Home Investasi Mengenal Rupee, Mata Uang India dan Sejarahnya

Mengenal Rupee, Mata Uang India dan Sejarahnya

by Mas Abadi
mata uang Rupe

Mata uang India merupakan rupee, yang ditulis dengan aksara Devanagari. Mata uang ini sudah dipakai dari tahun 1540. Rupee India sendiri memiliki kode mata uang internasional, atau IS) yakni INR. Kode tersebut memudahkan pengucapan mata uang India untuk setiap kegiatan perbankan dan komersial. 

Terdapat beberapa lambang mata uang rupee yang sering muncul sebelum nilai numerik, yaitu  ₹, ₨, Rs, ৳, ૱, ௹, dan रु. Tetapi, lambang yang paling umum dipakai yaitu Rs dan ₹. Lambang tersebut berasal dari gabungan dua huruf yakni huruf Dewanagari “र” (ra) dan huruf kapital latin R.Gabungan kedua huruf ini membentuk garis paralel pada bagian atas. 

Lambang yang dirancang oleh Kumar Dharmalingam di Institut Teknologi India di Bombay ini memiliki filosofi dalam sekali. Lambang ini dirancang menjadi bentuk persamaan yang menyimbolkan keinginan India untuk menghapus perbedaan ekonomi. Nama koin India ini memang sekilas mirip dengan Indonesia. Rupee dilafalkan menjadi rupia tanpa huruf “h” pada akhir kata. Istilah rupee ini berasal dari bahasa Sansekerta rupyakam (रूप्यकम्), yang memiliki arti perak. Kata ini condong ke koin perak yang sudah ditempa. 

Sejarah mata uang India 

Koin perak ini menjadi asal mula rupee dipakai di abad ke-6 SM. Tetapi, di masa pemerintahan Sultan Sher Shah Suri (1540-1545), koin perak ini sudah sah dipakai dan dikenal rupee atau rupiya yang merupakan bahasa Sansekerta. Koin rupee perak ini selalu dipakai menjadi alat pembayaran yang sah selama era Mughal, era Maratha, dan saat India menjadi koloni Inggris. 

Setelah lama memakai mata uang koin, rupee kertas dipublikasi oleh Bank Bengal,  Bank Hindustan,  dan Bank Komersial Bengal dan Bihar. Pada abad ke-19, rupee terdevaluasi sebab ditemukannya deposit perak dalam jumlah besar di sejumlah koloni Amerika Serikat dan Eropa. Ini mendevaluasi perak daripada dengan emas. Upaya Inggris untuk mengganti rupee dengan Pound Sterling akhirnya gagal. Di tahun 1857, rupee disahkan menjadi mata uang India, dan dikeluarkan oleh Reserve Bank of India.

Koin Rupee terbaru

Walaupun koin perak telah digunakan menjadi alat transaksi selama ribuan tahun, koin rupee terbaru ini baru dibuat pada tahun 1950. Koin ini terdiri dari nilai 1 pice, 1/2, 1 dan 2 Annas, serta 1/4, ½  dan indikasi pecahan. Setelah pengenalan sistem desimal di tahun 1957, nilai mata uang yang dipakai yaitu 1, 2, 5, 10, 25 dan 50 Naye Paise selain 1 rupee. 

Desain koin rupee modern yang menggambarkan tokoh sejarah, tokoh agama dan negarawan dari India pasca-kemerdekaan. India juga telah mengeluarkan koin khusus menjadi simbol peringatan penting. Seperti, koin 100 dipublikasi untuk menandai seratus tahun kematian Mahatma Gandhi India yang merupakan tokoh dari India. 

Pecahan mata uang India 

Masing-masing dari 1 Rupee ini terbagi menjadi unit satuan yang cukup kecil, yakni 100 paisa. Mata yang yang dibikin Reserve Bank of India ini terdapat dua jenis yang berbeda yaitu koin dan uang kertas. 

  • Pecahan uang kertas 
  • ₹1
  • ₹2
  • ₹5
  • ₹10
  • ₹20
  • ₹50
  • ₹100
  • ₹500
  • ₹1.000

  • Pecahan uang koin 
  • 50p
  • ₹1
  • ₹2
  • ₹5
  • ₹10

Fakta unik tentang mata uang India 

Tidak hanya mempunyai pengucapan mata uang yang mirip dengan Indonesia saja, ada sejumlah fakta lainnya tentang mata uang India ini yaitu tidak diperkenankan untuk dibawa ke luar India. Apakah Anda ingin tahu lebih banyak? Lihat penjelasan di bawah ini. 

  • Aktivitas ilegal untuk membawa rupee keluar dari India  

Jika Anda bepergian ke India suatu hari nanti, tolong jangan membawa pulang rupee sebagai souvenir. Pasalnya, terdapat aturan resmi yang melarang membawa rupiah ke luar negeri. Sebenarnya peraturan ini telah muncul dalam UU Penatausahaan Devisa. Tetapi, peraturan ini tidak resmi diberlakukan hingga 2013 oleh Reserve Bank of India (RBI), bank sentral India. 

Aturan ini menyatakan jika seluruh warga negara asing yang ingin meninggalkan wilayah India harus menukarkan rupee yang dimilikinya sebelum naik ke pesawat. Bagaimana cara mengubahnya? Saat Anda berada di Bandara Internasional India, Anda akan menemukan kios khusus di dekat loket imigrasi yang siap menukarkan rupee pelancong. 

Di kios ini Anda dapat menukarkan rupee yang Anda miliki dengan mata uang negara asal Anda. Apa yang terjadi jika Anda melanggar aturan? Tentu ada sanksinya. Hukuman yang lebih ringan yaitu uang yang Anda bawa akan disita. Anda dapat dipenjara selama hukuman terberat. Jadi jangan  melanggar aturan ini!

  • Desain gambar yang sama di semua pecahan

Berbeda dengan mata uang rupee, rupee India mempunyai tata letak gambar yang sama di seluruh seri yang ada. Semua mata uang yang beredar di India saat ini memiliki gambar Mahatma Gandhi.

 

You may also like