya. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa BD ini adalah seorang sales. Padahal keduanya tidaklah sama. Jika sales adalah profesi yang bertanggung jawab dalam penjualan, BD adalah profesi yang menciptakan strategi akurat untuk menciptakan peluang seluas-luasnya.

Menurut Forbes, BD merupakan sebuah proses untuk menciptakan nilai dalam jangka waktu panjang di perusahaan yang melalui pelanggan, relasi bisnis dan pasar. Sehingga BD ini bertanggung jawab mencari strategi tepat agar perusahaan tetap berjalan dengan menggunakan ketiga hal penting yang disebutkan tadi.

Nilai dari jangka panjang yang dimaksud adalah keuntungan, uang, brand, image dan lain sebagainya yang memang ditujukan agar perusahaan dapat berkembang. Meski begitu, uang bukanlah satu-satunya fokus dari BD.

Ia harus bisa merencanakan langkah-langkah dalam jangka panjang agar bisa mengembangkan perusahaan lebih jauh lagi. Secara garis besar, BD bisa juga bertanggung jawab untuk terus memutar uang yang ada diperusahaan agar keuntungan bisa selalu didapatkan.

Tanggung Jawab dari Business Development

usaha mikro

Dari penjelasan di atas, maka Anda akan mengarah ke tanggung jawab dari seorang BD pada sebuah perusahaan. Berikut ini adalah tanggung jawabnya:

  1. Melakukan riset pasar, mencari cara untuk memperluas peluang mendapatkan pelanggan baru serta menjaga relasi dengan para pelanggan lama.
  2. Menjalin kerja sama dengan divisi bagian lain, contohnya adalah dengan bagian teknik agar bisa memenuhi pesanan atau kebutuhan pelanggan.
  3. Melakukan presentasi terhadap rencana pengembangan perusahaan dan setelah itu melaksanakan rencana-rencana tersebut.
  4. Selalu melakukan pembaharuan terhadap riset pasar serta strategi bisnis pesaing.
  5. Selalu melakukan penelitian secara rutin untuk pengembangan bisnis yang dijalankan perusahaan.

Tugas Dari Business Development

Setelah mengetahui apa saja tanggung jawab dari BD, maka berikut ini adalah tugas yang harus dilakukan olehnya:

  1. Selalu melakukan hubungan baik dengan klien yang potensial untuk bisa mengatur waktu pertemauan.
  2. Melakukan perencanaan dan pengawasan terhadap insiatif dalam pemasaran baru.
  3. Melakukan penelitian baik kepada organisasi dan invidu untuk bisa menemukan peluang-peluang yang baru.
  4. Selal mencari agar terjadi peningkatan nilai pelanggan pada saat ini sambil menarik pelanggan-pelanggan baru.
  5. Mencari strategi tepat untuk bisa menemukan serta mengembangkan target pasar baru dan menaikan penjualan.
  6. Menghadiri berbagai rapat, konfrensi serta acara industry.
  7. Melakukan pengembangan terhadap penawaran serta proposal yang ditujukan kepada klien.
  8. Mengembangkan tujuan bagi tim pengembangan serta pertumbuhan bisnis dan memastikan bahwa kebutuhan mereka terpenuhi.
  9. Mengagendakan pelatihan personel serta membantu seluruh anggota tim dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan mereka.

Syarat Untuk Menjadi Business Development

Bagi para lulusan baru, menjadi seorang BD adalah pencapaian yang terbilang sangat baik dan juga membanggakan. Terlebih lagi, posisi ini terbilang eksekutif dan memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan. Dari tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh BD, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika Anda ingin melamar posisi ini. Berikut ini adalah syaratnya:

  • Memiliki kemampuan riset terhadap pola bisnis

Syarat pertama agar Anda mampu mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai BD adalah dengan memiliki kemampuan riset terhadap pola bisnis. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa BD harus bisa melakukan riset dari strategi bisnis yang dijalankan oleh competitor. Di mana kemampuan ini akan membantu perusahaan agar tetap memiliki keunggulan.

  • Kemampuan interpersonal dan komunikasi yang baik

Menjadi seorang BD yang selalu menjalin relasi terhadap pelanggan ataupun partner bisnis, mengharuskan mereka untuk memiliki kemampun interpersonal serta komunikasi yang baik. Seorang BD harus menguasai bagaimana cara berkomunikasi yang lugas, tegas serta meyakinkan. Sehingga tujuan dari pengembangan bisnis pun bisa tercapai.

  • Memiliki keingin tahuan yang tinggi

Sebagai seorang BD, rasa ingin tahu adalah kunci sukses dalam pengembangan bisnis yang sedang dijalankan. Anda harus bisa belajar lebih dalam dari sumber-sumber data yang ada, sehingga bisa memahami dan mengambil keputusan tepat untuk menjalan strategi.

  • Berwawasan luas

Tidak hanya itu saja, Anda yang ingin melamar posisi ini harus memiliki wawasan yang luas. Di mana dari wawasan yang Anda punyai inilah akan menjadi kunci sukses dalam melakukan riset terhadap tren pasar yang sedang terjadi.

Demikianlah penjelasan dari business development beserta dengan tugas dan tanggung jawabnya. Dari penejelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa menjadi seorang BD membutuhkan banyak keterampilan termasuk menganalisa dan memiliki komunikasi yang baik.

You may also like