Home Investasi Mengenal Produk Investasi Reksadana Indeks, Keuntungan, dan Contohnya

Mengenal Produk Investasi Reksadana Indeks, Keuntungan, dan Contohnya

by Mas Abadi
reksadana

Kebebasan finansial pada masa depan memang menjadi impian dan harapan semua orang, sehingga tidak heran mulai memperhatikan dan memilih investasi untuk mewujudkannya. Saat ini memang ada banyak produk investasi yang ada, mulai dari investasi emas, saham, reksadana, dan berbagai instrumen investasi lainnya. 

Apabila membahas investasi reksadana, sebenarnya ada empat jenis dari reksadana tersebut, termasuk dalam tahap ini ada reksadana indeks. Nah, jika Anda tertarik untuk melakukan investasi pada reksadana indeks, apa sih pengertiannya? Apa saja keuntungannya? Dan bagaimana contoh dari investasi reksadana indeks tersebut? Mari kita bahas. 

Apa Itu Reksadana Indeks?

Mungkin belum banyak orang yang mengenal dan mengetahui terkait investasi reksadana indeks tersebut. Karena belum terlalu familiar dibandingkan dengan jenis investasi sejenis lainnya yang banyak dipilih oleh masyarakat. Reksadana indeks merupakan sebuah hasil dari investasi yang mirip dengan indeks dan dijadikan acuannya, baik indeks obligasi dan saham. 

Untuk yang belum terlalu memahaminya, reksadana indeks ini lebih mirip seperti reksadana terbuka yang dapat dibeli dan dijual secara bebas di bursa. Bahkan, reksadana ini juga diperuntukkan untuk investor yang ingin keterbukaan atas investasi yang dilakukannya, sehingga kebutuhannya lebih luas. 

Apabila Anda tertarik untuk melakukan investasi pada reksadana indeks, maka prosesnya akan berbeda dengan reksadana umumnya. Karena, perbedaannya dilihat dari kinerja tolok ukur, apabila reksadana konvensional mencoba mengalahkannya dan reksadana indeks melihat kesamaan dari tolok ukurnya tersebut. 

Dalam proses penggunaannya sendiri, reksadana indeks selalu dikelola dan diatur secara pasif melalui portofolio investasi yang mirip indeks acuannya. Namun, beberapa belakangan ini reksadana indeks mulai banyak dicari dan diminati oleh investor. Bahkan, berdasarkan dari informasi yang ada telah meningkat sebanyak 135 persen dan permintaannya terus bertambah.

Keuntungan Investasi Reksadana Indeks

Dari beberapa jenis reksadana yang ada, proses pengelolaan dan tingkat kerumitan reksadana indeks memang relatif lebih tinggi disandingkan dengan lainnya. Meskipun begitu, reksadana indeks memiliki beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Apa saja itu? Yuk kita bahas

1. Resiko yang Tidak Terlalu Tinggi 

Jenis reksadana indeks dikenal sebagai bagian dari investasi yang memiliki profil risiko yang tidak terlalu tinggi atau agresif. Dapat dikatakan kalau reksadana indeks itu risiko yang didapatkan sangat kecil. Hal ini juga dipengaruhi oleh kinerja dari indeksnya, sehingga semua proses yang ada jauh lebih terarah dan terukur. 

2. Portofolio Terbuka atau Transparan

Menarik dari reksadana indeks semua portofolio yang dihadirkan akan transparan, sehingga calon investor akan mengetahui terkait isi yang ada pada portofolionya tersebut. Keuntungan yang didapatkan oleh investor adalah tidak perlu pusing dan khawatir akan munculnya saham yang tidak likuid. 

3. Pengeluaran Biaya Lebih Murah 

Keuntungan lainnya yang akan didapatkan oleh investor apabila memilih reksadana indeks adalah manajemen yang akan dihabiskan jauh lebih murah. Hal ini dipengaruhi oleh proses pengelolaan yang pasif, sehingga proses penyusunan portofolio yang ada pada investasi tersebut tergantung dari indeks acuannya. 

Dampak yang akan didapatkan oleh pihak investor efisiensi biaya yang lebih besar, karena pihak manajemen tidak membutuhkan tim analisis yang besar. Belum lagi juga biaya transaksi yang diberikan lebih kecil, karena proses tradingnya tidak dilakukan secara aktif. Dengan demikian, hasil yang didapatkan bisa menekan biaya pengeluaran. 

Contoh Reksadana Indeks

ilustrasi perdagangan reksadana

Di Indonesia sendiri pemilihan terkait reksadana indeks ada banyak pilihannya, selain itu juga untuk lebih mudah dalam memahaminya. Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh yang bisa Anda pahami, yuk simak penjelasannya. 

1. Panin IDX30 

Produk investasi ini dari PT. Panin Asset Management yang telah lama dirilis sejak 28 Desember 2017. Melalui situs dari Panin Asset untuk Anda yang tertarik menggunakan reksadana indeksnya bisa membelinya dengan minimum pembeliannya dengan harga 100 ribu rupiah. 

2. Syailendra Index IDX30 

Selanjutnya contoh lainnya dari reksadana indeks adalah Syailendra Index yang langsung dari manajer investornya dari PT Syailendra Capital. Produk ini didirikan memang sudah sangat lama, karena sejak tahun 2006. Perusahaan ini memang memberikan pelayanan pada pengelolaan reksadana konvensional, reksadana perseroan terbatas, dan discretionary fund. 

Namun, khusus untuk manajer pengelolaan terkait reksadana indeks sendiri telah didapatkan berdasarkan dari keputusan yang ada melalui Bapepam No KEP 01/BL/MI/2006. Tepatnya pada tanggal 28 November 2006. 

3. Premier IDX30 

Produk reksadana indeks yang bisa Anda pilih berikutnya adalah dari PT. Indo Premier Investment Management. Produk ini dirilis dan diluncurkan pada 01 November 2016, tentunya produk ini juga bisa Anda pilih untuk bagian investasi di Indonesia. 

Sebenarnya masih ada banyak lagi pilihan terkait produk reksadana indeks, namun beberapa contoh dan penjelasan diatas dapat membantu Anda untuk lebih mengenal dan memahami produk investasi tersebut. 

You may also like