Home Bisnis Mengenal Perusahaan Rintisan Decacorn Dan Bedanya Dengan Unicorn

Mengenal Perusahaan Rintisan Decacorn Dan Bedanya Dengan Unicorn

by Mas Abadi
Mengenal Perusahaan Rintisan Decacorn Dan Bedanya Dengan Unicorn

Di era yang serba cepat ini, membuat perkembangan perusahaan rintisan menjadi kian pesat. Perusahaan rintisan atau startup ini biasanya identik dalam pengembangan dan dioperasikan dalam jangka waktu yang belum lama. Meskipun begitu, ada beberapa tingkatan dalam perusahaan, mulai dari decacorn hingga unicorn. Apa saja perbedaannya? Berikut ulasan lengkapnya!

Jenis Jenis Perusahaan Rintisan

Mengenal Perusahaan Rintisan Decacorn Dan Bedanya Dengan Unicorn

Pada era perkembangan teknologi yang semakin canggih, berbagai perusahaan berusaha untuk saling meningkatkan kualitasnya agar berkembang dengan baik. Perusahaan yang sedang dalam fase pengembangan ini disebut dengan startup atau perusahaan rintisan. Startup ini memiliki tingkatan yang cukup beragam.
Perusahaan yang bisa mencapai angka valuasi per tahun sampai dengan 10 USD miliar atau lebih disebut dengan startup dekakorn. Pencapaian perusahaan rintisan ini tentu tidak hanya dihitung dari segi pendapatan bersihnya saja, tetapi juga meliputi perhitungan engagement, average revenue per user, dan lain sebagainya.
Selain itu, ada juga perusahaan rintisan Unicorn di kategori yang paling rendah di antara startup lainnya. Pasalnya, nilai valuasi startup ini hanya sekitar 14 triliun atau 1 juta USD. Namun, ketika perusahaan unicorn mengalami perkembangan pesat dan mampu menembus angka lebih tinggi, maka startup akan naik level. Hal inilah yang menjadi perbedaan decacorn dan unicorn.

Baca Juga Artikel Berikut : Mengintip Cara Ternak Sapi Dan Seberapa Besar Modal Yang Dibutuhkan, Simak Disini!

Contoh Perusahaan Startup Jenis Dekakorn

Perusahaan yang sudah mendapatkan nilai valuasi mencapai 10 USD miliar atau setara dengan 100 triliun rupiah tidak bisa dipandang remeh. Sebab, perusahaan ini memiliki potensi yang cukup besar untuk menghasilkan pendapatan bersih. Bagi Anda yang ingin tahu contoh perusahaan rintisan dekakorn, berikut ulasannya!

1. Gojek

Siapa yang tak kenal dengan Go Jek? Tentu semua sudah familiar dengan layanan penyedia ojek online ini. Perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim ini berbekal dari ide sederhana dari kehidupan pada ojek di Ibukota. Berbekal tekad yang kuat tersebut, Gojek sudah menjadi perusahaan yang cukup besar.
Go Jek inilah yang termasuk dalam startup jenis Dekakorn Indonesia yang cukup terkenal. Sangkung berkembang dengan pesat, perusahaan ini berhasil mendirikan cabang di berbagai negara di Asia Tenggara. Tak hanya itu saja, proses pembayarannya yang menggunakan metode digital ini juga kian meningkat. Tak heran jika valuasinya mencapai angka 10 USD miliar.

2. Grab

Jika di Indonesia ada Gojek, maka di Malaysia ada perusahaan startup yang bergerak dibidang transportasi ojek online bernama Grab. Meskipun berasal dari Malaysia, namun kantor pusat perusahaan ini berada di Singapura. Perkembangan startup ini cukup pesat dan menguntungkan. Sehingga, menjadi salah satu startup decacorn yang ada di Asia Tenggara.
Perusahaan rintisan yang didirikan pada 2012 ini menyediakan layanan platform secara real time untuk memesan ojek online dengan mudah. Karena alasan tersebut, layanan ini sudah menyebar dan berkembang ke seluruh penjuru dunia. Hingga akhirnya, Grab menjadi perusahaan yang berhasil mendapatkan gelar Dekakorn pertama karena valuasi mencapai 11 miliar USD.

3. Pinterest

Perusahaan yang didirikan oleh Ben Silbermann ini merupakan layanan unggah gambar yang dapat dikategorikan oleh penggunanya. Hasil unggahan gambar yang berkualitas tinggi ini diperjual belikan oleh para pengguna dan anggota terdaftar. Hal inilah yang membuat Pinterest sering dijadikan sebagai media pencarian gambar berkualitas premium dan spesifik.

4. Dropbox

Dropbox merupakan salah satu layanan penyedia penyimpanan data berbasis website. Kesuksesan perusahaan rintisan ini membuatnya berhasil memperoleh gelar start up dekakorn karena mencapai valuasi USD 10 miliar. Didirikan sejak tahun 2008 lalu, layanan ini telah digunakan oleh jutaan orang untuk menyimpan serta mengunduh data melalui internet.

Berikut Perbedaan Antara Perusahaan Rintisan Unicorn dan Dekakorn

Setelah mengetahui jenis jenis perusahaan rintisan, tentu ada beberapa hal yang membuat startup berbeda satu sama lainnya. Salah satu perbedaan decacorn dan unicorn yang paling mendasar yaitu namanya. Deca berarti sepuluh, sedangkan uni berarti satu. Berarti, dekakorn memiliki nilai valuasi melebihi 10 USD miliar, sementara unicorn hanya lebih dari 1 USD miliar saja.
Dari informasi tersebut, dapat diketahui jika perusahaan startup Unicorn berada di level yang paling rendah. Sementara itu, Dekakorn berada pada tingkatan menengah. Sebab, masih ada perusahaan startup yang memiliki pendapatan lebih tinggi. Biasanya perusahaan tersebut memiliki valuasi yang mencapai lebih dari 100 USD miliar.
Perbedaan perusahaan rintisan startup unicorn dan dekakorn dapat diketahui dari nilai valuasi yang dihasilkan. Keduanya mendapatkan nilai valuasi dari kegiatan yang dilakukan oleh segenap elemen perusahaan. Sehingga startup unicorn dapat lebih berkembang dan menjadi perusahaan rintisan decacorn.
Itulah beberapa informasi mengenai perusahaan rintisan yang harus Anda tahu. Perusahaan rintisan startup ini memiliki beberapa jenis, seperti unicorn dan dekakorn. Keduanya memiliki pendapatan valuasi yang berbeda. Seperti namanya, unicorn hanya mencapai valuasi 1 USD miliar, sementara itu dekakorn memiliki valuasi yang mencapai 10 USD miliar.

You may also like